Pimpinan DPR: Genjot Sektor Pariwisata dengan Meningkatkan Kompetensi Pekerja Pariwisata

  • Fakta.News - 10 Ags 2018 | 17:47 WIB
Pimpinan DPR: Genjot Sektor Pariwisata dengan Meningkatkan Kompetensi Pekerja Pariwisata
Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.(Istimewa)

Jakarta – Pimpinan DPR RI meminta pemerintah, lewat Komisi X DPR, untuk genjot sektor pariwisata dengan meningkatkan kompetensi pendidikan sesuai pendidikan sesuai standar World Travel & Tourism Council atau WTCC. Pasalnya, pariwisata kini menjadi salah satu penyumbang terbanyak pendapatan Indonesia.

Berdasarkan data WTCC 2018, sektor pariwisata yang meliputi wisatawan dan perjalanan di Indonesia menyumbang Rp770 triliun. Nilai ini setara dengan 6,2 persen produk domestik bruto Indonesia.

Adapun, selama ini pekerja Indonesia di sektor pariwisata masih kurang, terutama yang bersertifikat. Nantinya, diharapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meningkatkan kompetensi kurikulum, khususnya sekolah kejuruan dan sekolah tinggi pariwisata.

“Khususnya di sekolah-sekolah tinggi pariwisata dan SMK jurusan terkait. Dengan kemampuan pengajar dalam mengarahkan peserta didik agar memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, serta memberikan dukungan sarana dan prasarana yang memadai kepada SMK jurusan terkait,” kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Selain soal kurikulum pendidikan pariwisata, pimpinan DPR juga akan mendorong Komisi X DPR agar Kemenpar melakukan pemetaan dan penyeleksian kembali terhadap pekerja sektor pariwisata. “Untuk memberikan pelatihan-pelatihan guna meningkatkan kemampuan pekerja di sektor pariwisata,” ujar Bamsoet dalam rilis.

Nantinya, pekerja di sektor pariwisata itu akan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti pelatihan. Sampai saat itu, berdasarkan data Badan Nasional Sertifikasi Profesi per Juni 2018, baru 28.000 tenaga kerja yang sudah bersertifikat dari total 230.000 tenaga kerja di sektor pariwisata.

Terakhir, Pimpinan DPR meminta Komisi X DPR agar Kemenpar memberikan pelatihan bahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya kepada pekerja sektor pariwisata. Tujuannya, agar sektor pariwisata Indonesia unggul di Asia Tenggara.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar