Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri: “BLK Akan Kami Upgrade untuk Generasi Milenial”

  • Fakta.News - 10 Feb 2018 | 08:37 WIB
“BLK Akan Kami Upgrade untuk Generasi Milenial”
Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri(Foto: Fakta.News)

Penataan birokrasi di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di bawah kepemimpinan Hanif Dhakiri, penggunaan anggaran di Kemenaker semakin membaik. Hal ini dilakukannya sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal penataan birokrasi. “Beliau itu kan menginginkan birokrasi itu bisa bekerja secara efektir, efisien, cepat,” kata Hanif kepada Fakta.News.

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, dalam penyusunan rencana kegiatan, dan anggaran kementerian atau lembaga (RKAKL) itu biasanya ada tiga tahap dalam kegiatanya, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Pelaksanaan adalah kegiatan ini, sementara persiapan dan pelaporan adalah kegiatan pendukung.

Penyusunan RKAKL biasanya malah berfokus pada kegiatan pendukungnya, terutama dari sisi belanja. Belanja pendukung lebih dominan sementara belanja inti malah sedikit. “Ini yang harus diubah sehingga kegiatan berorientasi pada output,” ucapnya.

Hal ini pun kemudian mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi saat Jokowi menyerahkan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) Tahun 2018 di Istana Bogor Kepresidenan akhir tahun lalu.

Tak hanya itu saja yang dilakukan Hanif di Kemenaker selama tiga tahun menjabat Menteri Ketenagakerjaan. Dia juga menggagas program-program baru, seperti membuka Balai Latihan Kerja (BLK) untuk melatih masyarakat. “Misalnya kami punya BLK garmen untuk melatih menjahit. Sehingga bisa membawa manfaat bagi mereka,” paparnya.

Fakta.News diterima Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, di ruang kerjanya, pada akhir 2017 silam. Pria kelahiran Semarang, Jawa Timur 45 tahun silam ini secara rinci memaparkan persoalan penataan birokrasi hingga membuka Balai Latihan Kerja tersebut. Berikut kutipan wawancaranya;

Selama tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti apa capaian kementerian yang Anda pimpin ini?

Suatu hari Presiden Jokowi pernah mengeluhkan tentang keadaan birokrasi. Beliau itu kan menginginkan birokrasi itu bisa bekerja secara efektif, efisien, cepat. Jadi benar-benar ada reformasi. Saya mengkonfirmasi apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

BACA JUGA:

Tulis Komentar