Pro Kontra Tarawih di Monas Pemprov DKI Menyerah dan Batalkan Tarawih Akbar di Monas

  • Fakta.News - 22 Mei 2018 | 13:01 WIB
Pemprov DKI Menyerah dan Batalkan Tarawih Akbar di Monas
Monumen Nasional

Jakarta – Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta akhirnya menyerah juga. Rencana menggelar Tarawih Akbar di Monas, Sabtu (26/5) mendatang akhirnya dibatalkan.

Padahal rencana tarawih akbar di Monas itu sudah disusun sejak sepekan lalu. Namun Pemprov kadung banjir akan kritik dan penolakan dari sejumlah ulama. DKI pun memindahkannya.

“Kita mendengar yang disampaikan para ulama, kita dalam urusan ibadah ya merujuk pada para ulama,” kata Gubernur DKI Anies Baswedan, Senin (21/5) kemarin. “Karena itu kemudian rencana salat tarawih akan tetap diadakan pada 26 Mei dan insyaallah di Masjid Istiqlal,” lanjutnya.

Anies menekankan bahwa Pemprov DKI akan taat pada ulama bila terkait dengan kegiatan ibadah. “Jadi kita taat pada apa yang menjadi pandangan para ulama,” ujarnya.

“Ini bukan urusan lain, kalau urusan ibadah kita ikut pada pedoman yang digariskan ulama,” tegas Anies kembali.

Selain karena pandangan ulama, Anies mengaku ada pertimbangan lain mengapa kawasan Monas batal menjadi tempat salat. Ia mengatakan salah satunya adalah terkait keamanan.

“Ada juga catatan mengenai keamanan dan lain lain. Memang lebih baik kita selenggarakan di masjid,” lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca Juga: MUI dan Muhammadiyah Kritik Rencana Pemprov DKI Gelar Salat Tarawih di Lapangan Monas

Dengan begitu, apa yang diucapkan Anies mempertegas apa yang sebelumnya disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sandi seperti diketahui sebelumnya bersikeras pada keinginan Pemprov menggelar tarawih akbar di Monas.

“Akhirnya, setelah kita pertimbangkan, kita akan ikuti saran dari ulama. Kita lagi coba berkoordinasi dengan Masjid Istiqlal. Apakah bisa melakukan suatu koordinasi supaya kita puasa dan tarawihnya bisa dilakukan di Masjid Istiqlal,” jelas Sandiaga, di gedung Indosat, Senin siangnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar