Politik Banyak Bacaleg PKS Mundur, Fahri Hamzah: Karena PKS Langgar UUD

  • Fakta.News - 14 Jul 2018 | 06:47 WIB
Banyak Bacaleg PKS Mundur, Fahri Hamzah: Karena PKS Langgar UUD
Fahri Hamzah.(Istimewa)

Jakarta – Kabar banyaknya bakal calon anggota legislatif atau bacaleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mundur ternyata bukan kabar burung semata. Mundurnya bacaleg PKS disebabkan surat pengunduran diri bertanggal kosong yang menurut Fahri Hamzah melanggar UUD 1945.

Fahri Hamzah, politikus PKS, membenarkan sejumlah bacaleg PKS mengundurkan diri. “Ya, banyak sekali,” ujar Fahri Hamzah, Jumat (13/7).

Menurut Fahri, penyebab bacaleg tersebut mundur adalah keharusan bacaleg menandatangani surat pengunduran diri tanpa tanggal. Kewajiban tersebut tertuang dalam surat edaran yang bertanggal 29 Juni 2018.

Isinya, PKS pusat berhak memecat atau mengganti anggota legislatif yang terpilih di Pemilihan Legislatif 2018. Pemecatan itu bisa kapan saja dilakukan.

Baca Juga:

Fahri menyatakan, surat edaran yang dikeluarkan PKS tersebut bertentangan dengan aturan perundang-undangan. “Itulah tindakan menentang UUD dari PKS. Keputusan pemimpinnya ini bahkan bisa mengalahkan logika dan mekanisme demokrasi. Tidak boleh itu,” kata Fahri menegaskan.

Bagi Fahri, rakyat memilih secara langsung anggota legislatif yang bakal mewakilinya di parlemen atau DPR RI. Dengan demikian, keluarnya surat edaran dari DPP PKS jelas mencederai demokrasi. Ini lantaran, DPP PKS kapan saja bisa menganulir pilihan rakyat di pemilu.

“Tidak bisa diijon. Itu kan suara rakyat. Saya kira bisa-bisa PKS ini enggak bisa maju gara-gara calegnya mundur semua,” ujar Fahri.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar