Connect with us

Angkatan 93 ITS Gembirakan Warga Tambak Osowilangun dengan Santunan dan Sembako

Jakarta – Menjelang reuni 30 tahun, Angkatan 93 ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya) mengadakan Bakti Sosial di Kelurahan Tambak Osowilangun, Benowo – Surabaya.

Acara yang digelar pada Minggu 16 april 2023 tersebut berupa pemberian paket peralatan sekolah dan susu serta makanan kepada para yatim dan hafidz/ah serta paket sembako kepada para janda dan modin setempat. Kepada total 120 irang tersebut juga diberikan santunan berupa uang tunai yang diserahkan secara serentak di Pendopo Kantor kelurahan Tambak Osowilangun.

Dedy Purwito, ST., Lurah Tambak Osowilangun menyambut gembira prakarsa dari Angakatan 93 ITS untuk mengadakan Bakti Sosial Santunan Sembako kepada warganya. Dedy yang juga Angkatan 93 ITS dari jurusan Teknik Sipil ini menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rekan-rekannya dari Angkatan 93 ITS yang telah menerima ajakannya membantu warganya serta mengupayan berbagai solusi atas kendala dan permasalahan yang dijumpai di kelurahan yang ia pimpin.

“Terima kasih teman-teman sekalaian, kegaitan ini sangat besar sekali nilai bagi kami dan sangat membantu khususnya bagi 120 warga penerima bantuan, apalagi mendekati Idul Fitri yang sebentar lagi tiba,” pungkas Dedy.

Prof. Harus Laksana Guntur selaku Ketua Reuni Alumni 93 ITS dalam sambutannya menjelaskan bahwa Bakti Sosial Pemberian santuan dan Sembako kepada warga Kelurahan Tambak Osowilangun ini merupakan wujud kepedulian teman-teman Angkatan 93 ITS serta support bagi Cak Dedy yang sekarang ditugasi sebagai Lurah di tambak Osowilangun.

Setelah mengenalkan semua personil yang terlibat dalam acara ini, Harus juga menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran dan antusiasme warga dalam acara kali ini.

“Matur nuwun pada adik-adik yatim, hafidz hafidzan, para ibu-ibu (janda) dan modin yang telah hadir, Mohon maaf hanya ini (santunan dan sembako) yang bisa kami berikan, mohon doanya agar reuni angkatan 93 ITS tanggal 7 Oktober 2023 nanti bisa berjalan sukses dan lancar,“ pinta Harus.

Sebelum acara pembagian santunan dan sembako, juga dilakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Bidan Citra, dari Puskesmas setempat. Berbagai upaya pencerahan dan bimbingan pada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan, menghindari merokok baik aktif maupun pasif, menggunakan air bersih, menjaga asup gamblang dan mudah dicerna.

Juga ditekankan tentang pentingnya penyediaan jamban keluarga sebagai uapaya menuntaskan keberadaan buang air besar ke saluran air/sungai di kelurahan tersebut. Sosialisasi PHBS ini juga diselingi dengan semam sehat yang diikuti antusias oleh warga dan seluruh perangkat kelurahan serta Angkatan 93 ITS yang berbaur dalam aktifitas tersebut.

Acara yang berlangsung singkat dan dalam suasana yang hangat tersebut ditutup dengan pembagian kepada 120 orang yang telah terdata dan terverifikasi. Secara simbolis paket santunan dan sembako diberikan oleh Dedy (Lurah Tambak Osowilangun) kepada Hatiyanto (modin), dilanjutkan Harus (mewakili Angkatan 93 ITS) kepada Nafisha (Yatim) dan Ning reny (Angk. 93 ITS) kepada Bik Nurul (janda).

Selanjutnya semuanya mendapatkan pembagian snack, paket alat tulis/sembako dan uang santunan dari panitia yang hadir.

Raut wajah Nafisha (yatim) menampakkan kegirangannya. Melihat paket yang berisi pulpen, pensil, stipo kertas, buku tulis serta susu milo dan kue nextar sangat sesuai dengan apa yang ia harapkan saat ini. Ditambah lagi dengan sejumlah uang yang ia terima, ia Nampak tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

“Terima kasih bapak ibu Angkatan 93 ITS, semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya serta sukses acara reuni nantinya,” ujar Nafisha.

Radian Jadid, Koordinator Baksos Angkatan 93 ITS menyatakan bahwa kegiatan di tambak osowilangun ini adalah salah satu rangkaian kegiatan menuju Reuni Angkatan 93 ITS yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2023 nanti.

Santunan dan sembako ini dihimpun dari teman-teman Angkatan 93 ITS yang pada Ramadhan 1444 H ini mengawali rangkaian kegiatan reuni dengan mengadakan Buka Bersama Berkah setiap hari di Kampus ITS Pusat maupun Manyar serta di Panti Asuhan di daerah Pandugo yang hingga sekarang sudah lebih dari 5700 paket yang dibagikan.

Juga telah dilaksanakan support Buka dan Santunan 1000 anak yatim dengan IKA ITS PW Jatim (6 April 2023), Kolaborasi Buka Bersama dengan Ibu Shinta Nuriyah Andurrahman Wahid (8 April 2023), Bukber Angkatan 93 ITS Chapter Surabaya (8 April) dan Chapter Jakarta (10 April).

Akhir Ramadhan sedang dipersiapkan paket Buka dan Sahur bagi mahasiswa yang tidak mudik dan masih beraktifitas di Asrama maupun kampus ITS.

“Semuanya ini merupakan rangkaian kegiatan menuju reuni Angkatan 93 ITS yang dengan tagline “Sinergi untuk Negeri” kami berusaha untuk bisa berkontribusi dan memberikan yang terbaik untuk Ibu yang luhur ITS serta memberikan kemajuan dan kebermafaatan bagi masyarakat,“ pungkas Jadid.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

DPR RI Dorong Partisipasi Aktif Parlemen Dunia Atasi Isu Air

Oleh

Fakta News
DPR RI Dorong Partisipasi Aktif Parlemen Dunia Atasi Isu Air
Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel dalam Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024). Foto: DPR RI

Jakarta – DPR RI akan menggelar rangkaian pertemuan antarparlemen dalam ‘Forum Air Sedunia ke-10’ (Parliamentary Meeting of the 10th World Water Forum) sepanjang 19-21 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali mendatang. Melibatkan multipihak, pertemuan tersebut diadakan, baik pada tingkat pertemuan bilateral, regional, dan internasional.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel dalam Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2024). Ia menekankan setiap elemen pendukung perlu terlibat dan berpartisipasi dengan aktif.

“Sebagai tuan rumah kegiatan sidang, DPR RI berfokus untuk menyukseskan kegiatan tersebut, baik dari aspek penyelenggaraan maupun sukses subtansi dalam memperkuat tata kelola air bagi kesejahteraan rakyat,” ucap Gobel membacakan pidato rapat paripurna.

Dirinya pun berharap anggota parlemen dari seluruh dunia yang hadir bisa berkontribusi melalui gagasan, aspirasi, dan masukan guna melahirkan solusi lugas sekaligus komprehensif. Keterlibatan ini, ungkapnya, turut menjadi kunci kesuksesan Forum Air Sedunia itu.

“Melalui tema ‘Mobilizing Parliamentary Action on Water for Shared Prosperity’, anggota parlemen dari seluruh dunia akan berkesempatan mengambil langkah untuk mengatasi kelangkaan air, meningkatkan kerja sama parlemen dalam memperluas akses terhadap air bersih, serta memobilisasi tindakan terhadap air untuk keamanan dan kemakmuran global,” tutup Politisi Fraksi NasDem itu.

Baca Selengkapnya

BERITA

Pengelolaan Pertanian Kian Tidak Jelas, Proyek Food Estate di Kalimantan Libatkan Cina

Oleh

Fakta News
Pengelolaan Pertanian Kian Tidak Jelas, Proyek Food Estate di Kalimantan Libatkan Cina
Anggota Komisi IV DPR RI Slamet, saat interupsi Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (14/05/2024). Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Slamet menyoroti mengenai rencana Pemerintah untuk kembali melakukan impor beras sebanyak 3,6 juta ton dan melakukan kerja sama dengan Cina dalam pengembangan proyek ketahanan pangan di Kawasan food estate di Kalimantan. Ia mengungkapkan kekecewaannya kepada Pemerintah yang bukan merekonstruksi pengelolaan pangan, melainkan malah membuat kebijakan yang bertentangan dengan nilai-nilai kedaulatan dan kemandirian pangan.

“Pemerintah sudah dan akan kembali memecahkan rekor impor beras tertinggi dalam sejarah, di mana kami menilai hal tersebut merupakan dampak dari buruknya tata kelola pangan selama lima tahun terakhir ini. Akan tetapi alih-alih merekonstruksi pengelolaan pangan Pemerintah malah terus membuat kebijakan yang bertentangan dengan nilai-nilai kedaulatan dan kemandirian pangan,” ungkap Slamet dalam interupsi Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 yang dilaksanakan di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (14/05/2024).

Tambahnya, pengelolaan pertanian saat ini semakin tidak jelas arah dan tujuannya. Hal ini tidak sesuai dengan Nawacita yang dijanjikan Presiden Jokowi pada kampanyenya di tahun 2014. Termasuk dengan rencana kerja sama Indonesia dan Cina dalam pengembangan proyek ketahanan pangan nasional di Kawasan food estate di Kalimantan. Menurutnya, rencana ini mendiskriminasi peneliti dan perguruan tinggi pertanian di Indonesia. Ia juga khawatir dengan adanya kemungkinan impor petani suatu hari nanti.

“Menurut kami rencana ini merupakan bentuk diskriminasi terhadap peneliti dan perguruan tinggi pertanian yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu dugaan kami, kegiatan tersebut dapat menjadikan jalan eksodus Petani Tiongkok berupa impor petani seperti yang kita lihat saat ini terjadi di sektor pertambangan. Jika ini terjadi maka akan membuktikan prediksi kami sebelumnya bahwa suatu saat nanti yang diimpor bukan lagi komoditas pertaniannya saja melainkan petani pun akan diimpor,” pungkas Politisi Fraksi PKS itu.

Baca Selengkapnya

BERITA

Polemik Pembatalan SK 500 Bidan PPPK Lulusan D4 Harus Segera Diselesaikan

Oleh

Fakta News
Polemik Pembatalan SK 500 Bidan PPPK Lulusan D4 Harus Segera Diselesaikan
Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah, saat memberikan interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2023). Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Dian Istiqomah mendorong DPR untuk ikut andil dalam penyelesaian polemik pembatalan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bagi bidan pendidik atau bidan lulusan D4 di sejumlah daerah. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan interupsi dalam Rapat Paripurna DPR RI Masa Persidangan V, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (14/5/2023).

“Saya memohon kepada ketua DPR RI untuk mendorong dengan segera SK PPPK dan NIP semua pelamar bidan pendidik yang dinyatakan sudah lulus PPPK tahun 2023 yang dibatalkan oleh BKN. Lebih dari 500 orang bidan seluruh indonesia yang menuntut hak mereka. Bahkan ada yang sudah bekerja selama seminggu kemudian SK nya ditarik lagi dan secara otomatis ditarik lagi dari pekerjaan mereka,” tutur Anggota Fraksi PAN tersebut.

Dian menilai polemik yang terjadi terhadap ratusan tenaga kebidanan ini sungguhlah miris. Disampaikannya, bidan merupakan salah satu garda terdepan percepatan penurunan stunting di tanah air. Bidan terjun langsung ke masyarakat untuk mengedukasi dan mensosialisasikan pencegahan stunting termasuk memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan balita.

“Program penurunan stunting di Indonesia diwujudkan dengan intervensi spesifik dan sensitif seperti pemantauan tumbuh kembang balita di Posyandu, imunisasi, pemberian vitamin A dan program makanan tambahan untuk anak maupun ibu hamil dan ini merupakan kerja dari bidan yang bertugas di seluruh indonesia. Mereka yang terjun langsung ke masyarakat,” kata politisi yang pernah berkarir sebagai tenaga kesehatan ini.

Terkait dengan polemik ini, Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) selaku organisasi profesi kebidanan di Indonesia telah melayangkan surat kepada Direktur Pembina dan Pengawasan pada Dirjen Tenaga kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pada surat tertanggal 23 Oktober 2023 tersebut PP IBI memperjuangkan status Bidan Ahli lulusan D4 Bidan Pendidik.

“Mari kita selamatkan generasi emas Indonesia dengan mencegah stunting dan menyelamatkan hak bidan seluruh indonesia,” tutup Dian.

Polemik ini dilatari dengan Bidan lulusan D4 atau Bidan Pendidik yang dinyatakan gugur pada tahap akhir proses seleksi tenaga kesehatan PPPK oleh BKN RI karena adanya Surat Edaran dari Kemenkes RI terkait kualifikasi D4 Bidan Pendidik yg dinilai tidak memenuhi kriteria. Padahal dalam ketentuan awal sebelum proses seleksi dilakukan, bidan lulusan D4 Pendidik terhitung memenuhi kriteria untuk melanjutkan proses seleksi dan diangkat menjadi tenaga kesehatan PPPK dengan jabatan fungsional Bidan Ahli.

Baca Selengkapnya