Connect with us

Waspada, Kini Penjahat di Indonesia Juga Incar Dompet Digital

Jakarta – Fraud atau penipuan di sektor keuangan Indonesia terbilang tinggi. Kebanyakan pelaku masuk dalam berbagai celah yang ada di kartu kredit hingga yang saat ini ngetren yaitu akun e-wallet atau dompet digital.

“Angka fraud kita tinggi. Tapi cukup sulit menentukan posisinya. Singapura paling rendah, kalau Indonesia bisa dibilang antara masuk top 3-4,” kata Kevin Onggo, Country Manager Indonesia CashShield saat berbincang, Rabu (9/10/2019).

Namun ada beberapa perbedaan antara fraud yang terjadi di Indonesia dengan negara lain, contohnya target yang tidak sama. Misalnya di Eropa, fokus pelaku masih banyak di kartu kredit.

“Kalau di Indonesia saat ini targetnya kebanyakan ke e-wallet. Misalnya penipuan lewat modus permintaan OTP ke pengguna dompet digital tersebut,” tambahnya

“Tapi credit card value-nya sekarang nggak as precious as account. Kalau account dalemnya ada saldo, gue punya saldo gue bisa kena fraud ke credit card gue kan, akun ini bisa dipakai semua orang kan, tapi kalau credit card gue diambil gue tinggal telepon aja ke bank ‘eh credit card gue diambil nih’, tapi kalau account gue nelepon kan saldonya udah ilang,” sambungnya.

Di pihak lain, Justin Lie Founder & CEO CashShield mengatakan perusahaannya masuk ke bisnis proteksi dari fraud. “Kami masuk ke berbagai macam celah e-wallet, fraud sekarang lebih kompleks dan kami punya alat untuk mencegahnya,” klaim Justin.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Menkes Minta Seluruh Pelabuhan Waspadai Penyebaran Mutasi Virus Corona Baru

Oleh

Fakta News
Menkes Budi Gunadi Sadikin

Cilegon – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta seluruh pelabuhan, terutama di Banten, mewaspadai mutasi virus Corona baru. Sebab, kata Budi, mutasi Corona baru banyak ditemukan di dermaga.

“Karena, Bapak-Ibu, mutasi virus baru itu banyak kita identifikasi di dermaga, seperti Banten, salah satunya masuknya di dermaga Palembang,” kata Budi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Minggu (9/5/2021).

Karena itu, Budi meminta pihak pelabuhan mewaspadai para calon penumpang yang menuju Sumatera ataupun sebaliknya. Dia meminta para penumpang yang akan berangkat ataupun datang dites.

“Sehingga Bapak-Ibu mesti betul-betul menjaga orang kita yang nyeberang dari Banten orang Sumatera yang masuk ke sini itu kalau bisa minimal dites,” ujarnya.

“Supaya kita bisa tahu jangan sampai pergerakan itu meningkatkan laju penularan, terutama yang masuk dari Palembang. Karena mutasinya banyaknya dari sana. Terima kasih sudah mengurangi pergerakan,” lanjut Budi.

Budi juga menjelaskan perihal adanya penyekatan mudik. Dia mengatakan penyekatan mudik ini dilakukan guna menekan laju penyebaran COVID-19. Dia pun mewanti-wanti seluruh pelabuhan untuk terus waspada.

“Jangan bosan-bosan mengingatkan penumpang untuk memakai masker,” kata dia.

Baca Selengkapnya

BERITA

Tinjau Penyekatan di Pelabuhan Merak, Kapolri: Waspadai Hari Terakhir Mudik Dan Libur Wisata

Oleh

Fakta News

Cilegon – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek penyekatan di pelabuhan Merak, Banten. Kapolri meminta petugas penyekatan semakin meningkatkan penjagaan jelang Idul Fitri, terutama di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, kebiasaan masyarakat menyebrang saat malam hingga pagi hari.

“Saya memang tahu di wilayah Banten untuk arus yang melakukan kegiatan mudik di tahun sebelumnya, kecenderungannya akan semakin ramai saat akan menjelang malam dan menjelang pagi. Ini tentunya rekan-rekan harus hadapi dalam beberapa hari terakhir,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Dermaga Eksekutif Merak, Minggu (9/5/2021).

Kapolri meninjau bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Kemudian hadir juga Ketua DPR Puan Maharani, Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas COVID-19 Doni Monardo.

Jajaran pejabat utama Mabes Polri juga turut hadir seperti Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Asops Kapolri Irjen Imam, Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, serta Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono.

Kemudahan saat libur Idul Fitri, Kapolri juga meminta lokasi wisata yang masuk kedalam zona merah harus ditutup. Sedangkan objek wisata yang buka, harus berdiri posko untuk mengingatkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) covid-19.

Pembagian masker ke wisatawan hingga pengecekkan kesehatan wajib dilakukan, untuk memastikan masyarakat yang berlibur dalam kondisi sehat.

“Kemudian lakukan kegiatan pengecekkan secara random, suhu nya di periksa, sehingga kita yakin pengunjung yang masuk kondisinya aman,” terangnya.

Kapolri juga mengingatkan petugas yang berjaga dan penyekatan di setiap cek point hingga destinasi wisata harus sehat hingga menerapkan prokes, agar tidak terpapar corona.

Kapolri berharap penyekatan arus mudik dan pengetatan di objek wisata diharapkan bisa mencegah penyebaran virus covid-19 di Indonesia, yang sudah mulai bisa dikendalikan.

“Rekan-rekan juga harus dalm kondisi sehat, lakukan swab antigen, saat akan dinas atau turun dinas melaksanakan. Sehingga kita yakin aman dan keluarga selamat,” jelasnya.

Baca Selengkapnya

BERITA

Pasukan Perdamaian Indonesia Disuntik Vaksin COVID-19

Oleh

Fakta News

Jakarta – Pasukan Perdamaian Indonesia yang tergabung dalam Satgas Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL menerima vaksinasi COVID-19 tahap pertama, Sabtu (08/05). Kegiatan yang melibatkan 1230 orang prajurit TNI ini dipimpin oleh Dankonga Kolonel Inf Amril Haris Isya Siregar.

Pemberian vaksin AstraZeneca yang merupakan hibah dari pemerintah India kepada personel Satgas ini dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, yakni di Chinmed Hospital Lv1+ Sector East dan HQ Hospital Naqoura.

“Seluruh prajurit akan divaksin”, ujar sang komandan.

Dansatgas menambahkan, personel Satgas sangat berisiko tinggi terpapar COVID-19 ketika bersinggungan dengan masyarakat. Oleh karena itu, personel Satgas tidak boleh terpapar virus, apalagi sampai menularkan virus kepada masyarakat.

“Meskipun telah divaksin, saya perintahkan kepada seluruh personel Satgas untuk tetap menjalankan protokol kesehatan karena itu merupakan senjata utama untuk melawan COVID-19,” tegas Dansatgas.

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan vaksinasi ini turut mendukung program pemerintah bahwa setiap prajurit TNI dimanapun bertugas wajib melaksanakan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya untuk melindungi diri, keluarga dan orang lain serta untuk membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

Baca Selengkapnya