Microsoft, Perusahaan Termahal di Dunia yang Salip Apple

  • Fakta.News - 2 Des 2018 | 16:14 WIB
Microsoft, Perusahaan Termahal di Dunia yang Salip Apple
Microsoft.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Microsoft telah bukukan raihan yang memuaskan pekan ini. Mereka menjadi perusahaan yang bernilai US$ 851,8 miliar dan melampaui Apple untuk menjadi perusahaan termahal di dunia, seperti dilansir CNN (22/11).

Kenaikan market cap Microsoft dipicu oleh traksi lanjutan dengan cloud computing serta kemampuannya untuk menghindari kerugian dalam persaingan di sektor teknologi baru-baru ini.

Microsoft melewati Apple di pasar terbuka dengan nilai yang tipis. Microsoft memiliki kapitalisasi pasar USD815,8 miliar, sedangkan Apple dengan nilai sebesar USD815,5 miliar.

Padahal 4 bulan lalu, nilai Apple tembus USD 1 triliun, menjadi perusahaan pertama dengan market value setinggi itu. Namun melambatnya penjualan smartphone dan faktor lainnya membuat harga saham Apple kian tergerus.

Microsoft pernah menjadi perusahaan termahal dunia pada tahun 1999 dan 2002. Tapi sejak 2010, Apple menyalipnya seiring popularitas iPhone dan melambatnya permintaan komputer PC yang mempengaruhi Microsoft.

Sekarang situasinya berbeda. Di bawah CEO Satya Nadella, Microsoft selama bertahun-tahun ini fokus pada bisnis cloud computing. Di bidang tersebut, Microsoft bersaing dengan Amazon–dengan AWS–menjadi pemain besar. Penjualan layanan cloud computing-nya kini mencapai US$ 100 miliar.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar