Connect with us
Media Sosial

Instagram Luncurkan Fitur You’re All Caught Up

All Caught Up
Ilustrasi.(Foto: Femme.id)

Jakarta – Instagram meluncurkan fitur baru yang dinamakan You’re All Caught Up, beberapa waktu lalu. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan unggahan terbaru yang akan muncul di laman utama feed Instagram.

Saat pengguna melihat-lihat postingan yang berada di laman utama Instagram, lalu menemukan tulisan You’re All Caught Up di antara postingan tersebut, maka artinya postingan yang berada di bawah tulisan You’re All Caught Up sudah pernah dilihat sebelumnya serta postingan yang lebih lama dari dua hari.

Dikutip dari The Verge, Kamis (5/7/2018), fitur ini akan menampilkan informasi yang menandakan pengguna sudah melihat seluruh unggahan terbaru di feed Instagram.

Kendati begitu, fitur ini hanya berlaku untuk unggahan dalam kurun waktu 48 jam terakhir. Pengguna akan mendapat notifikasi bertuliskan “You’re all caught up” sebagai pembatas untuk unggahan terbaru di feed. 

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Internet of Things (IoT) Trend Teknologi yang Perlu Dioptimalkan

Oleh

Fakta News

Jakarta – Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

Dapat juga disampaikan bahwa IoT merupakan suatu teknologi yang dapat menghubungkan berbagai hal, baik secara fisik maupun virtual melalui internet. Dengan terhubungnya berbagai macam peralatan tersebut maka akan tercipta kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya.

Penerapan Internet Of Things di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti smart city, smart public transportation system, digital payment, manufaktur, reteil, logistik atau semacamnya. Tidak hanya itu saja, Internet Of Things juga mendorong industri untuk menciptakan atau mengembangkan aplikasi baru yang dapat digunakan diberbagai sektor kehidupan seperti e-Health, pendidikan, asuransi user-based dan aplikasi bisnis lainnya.

Beberapa aplikasi IoT yang berguna untuk memudahkan kehidupan bermasyarakat antara lain pada public transportation seperti bus atau kereta api yang dilengkapi dengan asset tracking sehingga pengguna mengetahui posisi bus atau kereta api berada yang membuat calon penumpang bisa mengantisipasi dengan efektif dan efisien.

Penggunaan IoT di tambak perikanan juga sangat membantu karena dengan bantuan IoT berupa kamera, kondisi ikan bisa diketahui dan IoT dapat memberikan pakan ikan sesuai jadwal dan kebutuhan sehingga bisa menghemat biaya produksi ikan tambak.

Demikian juga IoT yang dipasang di gedung atau jembatan yang dapat menginformasikan apabila terjadi pergeseran sehingga menciptakan keamanan gedung dan jembatan yang lebih baik.

Aplikasi IoT akan sangat tidak terbatas diaplikasikan dibanyak sektor, di perkirakan jutaan perangkat (Thing) akan terkoneksi satu sama lain. Semuanya dibuat untuk memudahkan kehidupan agar lebih baik.

Namun demikian perlu disadari bahwa implementasi IoT disuatu daerah atau sektor harus sesuai atau menjawab masalah yang terjadi, penerapan IoT bukan semata karena mengikuti trend saja.

Sebagai uji coba IoT dapat dicobakan dibeberapa bidang namun apabila dirasa tidak efektif layanan IoT tersebut harus dihentikan dan dicarikan layanan IoT yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau pengguna.

Hal ini banyak terjadi pada saat penerapan IoT untuk Smart City dan Smart Village dimana aplikasi IoT yang ada tidak optimal atau tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Baca Selengkapnya

BERITA

Smart Village Konsep untuk Memajukan Desa di Indonesia

Oleh

Fakta News

Untuk mewujudkan Indonesia yang maju di masa depan, desa-desa perlu punya kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi sehinga bisa melakukan berbagai capaian terobosan untuk menjadi desa yang maju. Berdasarkan data dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) total jumlah desa di Indonesia ada sebanyak 74.957 desa, dimana hanya kurang dari 10% yang sudah masuk kategori desa maju.

Untuk menjadikan suatu desa maju maka diperkenalkan konsep desa cerdas (smart village). Smart village adalah pembangunan desa yang berbasis penerapan teknologi tepat guna. Penerapan konsep smart village bakal mengubah desa-desa di Indonesia menjadi lebih siap menyongsong masa depan. Internet adalah infrastruktur dasar untuk mencapai kemajuan tersebut.

Paling tidak ada 4 area yang akan diperkuat dengan konsep Smart Village
• Peningkatan Ekonomi & Ketahanan Pangan Desa, Internet dipakai untuk membantu proses pemasaran produk unggulan sehingga dapat mengoptimalkan pendapatan desa.
• Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Desa, meningkatkan pemberdayaan kehidupan masyarakat desa melalui solusi layanan digital di bidang pendidikan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan warga.
• Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Efektif dan Efisien, meningkatkan efisiensi proses pelayanan pemerintahan dan masyarakat desa serta mendorong kolaborasi dua arah sehingga dapat meningkatkan partisipasi warga.
• Integrasi Data Level Desa, membantu pengelolaan data desa secara terpusat dan terintegrasi.

Nantinya, desa-desa ‘smart’ bakal maksimal memanfaatkan Internet of Things (IoT), yakni kemampuan jaringan internet untuk membuat pelbagai peralatan saling berinteraksi dan bertukar informasi, khususnya dibidang pertanian dan peternakan. IoT akan digunakan desa untuk meningkatkan ekonomi pedesaan secara lebih efisien dan efektif.

Dengan akses internet maka siswa sekolah desa dapat bersekolah dengan materi yang sama dengan siswa sekolah diperkotaan. Hal ini menjadi penting karena pengembangan SDM melalui sekolah adalah hal yang utama untuk kemajuan desa.

Konsep Smart Village dengan internet sebagai pondasi utamanya akan mempercepat perkembangan desa menjadi lebih maju, namun untuk mencapai hal tersebut memerlukan kerjasama semua sektor khususnya dari sisi pengembangan SDM yang lebih kreatif, tekun dan berkemauan tinggi.

Baca Selengkapnya

BERITA

Resmikan Gateway Manado, Akses Internet Cepat Kelas Dunia Siap Hadir di Kawasan Timur Indonesia

Oleh

Fakta News

Jakarta – Internet yang cepat dan stabil sudah menjadi kebutuhan dan harapan utama bagi masyarakat pengguna Internet di Indonesia, karena Internet saat ini digunakan disemua aspek kehidupan tidak hanya ekonomi tapi juga politik, pendidikan dan aspek lainnya.

Salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap kecepatan Internet adalah Gateway, yang merupakan gerbang jalur komunikasi internasional menuju Internet global. Saat ini Gateway yang ada, berlokasi di Batam sehingga trafik Internet dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) menuju ke Batam dulu baru menuju Internet global. Sehingga hal ini membuat latency menjadi tinggi yang menyebabkan Internet menjadi lambat khususnya untuk pelanggan yang berada di KTI. Namun kendala ini akan segera tersolusikan dengan diresmikannya Second Gateway Manado pada Rabu (20/7) yang lalu.

Second Gateway Manado yang diresmikan ini dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) anak usaha PT Telkom Indonesia. Dengan adanya Second Gateway Manado maka trafik Internet dari KTI dapat langsung ke Internet global melalui Manado, tanpa perlu ke Batam. Dengan cara ini otomatis latency akan menjadi kecil dan akses Internet di KTI menjadi lebih cepat.

Kehadiran Second Gateway Manado ini menjadi wujud nyata dari upaya pemerataan akses telekomunikasi dan informasi di seluruh Indonesia. Rute dari Manado menjadi jalur alternatif untuk distribusi trafik komunikasi internasional yang sebelumnya terkonsentrasi di Batam, sehingga mengurangi resiko jika terjadi gangguan di Batam yang disebabkan oleh bencana alam atau aktifitas laut lainnya.

Disisi lain keberadaan Second Gateway Manado juga akan membuka peluang hadirnya bisnis digital di Manado seperti Data Center, munculnya start-up, serta bisnis infrastruktur cable landing yang akan memberikan kontribusi pada pendapatan daerah setempat.

Infrastruktur Internet di Indonesia secara bertahap makin lengkap sehingga harapan merasakan Internet yang cepat dan stabil diseluruh wilayah Indonesia dapat segera terealisasi, namun diluar itu yang tidak kalah penting adalah bagaimana pengunaan dan pemanfaatan Internet yang cepat dan stabil tersebut dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan ekonomi bagi masyarakat Indonesia, bukan malah sebaliknya.

 

 

Baca Selengkapnya