Leonika Sari Getol Dorong Generasi Millenial Aktif Donorkan Darah

  • Fakta.News - 5 Sep 2018 | 04:07 WIB
Getol Dorong Generasi Millenial Aktif Donorkan Darah
Leonika Sari4muda

Generasi millenial kini sudah banyak yang merintis perusahaan dan sukses. Bahkan banyak juga pemuda yang tak melulu mementingkan keuntungan. Nah, salah satunya adalah Leonika Sari.

Leonika Sari adalah pendiri startup bernama Reblood. Ini adalah sebuah aplikasi yang membantu masyarakat untuk donor darah lebih mudah melalui online platform.

Siapa sangka, beberapa bulan setelah ia menciptakan aplikasi donor darah, wanita bernama lengkap Leonika Sari Njoto Boedioetomo itu diganjar penghargaan dari Forbes.

Ia masuk dalam daftar penerima penghargaan Forbes 30 Under 30 Asia 2016, kategori Healthcare & Science.

“Pada akhir tahun 2015, saya dihubungi editor Forbes Asia untuk dinominasikan di daftar tersebut. Saya pikir tidak akan lolos karena Reblood baru dirilis sekitar bulan September, masih baru sekali. Sedangkan menurut saya banyak sosok yang lebih baik di luar sana,” kata Leo merendah.

Baca Juga:

Awalnya Redblood beroperasi di Surabaya. Setelah berhasil menyumbangkan 7.230 kantong darah ke Palang Merah Indonesia di Surabaya pada 2016, Reblood melebarkan sayap ke Jakarta. Startup ini memang punya target 10 ribu donor baru sepanjang 2018.

Sejak masuk Forbes, nama Leonika Sari dan aplikasi Reblood makin populer sejak 2015. Dara berusia 24 tahun ini mengaku membuat usaha rintisan untuk mendorong generasi millenial senang mendonor darahnya.

Redblood sendiri dibuat lulusan Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) itu begitu sesederhana mungkin. Lantaran menghubungkan dengan PMI, pengguna jadi bisa melihat seluruh jadwal kegiatan PMI.

Malah Reblood dibuat interaktif mungkin dengan adanya fitur pengingat serta syarat-syarat donor darah. Termasuk dengan segala pengetahuan tentang donor darah.

Ya, bagi Leo, pendonor sekalipun harus memiliki pengetahuan tentang syarat donor darah. Malahan Leo sendiri dulu pernah ditolak berkali-kali karena ada syarat berat badan minimal 45 kilogram dan tingkat hemoglobin tertentu.

Nah di aplikasi ini, segala bentuk pengetahuan termasuk syarat-syarat disertakan. Leo juga kerap menyelenggarakan kegiatan dengan menggandeng anak muda. Ia ingin citra donor darah yang bagi sebagian orang menyeramkan itu hilang. Hal-hal inilah yang membuatnya masuk Forbes.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar