Terkait Kerja Paksa, RI Berhenti Kirimkan Mahasiswa Kuliah-Magang ke Taiwan

  • Fakta.News - 5 Jan 2019 | 11:58 WIB
Terkait Kerja Paksa, RI Berhenti Kirimkan Mahasiswa Kuliah-Magang ke Taiwan
Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir.(Foto: Infomed)

Jakarta – Kementerian dalam Negeri menanggapi praktik kerja paksa pemerintah Taiwan terhadap 300 mahasiswa Indonesia di Negera itu. Sementara waktu Pemerintah Indonesia menghentikan program perekrutan serta pengiriman mahasiswa skema kuliah-magang.

“Indonesia akan menghentikan sementara perekrutan serta pengiriman mahasiswa skema kuliah-magang hingga disepakatinya tata kelola yang lebih baik,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, melalui keterangan yang diterima CNNIndonesia.com pada Jumat (4/1).

Arrmanatha mengatakan KDEI Taipei juga telah meminta otoritas setempat untuk mengambil langkah  yang diperlukan guna melindungi kepentingan serta keselamatan mahasiswa RI sesuai aturan setempat.

“Menindaklanjuti laporan ini, KDEI Taipei telah meminta keterangan dan berkoordinasi dengan otoritas setempat guna mendalami implementasi skema kuliah-magang yang berlangsung mulai 2017 tersebut,” kata Arrmanatha.

Menurutnya, saat ini ada sekitar 6.000 mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Taiwan. Sebanyak 1.000 mahasiswa itu merupakan peserta program kuliah-magang di delapan universitas. Arrmanatha mengatakan seribu mahasiswa itu mulai menempuh studi mereka di Taiwan sejak tahun pelajaran 2017-2018.

Seperti diketahui, Anggota legislator Taiwan, Ko Chihen melaporkan kabar mengejutkan mengenai kondisi mahasiswa Indonesia yang belajar di negara pecahan China tersebut. Ko Chihen menceritakan, ada enam universitas di Taiwan mengirim ratusan mahasiswa Indonesia ke pabrik manufaktur untuk menjalani kerja paksa.

Dikutip dari Taiwan News, Rabu (2/1), enam universitas ini telah menandatangani perjanjian pelajar dari New Southbound Policy (NSP) untuk mengisi posisi buruh manual di pabrik. Hal ini diungkapkan oleh Liberty Times.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar