Tarik Pasukan di Suriah, Trump Sebut AS Tak Lagi jadi Polisi Dunia

  • Fakta.News - 29 Des 2018 | 05:11 WIB
Tarik Pasukan di Suriah, Trump Sebut AS Tak Lagi jadi Polisi Dunia

Baghdad – Setelah berencana menarik pasukan militernya di Suriah, presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyebut negaranya tidak lagi menjadi ‘polisi dunia’.

“Itu (polisi dunia) tidaklah adil ketika dibebankan kepada kita, Amerika Serikat,” tuturnya kala mengunjungi pasukan AS di Irak, (26/12/18).

“Kami tidak ingin dimanfaatkan lagi oleh negara-negara yang menggunakan kami dan menggunakan militer kami yang luar biasa untuk melindungi mereka. Mereka tidak membayar untuk itu dan mereka harus melakukannya,” imbuhnya.

Trump menilai penarikan 2.000 pasukan AS di Suriah serta setengah dari 14.000 pasukan lainnya di Afghanistan sebagai isu yang tidak baik untuknya. Terlebih, mundurnya Menhan AS, James Mattis karena perbedaan strategi, membuat Trump semakin geram.

Baca Juga:

Trump didampingi istrinya, Melania telah mengumumkan bahwa pasukan AS berhasil melumpuhkan ISIS. Hal tersebut ia kemukakan di depan ratusan pasukan AS di pangkalan udara Al Asad, Baghdad Barat.

“Kehadiran kita di Suriah tidak pernah ditujukan untuk permanen, pasukan AS bisa pulang kerumah,” paparnya.

Di tempat yang berbeda, parlemen menentang sikap Trump soal penarikan pasukannya di Suriah. Mereka menilai peperangan dengan ISIS masih jauh dari kemenangan.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar