Singapura Singapura Berlakukan Pengecekan Pemindai Mata

  • Fakta.News - 6 Ags 2018 | 21:00 WIB
Singapura Berlakukan Pengecekan Pemindai Mata
Ilustrasi(Foto: Istimewa)

Jakarta – Siapkan mata bila hendak ke Singapura. Negeri Singa tersebut berencana memakai pemindai mata untuk kepentingan pemeriksaan imigrasi.

Hal ini akan diterapkan di beberapa pos pemeriksaan di perbatasannya. Rencana ini bahkan sudah masuk dalam tahap uji coba teknologinya. Bila jadi, pemeriksaan ini bakal menggantikan verifikasi sidik jari.

Teknologi ini diklaim jadi yang terbaru dari beberapa rencana perubahan Singapura. Dikabarkan, selain pemindai mata, ada beberapa teknologi baru lainnya yang akan diterapkan.

Hal ini lantas mengundang beragam respons dari berbagai kalangan. Ada yang merasa khawatir pemeriksaan ini bisa mengganggu privasi berbagai kalangan, utamanya advokat.

Baca Juga:

Namun Singapura berpendapat inovasi ini justru bisa meningkatkan efisiensi dan keamanan di negaranya. Terlebih, menurutnya, isu keamanan tengah meningkat menyusul perkembangan ancaman terorisme di kawasan.

Meski baru di Singapura, bukan berarti teknologi pemindai mata ini tak pernah diterapkan. Pemindaian iris mata pun sudah digunakan di sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Inggris dengan berbagai tingkat keberhasilan.

Meski menghabiskan biaya lima kali lebih besar daripada sistem sidik jari yang ada, teknologi ini dinilai lebih efisien.

“Uji coba ini akan membantu kami dalam pertimbangan apakah dan bagaimana kami harus menerapkan teknologi tersebut di pos pemeriksaan kami,” ujar juru bicara Immigration Checkpoint Authority (ICA), seperti dilansir dari Reuters, Senin (6/8).

Untuk sementara, hal ini akan diterapkan di dua pos pemeriksaan di perbatasan utara dengan Malaysia. Satu lagi juga akan dilakukan di Pelabuhan feri, yang menjalankan layanan ke pulau-pulau Indonesia di dekatnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar