Kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi Disambut Demonstran Tunisia

  • Fakta.News - 28 Nov 2018 | 17:10 WIB
Kedatangan Putra Mahkota Arab Saudi Disambut Demonstran Tunisia

Tunis – Kedatangan putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) disambut dengan unjuk rasa oleh demonstran Tunisia pada Rabu (28/11/18). Demonstran melayangkan tuduhan soal keterkaitan MBS dengan kasus pembunuhan mantan kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi.

Reuters melansir bahwa putra mahkota Saudi tersebut tidak pernah menerima demonstrasi bahkan kecaman pada kunjungan sebelumnya. Pangeran MBS justru lebih sering menerima sambutan meriah saat kunjungan ke beberapa negara seperti Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab.

Sejak fenomena Arab Spring melanda negara-negara Timur Tengah pada 2011, negara-negara terdampak mulai mengadopsi sistem pemerintahan yang demokratis. Tunisa yang merupakan terdampak fenomena Arab Spring, secara demokratis diperbolehkan untuk melakukan unjuk rasa.

Unjuk rasa kepada putra mahkota Saudi tidak hanya memprotes soal pembunuhan Khashoggi, tetapi juga soal agresi militer Saudi ke Yaman yang terjadi selama bertahun-tahun.

Basma Rezgui, seorang demonstran berpfrofesi guru menyebut bahwa putra mahkota Saudi bersifat tidak manusiawi dengan membunuh saudaranya sesama muslim.

“Ini tidak manusiawi untuk melihat seorang pemimpin Arab membunuh saudara-saudaranya di Yaman, dan pembunuhan seorang wartawan,” protes Rezgui.

Beberapa demonstran juga berteriak memberikan kecaman kepada MBS dengan membawa poster presiden Tunisia, Essebsi sedang membersihkan tangan MBS yang berlumuran darah. “Pergi pembunuh! Kau tidak diterima disini,” teriak para demonstran.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar