Indonesia Sepakati Komitmen Pengurangan Emisi Karbon

  • Fakta.News - 13 Des 2018 | 18:22 WIB
Indonesia Sepakati Komitmen Pengurangan Emisi Karbon

Katowice – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar sepakati Komitmen Indonesia untuk menerapkan perjanjian Paris soal pengurangan emisi karbon.

Ia menyebut bahwa menerapkan perjanjian Paris membuat rakyat Indonesia mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat.

“Bahwa sumber daya alam diatur oleh negara dan sebesar-besarnya digunakan untuk kesejahteraan warga negara. Sebagaimana tercermin dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28H dan 33,” ungkapnya saat meratifikasi perjanjian pengurangan emisi karbon (COP 24) di Katowice, Polandia, (12/12/18).
Siti Nurbaya mengatakan Indonesia akan menerapkan pengurangan emisi karbon sebanyak 29-45 persen di sektor kehutanan dan energi, pada 2030.

Sejumlah kebijakan telah dikeluarkan untuk mendukung Indonesia dalam menerapkan pengurangan emisi karbon. Beberapa kebijakan lainnya juga diterapkan untuk masyarakat akar rumput yang memiliki akses terhadap perhutanan.

“Meningkatkan kesatuan pengelolaan hutan dan adaptasi bersama dan mitigasi di tingkat akar rumput,” ungkapnya.

Baca Juga:

Selain akar rumput, pemangku kepentingan seperti parlemen, lembaga keadilan dan penegakan hukum dituntut untuk berpartisipasi dalam menerapkan pengurangan emisi karbon di Indonesia.

“Untuk memantau kemajuan, kami membangun Sistem Registri Nasional (SRN) untuk mencatat dan memantau semua tindakan iklim dan sumber daya mereka masing-masing,” paparnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar