Terancam Badai Pabuk, Sejumlah Tempat Wisata di Thailand Ditinggal Wisatawan

  • Fakta.News - 3 Jan 2019 | 20:13 WIB
Terancam Badai Pabuk, Sejumlah Tempat Wisata di Thailand Ditinggal Wisatawan

Bangkok – Ancaman badai Pabuk melanda 2 tempat wisata di Thailand, Koh Phangan dan Koh Tao. Atas situasi tersebut, puluhan ribu wisatawan mensterilkan wilayah yang terancam dilanda hujan lebat, angin kencang, dan ombak setinggi 7 meter.

Kedua pulau wisata populer tersebut telah ditinggalkan wisatawan sejak Rabu (02/01/19). Mereka menaiki kapal feri menuju daratan Thailand Selatan. Aktivitas di kedua pulau pun dihentikan.

Badai Pabuk siap menghantam kedua pulau Thailand tersebut pada Jumat malam. Fenomena badai Pabuk merupakan badai pertama yang melanda negara tropis dalam 30 tahun terakhir.

Meskipun belum ada perintah evakuasi, namun wisatawan berinisiatif untuk meninggalkan pulau.

“Saya pikir pulau-pulau itu hampir kosong, hingga antara 30.000 hingga 50.000 orang telah berlalu sejak pesta  malam Tahun Baru,” ungkap otoritas pulau Koh Phangan, Krikkrai Songthanee pada Kamis (03/01/19).

Baca Juga:

Otoritas pulau Koh Tao menutur beberapa perahu dipenuhi wisatawan menuju daratan Thailand. Beberapa diantaranya tetap bertahan dipulau karena merasa yakin.

Menurut prakiraan cuaca, badai Pabuk berkecepatan 104 kilometer per jam, namun tidak berpotensi menjadi angin topan yang berbahaya.

“Tapi kami memperkirakan gelombang setinggi lima atau tujuh meter di dekat mata badai. Biasanya di Teluk Thailand hanya ada gelombang setinggi dua meter,” tutur Phuwieng Prakammaintara, pejabat Meteorologi Thailand.

“Sulit untuk memprediksi tingkat keparahan badai sehingga orang harus mematuhi rekomendasi pihak berwenang,” imbuhnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar