CPJ: Sebanyak 257 Jurnalis di Seluruh Dunia Dipenjara Karena Profesinya

  • Fakta.News - 13 Des 2018 | 21:33 WIB
CPJ: Sebanyak 257 Jurnalis di Seluruh Dunia Dipenjara Karena Profesinya

Jakarta – Komisi Perlindungan Jurnalis (CPJ) merilis laporan yang menyebut sebanyak 251 jurnalis di seluruh dunia telah dipenjara karena profesinya, pada Kamis (13/12/18).

CPJ mengklaim jumlah tersebut dihitung dari 1 Januari sampai 1 Desember 2018. Mereka juga menyebut bahwa jumlah tersebut berpotensi mengalahkan jumlah pada tahun sebelumnya.

Kelompok independen asal Amerika Serikat juga mengatakan setengah jumlah jurnalis yang dipenjara berasal dari negara Turki, China dan Mesir. Mereka mengatakan otoritas negara tersebut memenjarakan jurnalis yang bersikap anti-pemerintah.

 

Baca Juga:

Data CPJ juga menemukan sebanyak 28 orang jurnalis dipenjara karena menulis berita palsu. Jumlah tersebut dinilai meningkat dibanding tahun 2017 yang berjumlah 21.

Hal tersebut diklaim CPJ sebagai kritik terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald J Trump yang sering menggunakan frase ‘Berita Palsu’ untuk melindungi pemerintahannya. Tidak hanya Amerika, Filipina dan Turki juga melakukan hal serupa untuk mengirim jurnalis ke penjara.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar