Sains Alasan Ilmiah Kenapa Manusia Mudah Percaya Berita Hoax

  • Fakta.News - 5 Okt 2018 | 16:46 WIB
Alasan Ilmiah Kenapa Manusia Mudah Percaya Berita Hoax

Jakarta – Bukan rahasia lagi, bila kini terdengar kabar tentang maraknya informasi dan berita hoax yang beredar di masyarakat, baik kabar yang disampaikan dari mulut ke mulut hingga melalui media sosial online.

Uniknya, banyak orang yang dengan mudah memercayai informasi maupun berita palsu alias hoax tersebut, padahal bila melihat latar belakang pendidikannya, tak sedikit diantara mereka yang telah mengenyam jenjang pendidikan yang relatif tinggi.

Pertanyaannya, mengapa banyak orang mudah percaya dengan maraknya berita palsu (hoax)? Nah, untuk menjawabnya, ternyata terdapat alasan ilmiah yang bisa menjelaskan alasan dibalik mudahnya seseorang mempercayai sebuah berita palsu.

Menurut pakar Neurologi Universitas Indonesia (UI) Diatri Nari Lastri, manusia mudah sekali percaya berita hoax sebab, otak manusia gampang dipengaruhi oleh kecerdasan berpikirnya masing-masing.

“Jika menerima informasi yang baru dan masuk akal, maka informasi tersebut akan dianggap sebagai sebuah kebenaran,” kata pakar Neurologi Universitas Indonesia (UI) Diatri Nari Lastri kepada Tempo melalui pesan singkat, Kamis, (4/10).

Peneliti UI ini menjelaskan, otak manusia itu secara naluri mudah menerima, dan memahami, karena ada lapisan di otak yang berpikir cepat dan tak logis.

“Kemampuan untuk kritis dan mempercayai informasi juga perlu latihan yang akan menjadi kebiasaan,” ujar Diatri.

Baca juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar