Lima Film Indonesia Ikut Festival Film Asia Pasifik 2018

  • Fakta.News - 10 Jul 2018 | 21:30 WIB
Lima Film Indonesia Ikut Festival Film Asia Pasifik 2018
Dian Sastrowardoyo dalam Film Kartini

Jakarta – Perfilman Nasional terus menunjukkan tajinya di panggung internasional. Beberapa kali, film Tanah Air pun sukses mendulang prestasi di sejumlah festival luar negeri. Terbaru, Indonesia mengirim lima film nasional dalam ajang tahunan Festival Film Asia Pasifik.

Festival ke-58 tersebut rencananya akan digelar di Taipei, Taiwan, 1 September 2018 mendatang.

Adapun kelima film Indonesia tersebut adalah Kartini (Princes of Java) produksi Legacy Pictures, Marlina: Pembunuh Dalam Empat Babak (Marlina The Murder in Four Acts) produksi Cinesurya. Lalu Surat Kecil Untuk Tuhan (Letter to God) produksi Falcon Pictures, Banda The Dark Forgotten Trail produksi Lifelike Pictures, dan Adit Sopo Jarwo produksi MD Animation.

Baca Juga: Film Pengabdi Setan Dipuji Sutradara Doctor Strange

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) Firman Bintang mengatakan, kelimanya sudah melalui proses kurasi yang ketat. Seleksi dilakukan berdasarkan berbagai macam kriteria yang bisa dipertanggunjawabkan.

“Intinya, kelima film yang diikutkan dan turut berkompetisi dalam FFAP 2018, mereprentasikan kekuatan kualitas film Indonesia masa kini, ” ujarnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (10/7).

Adapun Festival Film Asia Pasifik kali ini mengangkat tema “Fokus pada Diri Sendiri”. Tema ini berarti tidak menilai orang lain, fokus pada diri sendiri, dan membiarkan dunia fokus pada diri kita.

Festival film terbesar di kawasan Asia Pasifik itu dikabarkan bakal seperti penyelenggaraan Festival Film Cannes dan Golden Globe Awards. Lantaran gengsinya itu, festival film ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi perkembangan film di kawasan Asia-Pasifik.

Nantinya, festival tahun 2018 ini akan mengadakan pemutaran lebih dari 150 judul film di beberapa kota di Taiwan. Dalam festival yang sudah ada sejak 2016 ini juga memberikan kehormatan kepada film-maker untuk mengadakan upacara pemberian penghargaan setiap bulan Desember di Taichung Taiwan.

Mereka juga biasa melakukan pemutaran film dari berbagai kawasan dunia pada setiap musim panas.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar