Connect with us

Dear Milenial: Ayo Melek Investasi, Nabung aja gak Cukup!

Gak Usah Bingung Lagi, Investasikan Duitmu ke Sini

Hari gini belum melek investasi? Padahal produk investasi mulai bertebaran dengan iming-iming imbal hasil menggiurkan. Modal investasi bahkan dimulai dari 100 perak, 500 perak, atau Rp100 ribu. Modal kecil bisa ngasih untung gede.

Berikut investasi kekinian yang bisa jadi pilihan milenial:

  1. Pendanaan P2P Lending

Daripada porsi 20% dari gaji bulanan cuma masuk ke rekening tabungan dengan bunga gak seberapa, alokasikan saja separuhnya atau 10% untuk memulai pendanaan di finteh peer to peer (p2p) lending.

Dengan modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa terdaftar sebagai pemberi pinjaman (lender) dan mengantongi keuntungan hingga 2 digit per tahun.

Contohnya di Indodana. Fintech lending yang sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini memberi imbal hasil hingga 16% per tahun untuk lender. Risiko rugi dijamin kecil, aman, dan proses pendaftaran cepat hanya butuh waktu kurang dari 15 menit.

  1. Obligasi Negara

Punya duit Rp1 juta, sekarang bisa investasi di produk obligasi negara, Savings Bond Ritel atau SBR. Dikenal sebagai portofolio investasi yang rendah risiko, tapi banyak kelebihannya, seperti tidak ada risiko gagal bayar dan tingkat bunga.

Saat ini, pemerintah sedang menjual SBR seri 007. Tingkat kupon atau imbal hasil sebesar 7,50%. Ingat, masa penawaran hingga 25 Juli 2019 ya.

  1. Saham

Mau investasi yang lebih menantang? Jajal investasi saham. Membeli saham perusahaan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI), dan melakukan transaksi, kamu sebagai investor bisa dapat fulus besar dari kenaikan harga saham dan dividen.

Cara investasi saham sekarang pun gampang banget, buka rekening cuma 1 jam aja. Tapi ingat, investasi saham punya risiko tinggi.

  1. Emas Online

Emas merupakan salah satu ladang investasi favorit banyak orang karena dianggap paling aman (safe haven). Alasannya, investasi emas memiliki keunggulan dari sisi nilai yang relatif lebih stabil, imbal hasil cukup menggiurkan, minim risiko, serta mudah diuangkan.

Buat kamu yang mau investasi emas secara daring (online), ada nih pilihannya. Investasi emas dalam bentuk tabungan yang dijajakan Bukalapak dan Tokopedia. Menggandeng Pegadaian dan Antam, investasi emas di e-commerce ini modalnya mulai dari 100-500 perak.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Erokrasi, Karya Anyar Indra R dalam Mini Album Digital

Oleh

Fakta News

Jakarta – Solois pendatang baru Indra R, resmi merilis mini album bertajuk Erokrasi dalam bentuk digital pada Minggu, 6 Desember 2020. Karya anyar berisi tiga lagu itu mengusung tema besar mengenai cinta.

Tiga buah lagu milik penyanyi yang juga berprofesi sebagai lawyer itu masing-masing berjudul Kasih Dari Hati, Cinta Murni dan Mati Cinta.

Dalam liriknya, lagu Mati Cinta berkisah mengenai pengharapan kepada kekasih. Sementara aransemen lagu bertempo sedang tersebut, diracik dengan unsur rock yang begitu terasa di instrumen bass, gitar dan drum yang begitu dominan.

Di tembang Cinta Murni, tempo musik beralih melambat. Dalam liriknya, lagu berkisah tentang janji seorang pria untuk tidak akan meninggalkan kekasih hatinya. Dominasi instrumen bass, gitar dan drum dirangkai apik membungkus suara vokal lantang Indra yang diiringi falset dan koor di beberapa bagian.

Sedangkan pada nomor terakhir, yakni Kasih Dari Hati, lagu yang berkisah tentang kepasrahan dan merelakan mantan kekasih ini melantun lembut dengan iringan keyboard, yang menambah suasana tembang menjadi kian melankoli.

Mini album Erokrasi milik Indra R diproduksi di bawah naungan Batih Production. Saat ini, tiga lagu milik pria bernama lengkap Indra Rajagukguk ini sudah dapat didengarkan melalui platform layanan pemutar musik digital, seperti Spotify, Joox, Apple Music dan lain-lain.

Baca Selengkapnya

GAYA HIDUP

Edukasi Masyarakat dengan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

Oleh

Fakta News

Jakarta – Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, masyarakat juga berperan aktif untuk menghentikan transmisi virus Corona yang rantai penyebarannya harus segera dihentikan. Caranya adalah dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Protokol Kesehatan Covid-19 yang utama adalah menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menggunakan masker. Tapi kenyataannya masih ada banyak orang yang salah menggunakan masker.

Masker harus dipakai agar tidak ada penyebaran Virus Corona. Mengutip dari akun Twitter resmi milik WHO (@WHO), penggunaan masker sebagai Protokol Kesehatan Covid-19 cukup efektif untuk mencegah transmisi virus Corona hanya jika masker dipakai dengan cara yang benar. Berikut kesalahan dalam pemakaian masker:

Masker Longgar

Kesalahan pertama yang masih sering dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan masker yang longgar. Jika dipakai seperti itu, virus Corona tetap bisa masuk. Pakailah masker dengan ukuran yang tepat dan bisa menutup hidung dan mulut secara sempurna.

Melepas Masker

Kesalahan lain yang masih sering terjadi adalah masker diturunkan atau dilepas saat berbicara. Saat sedang berada di kerumunan orang, masker tidak boleh dilepas sama sekali.

Jika Anda melakukannya, sama saja dengan tidak menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan benar. Tetap gunakan masker saat berbicara dengan orang lain meski Anda mengenal baik lawan bicara Anda.

Menurunkan Masker Sampai ke Bawah Dagu

WHO juga mengingatkan bahwa masker tidak boleh dipakai dan diturunkan sampai ke bawah dagu. Saat berada di tempat umum, Anda tidak tahu apakah ada Virus Corona yang menempel pada area bawah dagu.

Jika Anda menurunkan masker sampai ke area itu dan menggunakan masker kembali, dikhawatirkan ada Virus Corona yang Anda hirup. Jika memang Anda harus melepas masker, lebih baik lepas masker tersebut dan masukkan ke wadah steril agar bisa dipakai lagi.

Selain 3 kesalahan memakai masker sebagai penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, WHO mengingatkan agar masker tidak dipakai secara bergantian dengan orang lain. Selain itu, cucilah masker kain setiap hari.

Gantilah masker yang basah atau lembab dengan masker yang lain. Mencari bahan masker kain yang nyaman juga penting agar Anda bisa betah menggunakannya.

 

(mujafi)

Baca Selengkapnya

GAYA HIDUP

Keriuhan Kick Off Piala Presiden eSports 2020

Oleh

Fakta News

Jakarta – Pemerintah berupaya mendukung lahirnya talenta eSports, yang mana bidang tersebut tumbuh sangat cepat belakangan ini. Hal tersebut diungkap saat Kick Off Piala Presiden eSports 2020.

“Pemerintah sangat concern terhadap talenta muda termasuk dalam hal ini eSports,” kata Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko dalam acara Kick Off Piala Presiden 2020, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).

Usai dilakukannya kick off, Piala Presiden Esport (PPE) akan mulai bergulir ke tahap kualifikasi, baik regional maupun negara-negara di Asia, seperti Vietnam, Thailand, Filipina dan Kamboja.

“Kita berharap pertumbuhan eSports tidak saja akan menghasilkan sebuah hiburan, tapi kita meyakini eSports mendorong pertumbuhan teknologi dan ekonomi Indonesia. Untuk itu, jangan kalian, pemerintah bersama kalian,” sambungnya.

PPE ini akan mempertandingkan beberapa game, yaitu Free Fire, Football PES 2020, game casual Mobile Premier League dan satu game nasional yang masih dikurasi oleh Dewan Kurasi Game Nasional.

Terlihat sepanjang jalannya acara, kursi yang tersedia di Tennis Indoor Stadium, Komplek Gelora Bung Karno ini terisi penuh. Para gamer hadir dan berkumpul tak henti-hentinya berteriak yang menandakan keriuhan acara tersebut.

“Aku dari Epicentrum, emang suka game makanya ke sini,” kata salah satu gamer.

Baca Juga:

 

Munir

Baca Selengkapnya