Fesyen Chanel Umumkan Tak Lagi Pakai Bulu dan Kulit Binatang untuk Koleksi Busananya

  • Fakta.News - 6 Des 2018 | 18:14 WIB
Chanel Umumkan Tak Lagi Pakai Bulu dan Kulit Binatang untuk Koleksi Busananya
Logo Chanel.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Sejak lama bulu dan kulit binatang menjadi bagian dari fashion kelas atas. Ada masanya saat high-end brand seperti Gucci, Hermes, dan Chanel menampilkan koleksi dari kulit ular dan bulu cerpelai berkualitas tinggi. Namun kini Chanel mengambil tindakan drastis dengan menghentikan penggunaan kulit dan bulu binatang di semua koleksi fashion-nya.

Perusahaan yang didirikan pada 1909 itu mengaku ingin melakukan perubahan standar etika menyusul tingginya tekanan dari para aktivis hewan langka. Seorang sumber dari Chanel mengatakan dewan direksi perusahaan mengeluarkan kebijakan baru yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan binatang yang dilindungi.

“Di Chanel, kami terus mengkaji rantai suplai pasokan barang untuk memastikan ekspektasi perusahaan terpenuhi,” ungkap Chanel, dikutip cnn.com. “Sepengalaman kami, semakin hari semakin sulit mencari kulit binatang yang memenuhi standar etika. Kebijakan ini juga diterapkan di produk berbahan dasar bulu,” tambahnya.

Meski tidak lagi menggunakan bulu dan kulit binatang, Chanel berharap dapat menciptakan produk kelas atas generasi baru dengan kualitas terbaik. Keputusan ini disambut baik dan dianggap sebagai kemenangan oleh organisasi hak asasi binatang asal AS People for the Ethical Treatment of Animals (PETA).

Diketahui, selama beberapa dekade, PETA telah menyerukan kepada merek-merek kelas atas untuk meninggalkan kebiasaan menggunakan hewan sebagai bahan dasar pembuatan produk fesyen. Mereka meminta label-label ternama itu untuk menciptakan produk fesyen tanpa ada kekejaman terhadap hewan di baliknya.

“Dan sekarang saatnya bagi perusahaan lain seperti Louis Vuitton untuk mengikuti jejak dari deret merek lainnya dan melakukan hal yang sama,” ujar Wakil Presiden Eksekutif PETA, Tracy Reiman.

(Baca Juga: Pemerintah Dukung Indonesian Fashion Week 2018)

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar