Gara-gara Hoaks Tsunami, Warga Sibolga dan Tapanuli Tengah Berhamburan Lari ke Tempat Tinggi

  • Fakta.News - 10 Jan 2019 | 15:52 WIB
Gara-gara Hoaks Tsunami, Warga Sibolga dan Tapanuli Tengah Berhamburan Lari ke Tempat Tinggi

Jakarta – Imbauan untuk tenang disampaikan kepada masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Sebelumnya mereka berhamburan dengan maksud menyelamatkan diri karena adanya isu tsunami yang akan menerjang. Namun kabar tsunami Tapanuli Tengah tersebut dipastikan hoaks.

Warga langsung panik begitu mendengar isu tersebut. Dengan cepat, warga ramai-ramai berlari ke arah pengunungan dan perbukitan terdekat.

“Begitu cepat informasi itu tersiar, sehingga kami pun panik dan ikut menyelamatkan diri. Karena tetangga dan juga warga lainnya sudah berhamburan meninggalkan rumah masing-masing,” ujar seorang warga Sibolga, Delora Sinaga, seperti dilansir Antara, Kamis (10/1).

“Informasi yang sampai ke kami akan terjadi tsunami karena air laut di Sibolga-Tapteng sudah surut,” katanya panik.

Baca Juga:

Gara-gara isu itu juga arus lalu lintas di Sibolga-Tapanuli Tengah langsung macet. Kehebohan pun terjadi di wilayah pegunungan seperti di arah Pandan dan Tukka yang langsung dipadati ribuan warga dan kendaraan.

Sementara Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengaku mendapat kabar yang sama. Namun ia mengaku tidak langsung panik dan bersama Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hariandja langsung turun ke pinggir laut untuk memastikan apakah benar air laut surut.

“Saya bersama dengan Kapolres Sibolga sudah meninjau ke tepi laut, semuanya aman-aman saja. Bahkan sudah kita minta dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan pengecekan ke BMKG pusat. Hasilnya tidak benar akan terjadi tsunami,” katanya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar