Connect with us

Yakini Indonesia Bisa Atasi Corona, Presiden China Xi Jinping Telepon Jokowi Siap Beri Dukungan dan Bantuan

Pertemuan Bilateral
Presiden RI Joko Widodo saat bertemu Presiden China Xi Jinping di ajang APEC 2018.

Jakarta – Presiden China Xi Jinping mengatakan China siap memberi dukungan dan bantuan kepada Indonesia dalam mengatasi wabah virus Corona (COVID-19). Melalui percakapan via telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Xi mengatakan Corona merebak di beberapa negara dan wilayah, termasuk di Indonesia.

Dilansir xinhuanet.com, Xi atas nama pemerintah dan rakyat China, menyampaikan rasa simpati yang mendalam kepada Indonesia. Setelah melewati perjuangan yang berat, lanjut Xi, masyarakat China telah meninggalkan periode tersulit.

Xi berkata, China tahu betul kesulitan yang sedang dihadapi oleh Indonesia dan bersedia menawarkan bantuan kepada Indonesia. Xi menyampaikan China yakin Indonesia dapat menang melawan Corona di bawah kepemimpinan Jokowi.

Xi menekankan bahwa dalam menghadapi pandemi ini, China dan Indonesia saling mendukung satu sama lain, seperti yang telah ditunjukkan yaitu berbagi kebaikan dan kesedihan dan saling membantu antar dua negara.

Tahun ini merupakan hari jadi hubungan diplomatik bilateral yang ke-70 antara China dan Indonesia. Xi mengatakan China bersedia untuk untuk melanjutkan kerja sama pembangunan The Belt and Road dan mendorong perkembangan strategi kemitraan yang komprehensif.

Xi menuturkan Corona adalah sebuah tantangan untuk semua umat manusia, dan hanya dengan memelihara sinergi yang kuat, maka dunia internasional dapat melawan ‘musuh’.

China dan Indonesia, lanjut Xi, harus bekerja sama menekan 20 kelompok ekonomi utama dan komunitas internasional untuk memainkan peran di saat krisis respons dan pemerintahan ekonomi global. Xi mengungkapkan China akan menjunjung tinggi visi membangun komunitas dengan berbagi masa depan umat manusia, berbagi pengalaman dan memberikan dukungan sebaik mungkin untuk melawan pertarungan global menghadapi COVID-19.

China, tambah Xi, juga bekerja dengan negara lainnya untuk mempromosikan perkembangan kesehatan publik dunia dan membangun komunitas kesehatan umum untuk umat manusia.

 

(mnr)

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Wawalkot Surabaya Whisnu Sakti Buana Dinyatakan Negatif Covid-19

Oleh

Fakta News
Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana

Surabaya – Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menjalani tes swab di RS Premier pada Kamis (4/5), usai bertemu dengan pasien positif Corona. Hasilnya, ia dinyatakan negatif Corona.

“Alhamdulillah, saya sehat-sehat saja, kondisi baik. Ini berkat doa semua pihak,” kata Whisnu dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Sabtu (6/6/2020).

Hasil tes swab-nya itu keluar hari ini. Setelah mendapat kabar baik itu, Whisnu siap kembali beraktivitas seperti biasa. Dia juga meminta warga Surabaya untuk terus bergotong royong memutus mata rantai penyebaran Corona.

“Insyaallah saya akan kembali bekerja, turun ke masyarakat dan terus menyemangati warga untuk bangkit. Berbuat terbaik untuk kota kelahiran saya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Whisnu dikabarkan menjadi ODP. Pasalnya, dia bertemu dengan 15 orang di Kedung Turi beberapa waktu lalu, untuk menyambut mereka yang kepulangan dari hotel setelah dinyatakan negatif Corona.

Namun ternyata, lima orang di antaranya dinyatakan positif Corona. Sehingga, Whisnu dikabarkan menjadi ODP dan menjalani pemeriksaan serta berinisiatif melakukan isolasi mandiri.

 

(mjf)

Baca Selengkapnya

BERITA

Kepala BNPT Canangkan Zona Integritas Bebas Korupsi untuk Dukung Reformasi Birokrasi di Pemerintahan

Oleh

Fakta News
Kepala BNPT, Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar dan jajaran BNPT saat mencanangkan Zona Integritas Badan Nasional Penanggulangan Terorisme di Kantor BNPT, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020).

Jakarta – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar mencanangkan zona integritas bebas korupsi di kantor BNPT, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tujuan pencanangan ini mendukung reformasi birokrasi di pemerintahan.

“Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementerian/lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani (WBBM),” kata Boy Rafli dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6/2020).

Boy Rafli mengatakan reformasi birokrasi adalah langkah awal untuk melakukan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif, dan efisien. Harapannya, pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan secara cepat, tepat, dan profesional.

Konsep ini, menurutnya, sudah ada sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi. Perpres tersebut mengatur tentang pelaksanaan program perihal reformasi birokrasi.

Peraturan tersebut, lanjut Boy Rafli, menargetkan tercapainya tiga sasaran utama, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN. Dengan begitu, peningkatan pelayanan publik juga bisa maksimal.

Boy Rafli menyatakan hal-hal tersebutlah yang mendasari dirinya mencanangkan zona integritas di lingkungan BNPT. Boy Rafli menginstruksikan jajarannya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik mencakup transparansi, akuntabilitas, partisipatif, serta pengarusutamaan gender dalam penyusunan dan implementasi kebijakan BNPT.

Boy Rafli berharap pencanangan zona integritas ini akan membawa dampak peningkatan perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) di lingkungan BNPT. Dia mengatakan nilai reformasi birokrasi BNPT yang telah diperoleh yaitu 65,95 persen pada 2019. Pada 2020 ini diharapkan nilai tersebut dapat ditingkatkan menjadi 80 persen.

Di acara ini juga dilakukan penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Kepala BNPT, Plh Sekretaris Utama BNPT, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, serta Inspektur BNPT.

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon I, II, III, dan IV BNPT, dengan menerapkan physical distancing sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona (COVID-19).

 

(mjf)

Baca Selengkapnya

BERITA

Apresiasi untuk Sapardi Djoko Damono, ILUNI FIB UI Gelar Festival Hujan Bulan Juni

Oleh

Fakta News
Festival Hujan Bulan Juni

Jakarta – Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Budaya (Iluni FIB) Universitas Indonesia akan menggelar Festival Hujan Bulan Juni. Festival ini sengaja digelar untuk merayakan puisi dan sastra serta apresiasi setinggi-tingginya untuk kepenyairan Sapardi Djoko Damono.

Acara ini akan berisi pembacaan dan bincang-bincang seputar puisi dan turunannya, seperti penerbitan buku dan bingkisan-bingkisan mengejutkan lainnya. Hampir semuanya akan diadakan secara online dan sedikit offline.

Sejumlah artis dan pesohor akan ikut memeriahkan acara ini dengan membaca puisi karya Sapardi. Mereka antara lain Marsha Timothy, Aurora Ribero, Dian Sastrowardoyo, Tommy F Awuy dll.

Dalam rilisnya, pihak penyelenggara mengatakan sore ini akan dihelat bincang-bincang #hujanbulanjunifestival di Live IG @reda.gaudiamo bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid yang juga Ketua ILUNI FIB UI – @hilmarfarid.

Acara yang sekaligus sebagai soft opening festival ini, berlangsung Sabtu, sore ini pukul 16.00 WIB.

Info terkait Festival Hujan Bulan Juni bisa dilihat di akun instgram @hujanbulanjunifest.

Baca Selengkapnya