Connect with us

Tidak Semua e-Money Bisa untuk e-Toll, Pelajari Informasi Ini

Beberapa e-money yang bisa digunakan untuk e-toll

Jakarta – Bayar tol dengan e-money sebenarnya bukan hal baru. Hanya saja tidak seperti sekarang. Jika tadinya hal ini hanya berlaku di tol tertentu saja, kini pemerintah telah menetapkan pembayaran nontunai berlaku di semua pintu tol.

Perlu diketahui, kartu e-money (electronic money) adalah kartu yang memiliki fungsi sebagai uang digital. Seperti dijelaskan Bank Indonesia, kartu e-money ini termasuk dalam kartu prabayar yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam media server atau chip. Nah, saldo di kartu e-money adalah nilai dari uang Anda yang tersimpan, yang bisa didigunakan untuk beragam pembayaran di merchant/toko yang menerima pembayaran dengan e-money.

Namun, ingat, tidak semua e-money dapat digunakan sebagai E-Toll. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam memilih e-money untuk membayar tol dengan metode cashless. Jangan sampai sudah sampai berada di pintu tol untuk membayar, ternyata kartu yang digunakan tidak bisa untuk membayar tol.

Hingga kini, setidaknya ada beberapa kartu e-money yang bisa dipergunakan untuk membayar e-toll.

E-Toll Card BPJT
Mandiri E-Money
BRI Brizzi
BNI Tapcash
BTN Blink
BCA Flazz
Gaz Card (e-money keluaran Bank Mandiri)
Indomart Card (e-money keluaran Bank Mandiri)

Lantas bagaimana cara mendapatkannya?
Ada beberapa tempat yang bisa Anda datangi untuk mendapatkan e-toll. Di antaranya bank operator e-money, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA dan BTN. Anda tinggal datang ke kantor cabang terdekat, kemudian minta petugas setempat untuk mendapatkan e-money.

Bisa juga di kantor gerbang operator tol. Atau bila ingin praktis bisa juga di minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson, dan Circle K. Umumnya, mereka menjual kartu e-money sekaligus menyediakan fasilitas top-up.

Di gerbang tol pun terkadang Anda bisa menemukan petugas jalan tol yang menjual e-toll di sela-sela antrean keluar gerbang tol. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah pengemudi yang belum memiliki kartu ini membelinya. Namun, tidak semua gerbang tol tersedia petugas penjual e-money. Jadi, jangan jadikan gerbang tol sebagai pilihan utama dalam membeli e-money.

Pertanyaan berikutnya adalah di mana tempat untuk mengisi ulang?

1. Minimarket
Caranya mudah, tinggal datangi kasir minimarket yang dikunjungi. Kemudian minta pada kasir bahwa Anda ingin mengisi ulang e-money. Kasir lantas akan menanyakan nominal saldo yang akan di top-up. Pembayaran pun bisa dilakukan lewat kartu debit, kartu kredit, maupun tunai.

2. ATM
Anda juga dapat melakukan top-up kartu e-money di ATM yang memiliki logo e-money. Pada mesin ATM yang bisa melakukan isi ulang terdapat reader yang dapat membaca e-money. Pilihlah ATM penerbit e-money Anda agar tidak dibebankan biaya admin nantinya. Caranya, masukan kartu debit ke ATM, pilih menu pembayaran e-money. Masukan nominal saldo yang akan diisikan. Selanjutnya, tempelkan kartu e-money pada reader yang sudah disediakan. Mesin ATM akan membaca data dari kartu tersebut. Tunggu hingga proses selesai, kartu Anda pun telah selesai diisi ulang.

Isi ulang e-toll di ATM

Isi ulang e-money di ATM

Namun ingat, jangan pernah masukan kartu e-money ke dalam mesin ATM karena yang dimasukkan tetap kartu debit. Hal tersebut nantinya akan membuat kartu e-money tertelan dan tidak akan bisa keluar dari mesin ATM.

3. Gerbang Tol
Di beberapa gerbang tol, khususnya Jakarta, meyediakan fasilitas isi ulang e-money langsung pada gerbang tolnya. Namun, fasilitas ini masih terbatas karena baru beberapa gerbang tol yang menyediakan fasilitas ini. Beberapa gerbang tol yang menyediakan fasilitas ini:

Gerbang Tol Bekasi Barat
Gerbang Tol Cengkareng
Gerbang Tol Cililitan
Gerbang Tol Meruya Selatan
Gerbang Tol Ciledug
Gerbang Tol Joglo
Gerbang Tol Pondok Ranji
Gerbang Tol Halim
Gerbang Tol Cibubur
Gerbang Tol Dukuh 1
Gerbang Tol Pasar Rebo
Gerbang Tol Lenteng Agung 2
Gerbang Tol Fatmawati 2
Gerbang Tol Pondok Pinang
Gerbang Tol Ramp Cikupa
Gerbang Tol Cikupa
Gerbang Tol Serang Timur
Gerbang Tol Pondok Aren (arah BSD)
Gerbang Tol Ungaran
Gerbang Tol Salatiga

Caranya, Anda tinggal mengantre di gardu yang terdapat tanda bisa isi ulang e-money. Setelah sampai di gardu, katakan pada operator tol bahwa Anda ingin top-up dan sebutkan nominal saldo yang diinginkan. Berikan kartu e-money dan uang tunai ke operator. Nantinya saldo kartu akan otomatis terpotong sesuai harga tol yang harus dibayarkan.

Ingat pula, walaupun gerbang-gerbang tol di atas menyediakan fasilitas isi ulang kartu, namun tidak semua gardu pada gerbang tol tersebut bisa melakukan isi ulang. Oleh sebab itu, mengantrelah di barisan gardu yang memiliki tanda top-up.

4. Halte Transjakarta
Ini yang masih sedikit diketahui orang. Di halte Transjakarta juga bisa melakukan top up E-Toll karena E-Toll merupakan bagian dari e-money. Cara mengisi ulangnya pun sama. Kartu E-Toll pun bisa digunakan untuk membayar ongkos busway. Caranya langsung datang ke loket Transjakarta yang berada dalam halte. Mintalah petugas Transjakarta untuk mengisikan E-Money Anda. Biasanya, mengisi ulang E-Money di halte dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.000.

5. Loket Stasiun KRL
Sama seperti halte Transjakarta, loket stasiun KRL pun menyediakan fasilitas isi ulang e-money. Hal tersebut karena KRL di Jakarta juga sudah menggunakan sistem cashless dalam pembayarannya. Jadi, kartu E-Toll pun dapat di-topup di stasiun. Caranya, hampir sama dengan mengisi ulang E-Toll di halte Transjakarta. Anda tinggal datang ke loket dan sebutkan nominal saldo yang akan diisikan.

Jika Anda sudah tahu, tak ada salahnya jika memberi informasi kepada yang lain.

Ilustrasi Bayar tol

Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Oleh

Fakta News
Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengungkapkan bahwa konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang signifikan, terutama dalam segi harga minyak mentah dunia (crude palm oil/CPO).

“Konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik. Terutama dalam segi harga minyak mentah dunia,” ujar Roro dalam siaran pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Meski, saat ini harga minyak mentah dunia masih terpantau cukup stabil, dan per tanggal 22 April 2024 pukul 16.00, harga untuk WTI Crude Oil berada pada kisaran 82,14 dolar AS per barel, dan untuk Brent berada pada kisaran 86,36 dolar AS per barel. Namun, konflik di jazirah arab itu berpotensi menimbulkan kenaikan harga minyak mentah dunia, yang bisa menembus 100 dolar AS per barel.

Terkait dengan dampak dari konflik geopolitik terhadap kondisi harga BBM di dalam negeri tersebut, Politisi dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan bahwa dari pihak pemerintah, melalui Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, telah menegaskan dan memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik akibat konflik ini, paling tidak sampai bulan Juni 2024 ini.

“Untuk selanjutnya, Pemerintah masih perlu melihat dan mengobservasi lebih lanjut terlebih dahulu. Saya berharap agar dampak dari eskalasi konflik di Timur Tengah ini masih bisa ditahan dan diatasi oleh Pemerintah Indonesia, sehingga kenaikan BBM masih bisa dihindari,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya

BERITA

Suntikan PMN Diharapkan Tambah Keuntungan Negara, Demi Kesejahteraan Rakyat

Oleh

Fakta News
Suntikan PMN Diharapkan Tambah Keuntungan Negara, Demi Kesejahteraan Rakyat
Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman saat mengikuti kunjungan kerja reses Komisi VI DPR RI ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (22/4/2024). Foto: DPR RI

Badung – Anggota Komisi VI DPR RI Mahfudz Abdurrahman berharap BUMN Pariwisata dan Aviasi mampu hasilkan keuntungan bagi negara. Sebab, BUMN tersebut telah memperoleh suntikan Penyertaan Modal Negara (PMN) yang nilainya cukup besar.

“Komisi VI sudah mendukung upaya peningkatan kinerja BUMN Pariwisata dan Aviasi antara lain melalui persetujuan PMN. Sudah seharusnya ada perbaikan fasilitas dan layanan yang mereka hadirkan setelah memperoleh suntikan dana pemerintah melalui PMN agar bisa menghasilkan keuntungan untuk negara,” jelas Mahfudz di sela-sela kunjungan kerja reses Komisi VI DPR RI ke Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (22/4/2024).

Politisi PKS ini mengimbuhkan BUMN Pariwisata sudah semestinya berorientasi profit (mengejar keuntungan) agar mampu berkontribusi pada pemasukan negara. Negara seperti Jepang, Malaysia saat ini sangat serius mengelola industri pariwisatanya. Bagaimana Jepang berusaha memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke negaranya agar tiap tahun semakin bertambah.

“Malaysia juga melakukan semacam rekayasa engineering, misalnya sekolah di sana lebih murah, biaya berobat general check up di sana juga lebih murah sehingga orang tertarik ke sana. Kalau orang sudah ke sana walau tujuannya berobat, sekolah itu kan nantinya butuh menginap, belanja dan akan meningkatkan penerimaan devisa negara tersebut,” tukasnya.

Legislator asal Dapil Jawa Barat VI meliputi Kota Bekasi dan Kota Depok ini menilai bahwa BUMN Pariwisata dan Aviasi perlu melakukan upaya dan terobosan yang luar biasa dan menarik, apalagi Bali sudah menjadi tujuan wisata utama masyarakat dunia. Tinggal variabel masalahnya yang perlu diperhatikan misalnya infrastruktur, daya dukung ekosistem pariwisata harus dikelola dengan baik.

“Seperti di Bali ini kurang fasilitas kendaraan umum, apakah ini bagian dari produk kebijakan daerah. Betapapun itu kendaraan umum menurut saya diperlukan untuk masyarakat Bali termasuk wisatawan juga,” katanya.

Masalah lainnya, menumpuknya wisatawan di Bali seharusnya bisa diarahkan ke Nusa Tenggara Barat, ada Lombok, Senggigi, dimana daya dukung kultural dan kebijakan pemerintah daerahnya perlu ada paradigma baru di sana. Perlu juga edukasi kepada masyarakat agar dapat ramah dengan wisatawan yang datang dari berbagai mancanegara.

“Paket wisata yang menawarkan destinasi alternatif selain Bali menurut saya sangat baik dan perlu dilakukan agar wisatawan mancanegara mengenal lebih banyak daerah di Indonesia. Sama halnya saat kita keluar negeri juga ditawarkan paket kunjungan ke berbagai destinasi,” tutupnya.

Baca Selengkapnya

BERITA

BMTH Harus Beri Manfaat Besar Bagi Masyarakat Bali

Oleh

Fakta News
BMTH Harus Beri Manfaat Besar Bagi Masyarakat Bali
Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah saat diwawancarai Parlementaria usai mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI di Denpasar. Foto: DPR RI

Denpasar – Proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sedang dibangun di Pelabuhan Benoa, Bali, harus memberi manfaat yang besar bagi masyarakat Bali. Akses pekerjaan dan ekonomi harus dibuka secara luas.

Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah menyampaikan hal ini usai mengikuti pertemuan dengan para direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan BMTH tersebut, Senin (22/4). “Pelibatan masyarakat harus optimal. Masyarakat jangan sebagai bagian dari korban atau tikus mati di lumbung padi. Jangan sampai Bali go international tapi masyarakatnya secara ekonomi semakin menurun,” ucapnya.

Seperti diketahui, PT. Pelindo sedang membangun BMTH di Benoa, di atas areal ratusan hektar. Selain tempat bersandar kapal-kapal besar, kelak BMTH juga menjadi destinasi wisata, pusat perbelanjaan, konser musik, gerai UMKM, dan lain-lain. Semua fasilitas untuk para wisatawan yang datang dibangun, seperti kesehatan, keamanan, dan kebutuhan ekonomi lainnya.

Erma, sapaan akrab Siti Mukaromah berharap, pembangunan BMTH yang masif tidak meninggalkan masyarakat lokal. Akses pekerjaan jangan hanya diberikan kepada para pendatang atau orang asing. Masyarakat Bali harus dipastikan bisa ikut menikmati proyek strategis nasional itu.

“Jangan sampai orang Bali menjadi pengangguran ketika orang luar atau asing mendapatkan pekerjaan. Kita berharap, ketika membangun sebuah koneksi wisata dan pelabuhan harus betul-betul dipastikan masyarakat bisa menikmati,” seru Politisi PKB ini.

Baca Selengkapnya