Cegah Korupsi, Kota Tangerang Dorong Sedekah di Masjid Pakai QR Code

  • Fakta.News - 12 Jan 2019 | 10:27 WIB
Cegah Korupsi, Kota Tangerang Dorong Sedekah di Masjid Pakai QR Code
Sedekah di masjid masih dengan kotak amal(ilustrasi)

Jakarta – Masjid di Tangerang mulai menggunakan fasilitas teknologi kotak amal alias kencleng digital dalam transaksi sedekah. Fasilitas berbasis digital ini digunakan untuk memudahkan akses bagi warga Kota Tangerang yang hendak bersedekah.

Kencleng digital ini merupakan program kolaboratif antara Pemerintah Kota Tangerang dengan PT Veritra Sentosa Internasional, perusahaan teknologi keuangan atau fintech bernama Paytren. Nantinya, Jamaah yang hendak ingin bersedakah dapat langsung melakukan snap QR Code yang tersedia di tiap kencleng digital dan dana yang disedekahkan dapat langsung masuk ke rekening Masjid.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan pendiri Paytren Ustad Yusuf Mansur mengatakan keberadaan kencleng digital ini tidak bisa dilepaskan dari konteks dari arus digitalisasi yang menjadi semangat zaman hari ini. Keberadaannya juga seturut dengan visi Tangerang berbudaya digital yang menjadi kota cashless.

“Ini sekaligus awal dari upaya Kota Tangerang menjadi kota cashless,” kata Arief.

Pembayaran apa saja bisa lewat aplikasi teknologi atau cashless. “Artinya kelak tidak lagi menggunakan uang tunai. Sehingga, cara ini selain transparan juga menjauhkan  kesempatan untuk korupsi. “Saat ini membayar jasa jalan tol tidak lagi pakai uang tunai, sedekah pun tidak lagi pakai uang receh langsung menggunakan kode QR dengan Paytren,” kata Arief.

Menurut Arief, Yusuf Mansur telah memenuhi janjinya untuk membantu masyarakat Kota Tangerang dalam soal teknologi keuangan. “Buatan Cipondoh, Kota Tangerang untuk Indonesia,” kata Arief merujuk Cipondoh, tempat tinggal Yusuf Mansur.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar