SPAM Metropolitan Bandung Raya Diresmikan

  • Fakta.News - 12 Jan 2019 | 18:46 WIB
SPAM Metropolitan Bandung Raya Diresmikan
SPAM Metropolitan Bandung Raya

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyelesaikan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Metropolitan Bandung Raya Wilayah Selatan Tahap I. Peresmian beroperasinya SPAM Regional tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi oleh Bupati Bandung Dadang M Naser, Ketua Badan Peningkatan Penyelenggaraan SPAM (BPPSPAM) Bambang Sudiatmo dan Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Amir Hamzah, di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Kamis (10/1/2019).

Gubernur Ridwan Kamil, memberikan apresiasi kepada berbagai pihak terkait yang turut mendukung pembangunan SPAM Regional Metropolitan Bandung Raya. Kapasitas SPAM sebesar 700 liter/detik, namun untuk Tahap I baru digunakan 350 liter/detik untuk melayani kebutuhan air minum Kota Bandung sebesar 200 liter/detik untuk 16.000 Sambungan Rumah atau sekitar 80 ribu jiwa dan melayani Kabupaten Bandung dengan kapasitas 150 liter/detik untuk 12.000 SR atau sekitar 60 ribu jiwa.

“SPAM ini menggunakan teknologi terbaru namanya SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), di mana pengolahannya tidak seperti yang dulu yakni outdoor, namun sekarang sudah _indoor_, _computerized_, dan otomatis,” paparnya. Teknologi SCADA memiliki keunggulan hemat energi karena sistem distribusi secara gravitasi dan adanya pengolahan dan daur ulang air buangan dari IPA, domestic dan air hujan. Terdapat ruang control untuk memonitor seluruh instalasi air yang ada di SPAM tersebut.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar