Sudah Lampaui Target Nasional, Program Penciptaan Lapangan Kerja Tetap Dimaksimalkan

  • Fakta.News - 9 Jan 2019 | 00:02 WIB
Sudah Lampaui Target Nasional, Program Penciptaan Lapangan Kerja Tetap Dimaksimalkan
Ilustrasi Pekerja IndonesiaAndi Tomang / Fakta.News

Jakarta – Meski sudah melampaui target nasional, penciptaan dua juta lapangan kerja per tahun tetap dimaksimalkan. Hal ini ditegaskan kembali oleh Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Ketenagakerjaan Tahun 2019, Hanif menyampaikan bahwa hingga Desember 2018 sudah tercipta 10.340.690 lapangan kerja baru.

“Meskipun telah mencapai target, namun penciptaan dua juta lapangan kerja pada tahun 2019 harus tetap dilaksanakan,“ katanya, Selasa (8/1).

Baca Juga:

Untuk tahun ini, katanya, penciptaan lapangan kerja baru tetap dilakukan dengan program penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja. Dengan begitu totalnya nanti diharapkan bisa mencapai 12 juta pada tahun depan sejak 2015.

“Penciptaan lapangan kerja harus tetap dilaksanakan melalui informasi pasar kerja, penempatan tenaga kerja dalam dan luar negeri, dan perluasan kesempatan kerja. Itu bisa seperti padat karya atau wirausaha baru, tenaga kerja mandiri, serta inkubasi bisnis,“ terang Hanif.

Sementara soal arahan dan komitmen Presiden Joko Widodo untuk fokus pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Kemenaker terus melakukan perbaikan. Selain itu, sejumlah percepatan dan terobosan dalam pelaksanaan program dan anggaran 2019 juga diutamakan.

“Komitmen dan kepedulian Presiden dalam pembangunan SDM itu dinyatakan secara konkret dalam keberpihakan anggaran. Di mana anggaran Kemnaker meningkat dari Rp3,991 triliun pada tahun 2018 menjadi Rp5,785 Triliun pada tahun 2019.”

“Sebagian besar itu digunakan untuk pembangunan SDM,” kata Hanif.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar