Connect with us

Pramono Anung: Pemerintah Lakukan Percepatan Program Insentif Tangani Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi

Seskab pada acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Komunikasi ke-60 Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (18/9).

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung menyampaikan bahwa Pemerintah melakukan percepatan seluruh program insentif untuk menangani pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional saat Pandemi Covid-19.

“Anggaran yang dialokasikan hampir Rp700 triliun. Alokasi yang utama untuk belanja kesehatan, perlindungan sosial, sektoral, dan pemda, dukungan UMKM, pembiayaan korporasi, dan insentif usaha,” ujar Seskab pada acara Dies Natalis Fakultas Ilmu Komunikasi ke-60 Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Jumat (18/9).

Lebih lanjut, Seskab menyampaikan bahwa alokasi anggaran cukup besar, tetapi tentunya memerlukan pengawasan bersam agar jangan sampai ada yang memanfaatkan dalam kondisi pandemi ini.

“Anggaran digunakan untuk pembelian alat kesehatan, untuk tenaga kerja kesehatan, untuk membantu lapisan terbawah. Yang menerima PKH 10 juta, yang menerima Kartu Sembako Rp20 juta, yang menerima Kartu Prakerja 5,6 juta dan seterusnya. Termasuk adalah percepatan belanja APBD daerah,” kata Seskab.

Pemerintah, lanjut Seskab, pada awalnya membentuk gugus tugas sebagai pelaksana percepatan penanganan Covid-19. Ia menambahkan bahwa Gugus tugas ini bertugas untuk meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan, mempercepat penanganan Covid-19 di daerah dan kementerian/lembaga, antisipasi eskalasi penyebaran Covid-19, dan kemudian juga mencegah, mendeteksi, merespons Covid-19.

“Strategi yang digunakan oleh pemerintah dalam hal ini menggunakan public figure, prominent people, orang-orang yang mempunyai pengaruh di lapangan. Kalau kita lihat pada hari ini, relatif persoalan yang berkaitan dengan hoax sudah mengalami penurunan yang sangat drastis,” imbuh Seskab.

Lebih lanjut, Seskab menjelaskan bahwa Pemerintah menyampaikan Covid-19 lebih soft agar mengurangi kekhawatiran masyarakat dari hari ke hari dan waktu sehingga justru menurunkan imun sendiri.

“Melalui Perpres Nomor 82 Tahun 2020, Pemerintah menyadari tidak cukup hanya hal yang berkaitan dengan kesehatan. Persoalan ekonomi menjadi persoalan yang juga harus diatasi oleh pemerintah. Maka, dibentuklah Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujarnya.

Tugas komite ini, menurut Seskab, berkaitan dengan kesehatan, melaksanakan dan mengendalikan implementasi dari kebijakan strategis penanganan Covid-19 dan pemulihan, serta pelaksanaan kebijakan strategis tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan.

“Bagaimana pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan itu sendiri, dan yang tidak kalah penting adalah kebijakan serta langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan transformasi ekonomi nasional,” imbuhnya.

Kesehatan, menurut Seskab, menjadi prioritas utama, karena jikalau kesehatan tidak bisa ditanggulangi, tentu permasalahan ekonomi dari waktu ke waktu akan menjadi persoalan dan juga akan hambatan bagi investasi yang ada di negara ini.

Pemerintah, menurut Seskab, menyadari dan memberikan prioritas bahwa kesehatan menjadi yang utama. Untuk itu, Seskab menyampaikan bahwa Pemerintah melakukan sinergi dengan lembaga dan juga dengan perguruan tinggi dalam percepatan penanganan dan pembuatan vaksin ini.

“Presiden telah mengeluarkan Keppres Nomor 18 Tahun 2020 dan memberikan tugas kepada Menristek/Kepala BRIN untuk mengembangkan vaksin sendiri, yang disebut dengan vaksin merah putih. Vaksin merah putih ini bekerja sama lembaga peneliti, perguruan tinggi, kementerian/lembaga, dan seluruh stakeholder lainnya,” ungkap Seskab.

Dalam penanganan yang berkaitan dengan vaksin kerja sama Indonesia dengan China, Seskab menyampaikan bahwa saat ini telah dikembangkan vaksin yang disebut dengan vaksin Sinovac. Unpad, lanjut Seskab, telah menjadi pionir sebagai perguruan tinggi satu-satunya yang ditunjuk oleh PT Bio Farma sebagai pelaksana uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac, karena Unpad memiliki laboratorium sentral biosafety level 3 yang digunakan bersama Bio Farma untuk melakukan pengujian itu.

“Presiden dan kami telah melakukan kunjungan, mudah-mudahan pada bulan Desember, paling lama Januari kita telah bisa menyuntikkan vaksin Sinovac yang pada saat ini telah disuntikan kepada 1.620 relawan yang ada di Kota Bandung,” jelas Seskab.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Novita Wijayanti: Perlu Perbaikan dan Pelayanan dalam Evaluasi Mudik 2024

Oleh

Fakta News
Novita Wijayanti: Perlu Perbaikan dan Pelayanan dalam Evaluasi Mudik 2024
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti. Foto : DPR RI

Jakarta – Pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan Lebaran terus menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Terlebih, setiap tahun pelaksanaannya terus mengalami tantangan yang cukup signifikan.

Terkait hal itu, Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengapresiasi seluruh pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan lebaran 2024 yang telah berlangsung dengan baik. Meski, terdapat sejumlah catatan atau evaluasi dalam pelaksanaannya.

“Pemerintah telah mengambil langkah dalam meningkatkan infrastruktur dan mengatur sistem transportasi. Namun, peningkatan jumlah pemudik dan kepadatan lalu lintas masih menjadi permasalahan utama,” ujar Novita dalam wawancara tertulis kepada Parlementaria, di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut dikatakan oleh Legislator dari Dapil Banyumas-Cilacap (Jawa Tengah VIII) ini, peran koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan operator transportasi serta pihak terkait lainnya masih perlu ditingkatkan.

“Komunikasi yang lebih efektif dan perencanaan yang matang diperlukan untuk menghindari kemacetan yang berlebihan dan memastikan keselamatan pemudik,” tandas Politisi Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Tak hanya itu, Novita juga mencatat perlunya peningkatan pengawasan yang lebih ketat terhadap protokol kesehatan di tempat-tempat peristirahatan dan terminal, guna mencegah penyebaran penyakit. Terlebih, lanjutnya, di tengah cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kondisi tubuh para pemudik.

Kendati demikian, Novita mengapresiasi secara keseluruhan pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan lebaran 2024 yang baru saja selesai terselenggara. Dirinya berharap, perbaikan dan peningkatan pelayanan dapat terus dilakukan di setiap tahunnya.

“Secara keseluruhan, meskipun ada beberapa perbaikan yang telah dilakukan, tentunya masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan kenyamanan pelaksanaan arus mudik dan balik angkutan lebaran di masa mendatang,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya

BERITA

Penguatan Konten Kearifan Lokal Bali Diharapkan Semakin Meningkatkan Industri Pariwisata

Oleh

Fakta News
Penguatan Konten Kearifan Lokal Bali Diharapkan Semakin Meningkatkan Industri Pariwisata
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari saat memimpin pertemuan Kunjungan Kerja Reses Komisi I DPR RI ke LPP RRI Denpasar, Bali, Kamis (18/4/2024). Foto: DPR RI

Denpasar – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari memimpin Kunjungan Kerja Reses Komisi I DPR RI ke LPP RRI Denpasar, Bali. Dalam kunjungan ini Komisi I DPR RI memberikan perhatian serius pada konten kearifan lokal di Bali. Dengan kuatnya konten kearifan lokal yang ada di Bali maka diharapkan kedepan akan semakin meningkatkan industri pariwisata yang ada di Bali.

“Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi I DPR RI mendorong LPP RRI Denpasar Bali untuk selalu mengupdate program siaran bermuatan kearifan lokal secara multiplatform guna mendorong peningkatan pariwisata di Bali,” papar Politisi Fraksi PKS itu di kantor LPP RRI Denpasar, Bali, Kamis (18/4/2024).

Kearifan lokal merupakan suatu identitas budaya sebuah bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap, bahkan mengolah kebudayaan yang berasal dari luar bangsa lain menjadi watak dan kemampuan sendiri. Kearifan lokal juga merupakan ciri khas etika dan nilai budaya dalam masyarakat lokal yang diturunkan dari generasi ke generasi. Konten kearifan lokal merupakan suatu muatan yang ditampilkan kepada masyarakat melalui media yang menampilkan kebudayaan suatu bangsa.

Komisi I mendorong LPP RRI turut andil dalam mempertahankan kearifan lokal di tiap satuan kerja (Satker) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tiap Satker dari Sabang sampai Merauke, berperan penting untuk mengikat kearifan lokal yang menjadi ciri khas LPP RRI selama ini. Sebagai gambaran,  siaran RRI sendiri terdiri dari PRO 1 hingga PRO 4. Khusus PRO 4, merupakan program yang menyajikan konten kearifan lokal yang tersebar di kota-kota yang memiliki potensi budaya besar, termasuk Denpasar Bali.

Promosi kearifan lokal budaya di Bali dapat dilakukan dengan memanfatkan media massa seperti media elektronik, media cetak, dan media online maupun media sosial lainnya. LPP RRI turut menyajikan  konten yang sesuai dengan sasaran wisatawan.  LPP RRI Denpasar telah menyediakan saluran khusus untuk Budaya Bali melalui PRO 4, dengan menggunakan bahasa Bali untuk berkomunikasi dengan pendengar dan narasumber.

Baca Selengkapnya

BERITA

Evaluasi Antrean Panjang Mudik, ASDP Harus Perbaiki Manajemen Tiket via Aplikasi Ferizy

Oleh

Fakta News
Evaluasi Antrean Panjang Mudik, ASDP Harus Perbaiki Manajemen Tiket via Aplikasi Ferizy
Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama. Foto: DPR RI

Jakarta – Peristiwa terjadinya puluhan pemudik yang sempat memblokade jalan menuju kapal Eksekutif Bakauheni, Lampung, Minggu (14/04/2024) belum lama ini menuai respon dari Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama. Para pemudik mobil ini, imbuh pria yang akrab disapa SJP, memprotes karena petugas mendahulukan kendaraan yang terakhir tiba.

“PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP meminta maaf dan menyebut bahwa ada kesalahan jalur antrean karena kekeliruan pengarahan pengguna jasa atau pemudik yang giliran masuk kapal,” ujar SJP sebagaimana keterangan resmi yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Masalah tersebut, tandas Politisi Fraksi PKS ini, semakin menambah panjang daftar kesalahan ASDP dalam memberikan pelayanan bagi pemudik di lintasan penyeberangan kapal feri Merak-Bakauheni.

“Sebelumnya, jalan menuju Pelabuhan Merak, Banten sempat mengalami kemacetan hingga belasan kilometer selama 5-12 jam karena banyaknya kendaraan atau masyarakat yang belum memiliki tiket kapal feri, tapi tetap datang ke pelabuhan,” terangnya.

Sebagaimana data ASDP, ungkap Suryadi, total masyarakat yang belum memiliki tiket mudik pada 6-7 April lalu sebanyak 19.700 orang atau 32 persen. Sementara calon penumpang yang sudah mempunyai tiket hanya 68 persen.

“Padahal ASDP sudah mewajibkan pengguna jasa membeli tiket secara daring via aplikasi Ferizy dengan radius maksimal 4,7 km dari Pelabuhan Merak dan sudah bertiket maksimal H-1 keberangkatan demi menghindari terjadinya antrean kendaraan dan penjualan tiket oleh calo,” tuturnya.

Namun di lapangan, masih banyak ditemukan para calon penumpang masih membeli tiket di Pelabuhan Merak dari agen-agen penjualan. Tanpa berbekal tiket, lanjut SJP, para pemudik ini tetap nekat berangkat menuju Pelabuhan Merak. Akibatnya, mereka berdesakan dengan para pemudik yang sudah membeli tiket. Karena mereka masih yakin bisa memperoleh tiket di Pelabuhan dan faktanya masih bisa mendapatkannya melalui agen-agen penjualan tidak resmi.

“Kita meminta agar alasan para pemudik datang langsung ke pelabuhan untuk membeli tiket tanpa menggunakan aplikasi Ferizy ini dievaluasi oleh pihak ASDP dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) karena banyaknya keluhan pembeli tiket terkait aplikasi ini,” pungkas SJP.

Rating 2,5 dan ulasan-ulasan buruk terhadap Ferizy di Google Play Store, kata Suryadi, dapat menjadi bahan evaluasi tersebut. Misalkan kuota pemesanan tiket begitu cepat habis yang kemungkinan besar sudah diborong oleh calo yang kemudian menawarkannya di sekitar pelabuhan, bahkan ada yang hilang uangnya setelah melakukan pembayaran dan masih banyak lagi.

Baca Selengkapnya