Plastik Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Jerami

  • Fakta.News - 14 Jul 2018 | 08:10 WIB
Plastik Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Jerami
Dr. Tim Bugg dan rekannya berhasil menciptakan plastik ramah lingkungan dari bahan jerami(Foto: warwick.ac.uk)

Inggris – Plastik di masa depan, adalah plastik ramah lingkungan karena mudah terurai secara alami. Plastik berbahan dasar jerami yang berhasil diciptakan para ilmuwan itu, untuk botol minuman kemasa.

Menciptakan produk ramah lingkungan, tentunya menjadi sebuah keharusan di abad milenial ini. Salah satunya adalah produk plastik yang telah menjadi barang yang dipakai sehari hari.

Selama ini, botol minuman berbahan plastik, misalnya, menjadi problem polusi, karena sampahnya yang tidak bisa hancur secara alami.

Dengan berlatar kondisi ini, ilmuwan Universitas of Warwick Inggris  berhasil  menciptakan bioplastik pertama dari jerami gandum. Bioplastik ini suatu bentuk plastik ramah lingkungan yang terbuat dari jerami, yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat botol kemasan sekali pakai.

Para ilmuwan Inggris ini, melalui proyek penelitiannya, juga menemukan cara untuk ‘mengedit’ gen mikroba dalam mempercepat konversi bahan tanaman menjadi bioplastik yang terurai secara alami.

“Terobosan yang menakjubkan untuk pelestarian lingkungan kita,”ungkap Dr Tim Bugg, Profesor Kimia Biologi yang memimpin penelitian di Universitas of Warwick tersebut, seperti dilansir Dailymail, 5 Juli 2018 lalu.

BACA JUGA:

Tulis Komentar