Connect with us

Pilkada Makassar, Danny-Fatma Berjaya Ungguli Kontestan Lainnya

Makassar – Pilwalkot Makassar 2020 berlangsung serentak bersama 11 daerah kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (9/12) kemarin. Pasangan Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Makassar nomor urut 1 Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Fatmawati Rusdi berhasil unggul di Pilwalkot Makassar 2020 berdasarkan hasil hitung cepat atau quick sejumlah lembaga survei.

Hingga data quick count memasuki 100 persen, Paslon yang diusung Partai NasDem dan Gerindra itu kian berjaya di Kota Makassar. Hasil data quick count dari sejumlah lembaga survei yang tuntas pada sore sekitar 17.00 Wita, Danny-Fatma kian berjaya di Kota Makassar.

Dari quick count yang dilakukan CRC, Danny-Fatma unggul dengan 41,21% suara, disusul Appi-Rahman 34,84%, Deng Ical-dr Fadli 19,04%, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH 4,86%.

Demikian halnya quick count yang dilakukan LSI, Danny-Fatma menang dengan 41,50% suara, disusul Appi-Rahman 34,66%, Deng Ical-dr Fadli 19,09%, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH 4,75%.

Paslon nomor urut 2 di Pilwalkot Makassar, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) menjadi lawan pertama Danny-Fatma yang mengucapkan selamat atas kemenangan Danny-Fatma versi quick count. Ucapan selamat pertama kali disampaikan Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, Erwin Aksa.

“Kami mengucapkan selamat kepada Danny dan Fatma. Sore ini kita sudah lihat hasil quick count dan tabulasi perolehan suara milik kita. Hasilnya memang tidak jauh beda,” kata Erwin Aksa, Rabu (9/12).

Erwin mengisyaratkan pihaknya tidak ada niat untuk membawa hasil Pilwalkot Makassar nantinya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mempersilakan Danny-Fatma untuk fokus membangun Makassar.

“Saya kira kami sudah ucapkan selamat. Sekarang kita biarkan wali kota dan wakil wali kota terpilih untuk segera bekerja membenahi Kota Makassar,” kata Erwin.

Sementara itu, Appi dalam ucapan selamat yang disampaikan mendoakan Danny-Fatma menjadi pemimpin amanah serta kepemimpinannya bisa membawa Makassar lebih baik lagi.

“Kami doakan menjadi pemimpin yang amanah. Kepada pendukung Appi-Rahman, kami sudah berbuat yang terbaik. Hasil ini jangan membuat kita sedih. Besok kita semua sudah harus jadi satu untuk Makassar,” kata Appi.

Menanggapi kemenangannya versi hitung cepat, Danny memuji kedewasaan politik 3 lawannya di Pilwalkot Makassar, yakni Appi Rahman, Deng Ical-dr Fadli Ananda (DILAN), dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH (IMUN). Dia lalu mengajak ketiga paslon itu untuk ikut memperkuat visi-misinya membangun Makassar.

“Bahwa banyak ide-ide menarik dari IMUN, ide-ide menarik dari DILAN, dan ide-ide menarik dari Appi-Rahman. Saya kira karena kami dipersatukan cinta terhadap Makassar ke depan, maka alangkah baiknya kalau ada beberapa poin yang bisa memperkuat poin-poin yang kita ajukan dalam visi misi,” ujar Danny kepada wartawan di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (9/12).

Danny lalu menanggapi hasil quick count sejumlah lembaga survei yang memenangkannya. Menurutnya, quick count hanya lah tanda-tanda kemenangan, dan kemenangan yang pasti ialah perhitungan versi KPU nantinya.

“Jadi saya kira kita menunggu hasilnya, ini kan baru tanda-tanda kemenangan. Walaupun Pak Appi sudah menyampaikan selamat, saya sangat menghargai dan insyaallah itu menjadi kenangan yang baik dalam politik sehat di Kota Makassar. Dan saya juga terima kasih kepada Pak Appi-Rahman, kepada DILAN, dan IMUN yang sudah bersama-sama menyemarakkan Pilkada ini,” imbuhnya.

Danny menyebut raihan 41,42 peren suara menurut quick count ialah suara strong voter, simak selengkapnya di halaman selanjutnya>>>

Danny menuyebut raihan 41,42 persen suara menurut quick count merupakan suara strong voter-nya.

“Sesungguhnya adalah sejak survei awal yang paling menarik adalah 41 persen adalah strong voter saya, tadinya dicurigai bukan strong voter, diukur strong voter saya 20 persenan, tapi ternyata begitu disurvei selalu tetap 41 persen,” kata Danny dalam acara d’Rooftalk yang tayang di detikcom, Rabu (9/12).

“Berarti memang sejak awal angka ini bukan angka baru lagi ya, tapi 41 persen orang Makassar itu menjadi bagian dari strong voter saya, jadi pengikut setialah,” lanjutnya.

Atas kemenangan hasil hitung cepat ini, Danny menyebut paslon lain yang menjadi lawannya telah memberikan ucapan selamat. Meski begitu, dia tetap akan membuka ruang untuk mengakomodasi visi-misi paslon lain untuk menjadi program membangun Kota Makassar.

“Semua paslon sudah menelepon. Artinya, dengan konsolidasi seperti ini, saya kira inilah yang dibutuhkan, kita menyatukan lagi karena kami berempat kan punya satu hal yang sama membangun Makassar, dan saya kira visi-misi kami pun punya ruang untuk mengakomodasi visi-misi teman yang lain,” ujarnya.

“Yang paling kita respek dari saya kepada teman lain inilah kedewasaan politik orang-orang Makassar di mana rakyatnya cerdas, politisinya juga cerdas. Dengan kecerdasan ini, saya kira ini kesempatan untuk membangun Makassar yang lebih baik seperti visi-misi ke masyarakat,” imbuh Danny.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat

Oleh

Fakta News
Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan nilai impor Migas (Minyak dan Gas) nasional dari Singapura yang semakin hari bukan semakin berkurang, melainkan semakin meningkat. Menurutnya, hal ini merupakan kabar buruk bagi pengelolaan Migas nasional.

Hal tersebut diungkapkannya menyusul rencana Menteri ESDM yang akan menaikkan impor BBM menjadi sebesar 850 ribu barel per hari (bph), terutama dari Singapura. “Pemerintah jangan manut saja didikte oleh mafia migas. Harus ada upaya untuk melepas ketergantungan impor migas. Paling tidak impor migas ini harus terus-menerus dikurangi. Jangan sampai pemerintah tersandera oleh mafia impor migas,” ungkap Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Untuk itu, lanjut Politisi dari Fraksi PKS ini, perlu adanya terobosan berarti terkait upaya pembangunan dan pengelolaan kilang minyak nasional di tanah air. Pasalnya, Sejak Orde Baru belum ada tambahan pembangunan kilang minyak baru, sementara rencana pembangunan Kilang Minyak Tuban, sampai hari ini tidak ada kemajuan yang berarti.

“Masa kita kalah dan tergantung pada Singapura, karena kita tidak punya fasilitas blending dan storage untuk mencampur BBM. Padahal sumber Migas kita tersedia cukup besar dibandingkan mereka,” tambahnya.

Mulyanto berharap Pemerintah mendatang perlu lebih serius menyelesaikan masalah ini. Hal itu jika memang ingin mengurangi defisit transaksi berjalan sektor migas serta melepas ketergantungan pada Singapura. Diketahui, Singapura dan Malaysia memiliki banyak fasilitas blending dan storage yang memungkinkan untuk mencampur berbagai kualitas BBM yang diproduksi dari berbagai kilang dunia, untuk menghasilkan BBM yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Karena kita tidak memiliki fasilitas ini maka kita terpaksa mengimpor BBM sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kita dari negara jiran tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi minyak nasional saat ini hanya mencapai sekitar 600 ribu barel per hari, sementara kebutuhan mencapai 840 ribu barel per hari. Kekurangan tersebut harus ditutupi melalui impor, dengan 240 ribu barel per hari berasal dari minyak mentah dan 600 ribu barel per hari dari BBM.

Baca Selengkapnya

BERITA

Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh

Fakta News
Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024). Foto : DPR RI

Denpasar – Proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sedang dibangun di Pelabuhan Benoa, diharapkan mampu memulihkan ekonomi nasional, selain mempromosikan pariwisata Bali lebih luas lagi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memberi sambutan pembuka pada pertemuan Komisi VI dengan sejumlah direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan BMTH. Komisi VI berkepentingan mengetahui secara detail progres pembangunan proyek strategi nasional tersebut.

“Ini proyek strategis nasional  (PSN) yang diharapkan mampu  memulihkan ekonomi nasional melalui kebangkitan pariwisata Bali. Proyek BMTH diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata Bali pasca pandemi Covid 19,” katanya saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024).

Dijelaskan Martin, PSN ini dikelola PT. Pelindo  III  yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI. Proyek ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, seperti PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Pertamina Gas Negara, dan pihak terkait lainnya, agar bisa bekerja optimal dalam memulihkan ekonomi nasional. Pariwisata Bali yang sudah dikenal dunia juga kian meluas promosinya dengan eksistensi BMTH kelak.

Proyek ini, sambung Politisi Fraksi Partai Nasdem tersebut, memang harus dikelola secara terintegrasi. Namun, ia menilai, progres pembangunan BMTH ini cenderung lamban. Untuk itu, ia mengimbau semua BUMN yang terlibat agar solid berkolaborasi menyelesaikan proyek tersebut.

Baca Selengkapnya

BERITA

Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Oleh

Fakta News
Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengungkapkan bahwa konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang signifikan, terutama dalam segi harga minyak mentah dunia (crude palm oil/CPO).

“Konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik. Terutama dalam segi harga minyak mentah dunia,” ujar Roro dalam siaran pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Meski, saat ini harga minyak mentah dunia masih terpantau cukup stabil, dan per tanggal 22 April 2024 pukul 16.00, harga untuk WTI Crude Oil berada pada kisaran 82,14 dolar AS per barel, dan untuk Brent berada pada kisaran 86,36 dolar AS per barel. Namun, konflik di jazirah arab itu berpotensi menimbulkan kenaikan harga minyak mentah dunia, yang bisa menembus 100 dolar AS per barel.

Terkait dengan dampak dari konflik geopolitik terhadap kondisi harga BBM di dalam negeri tersebut, Politisi dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan bahwa dari pihak pemerintah, melalui Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, telah menegaskan dan memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik akibat konflik ini, paling tidak sampai bulan Juni 2024 ini.

“Untuk selanjutnya, Pemerintah masih perlu melihat dan mengobservasi lebih lanjut terlebih dahulu. Saya berharap agar dampak dari eskalasi konflik di Timur Tengah ini masih bisa ditahan dan diatasi oleh Pemerintah Indonesia, sehingga kenaikan BBM masih bisa dihindari,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya