Rici Solihin Petani Muda yang Sukses Gara-gara Harvest Moon

  • Fakta.News - 22 Mar 2018 | 15:43 WIB
Petani Muda yang Sukses Gara-gara Harvest Moon
Rici Solihin, Potret pemuda yang sukses karena pertanian(Foto: Dok. Pribadi)

Bandung – Bagi pemuda zaman sekarang, petani mungkin salah satu profesi yang tak akan dilirik. Selain dinilai kuno, masa depan petani dipandang tak cerah. Hal ini pun diperkuat dengan semakin banyaknya petani yang juga banting setir lantaran ingin lebih sejahtera.

Namun tidak bagi Rici Solihin. Walau diterpa berbagai ujian, pemuda asal Bandung tersebut bisa sukses menjadi petani. Rici bahkan berhasil menginspirasi banyak orang dan aktif sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor.

Menurutnya, kekayaan alam Indonesia adalah salah satu hal yang mendasar untuk menjatuhkan pillihannya terjun di bidang pertanian. Ia pun melihat potensi yang sebenarnya sangat besar bagi petani.

“Sejak kecil keluarga saya sering berpindah-pindah tempat tinggal, kami biasa tinggal di daerah dataran tinggi seperti Bandung, Garut, Sukabumi hingga Pangalengan yang banyak lahan pertanian. Kemudian saya mempunyai cita-cita untuk mempunyai lahan pertanian sendiri, maka dari itu saat kecil saya senang sekali main game yang berbau pertanian seperti Harvest Moon atau Greenhouse,” tutur Rici.

“Lalu saat saya sudah menginjak bangku perkuliahan, saya main ke kampung halaman saya di daerah Bandung Barat, banyak petani yang terjerat tengkulak karena mereka tidak memiliki akses pasar. Inilah latar belakang pertama saya mengembangkan bisnis pertanian di kampung halaman,” lanjutnya.

BACA JUGA:

Tulis Komentar