Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde “Perdagangan Selalu Menjadi Penggerak Utama Ekonomi”

  • Fakta.News - 27 Feb 2018 | 14:16 WIB
“Perdagangan Selalu Menjadi Penggerak Utama Ekonomi”
Christine Lagarde

Jakarta kemarin cukup dihebohkan atas berita kedatangan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetery Fund/ IMF), Christine Lagarde. Wanita yang pernah menjabat Menteri Urusan Ekonomi, Keuangan dan Perindustrian Perancis tersebut datang ke Indonesia dengan bermacam agenda, salah satunya membahas rencana pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali, Agustus 2018.

Christine Madeleine Odette Lagarde, nama lengkapnya, resmi menjabat pada 5 Juli 2011 lalu. Ia diangkat oleh Presiden Nicolas Sarkozy pada Juni 2007.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Perikanan dan Menteri Perdagangan pada pemerintahan Dominique de Villepin. Lagarde sendiri merupakan perempuan pertama yang pernah menjabat menteri Urusan Ekonomi dalam kelompok ekonomi G8, dan menjadi perempuan pertama yang menjabat pemimpin IMF.

Lagarde dikenal sebagai seorang pengacara anti-trust dan perburuhan terkemuka. Pernah mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang menjabat direktur sebuah perusahaan konsultan hukum internasional Baker & McKenzie.
Pada 16 November 2009, The Financial Times memilihnya sebagai menteri keuangan terbaik di kalangan negara-negara yang menggunakan mata uang Euro.

Lalu pada 2009 juga Lagarde menduduki tempat ke-17 sebagai perempuan yang paling berkuasa di dunia menurut majalah Forbes, dan pada 28 Juni 2011, ia diangkat sebagai direktur kepala Dana Moneter Internasional berikutnya untuk masa jabatan lima tahun, mulai pada 5 Juli 2011, menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Lagarde bergabung dengan Baker & McKenzie pada 1981. Dia bergabung dengan komite eksekutifnya pada 1995 dan terpilih sebagai Ketua pada Oktober 1999. Pada 2004, Lagarde menjadi presiden Komite Strategis Global.

Minat pribadinya dalam urusan-urusan Eropa menyebabkan ia membuka Pusat Hukum, sebuah kantor Baker & McKenzie di Brussels yang semata-mata dikhususkan pada praktik hukum Uni Eropa.

Dirinya selalu menyerukan bahwa perdagangan selalu menjadi penggerak utama ekonomi. Ia pun kerap mendorong negara berkembang untuk bisa terus meningkatkan kerja sama internasional karena dinilai bisa mempercepat pertumbuhan ekonominya sendiri dan kawasan.

Novianto

BACA JUGA:

Tulis Komentar