Percepatan Infrastruktur dan Transformasi Ekonomi Indonesia

Eddy Cahyono Sugiarto
Tenaga Ahli Kedeputian I Kantor Staf Presiden
  • Fakta.News - 20 Mei 2018 | 21:03 WIB
Percepatan Infrastruktur dan Transformasi Ekonomi Indonesia

Visi besar para Founding Father Indonesia terefleksi dalam Pembukaan UUD 1945 alenia kedua. Isinya menyebutkan, secara tegas menyatakan keinginan untuk mewujudkan masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat adil dan makmur. Perwujudan visi tersebut, ditempuh dengan percepatan infrastruktur dan transformasi eknomi Indonesia.

Visi tersebut sejatinya merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan bangsa Indonesia. Visi itu menimbulkan kesadaran bersama, bahwa langkah sekarang akan menentukan keadaan yang akan datang.

Perkembangan ekonomi global yang terjadi dewasa ini, menuntut  “kecepatan” dalam mentrasformasikan ekonomi. Tentu, agar inheren dengan upaya menciptakan keadilan dan kemakmuran  bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Sekaligus,  menjadi tantangan tersendiri  bagi setiap periode pemerintahan.

Peningkatan keadilan,  kemakmuran dan kesejahteraan rakyat  perlu terus diupayakan  oleh setiap pemerintahan. Caranya,  dengan memastikan implementasi visi misi  dalam bentuk RPJMN, RKP, program dan kegiatan  sektoral berjalan di tataran praksis.

Fokus pada manajemen strategik, memastikan langkah-langkah strategis dalam  menetapkan prioritas nasional. Program prioritas dan kegiatan prioritas  serta memastikan pengendalian, menjadi sangat penting  dalam menjamin  percepatan implementasinya .

Percepatan transformasi ekonomi Indonesia, yang salah satunya dapat dilakukan melalui percepatan pembangunan infrastruktur,  memiliki peran strategis. Peran strategis itu sebagai  prasyarat, menjaga keberlanjutan pertumbuhan ekonomi Indonesia.  Agar  rata-rata  pertumbuhan ekonominya mencapai 6% – 6,4% sampai dengan 2045,  guna menjadikan Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045.

Baca Juga: Indonesia akan Terus Lakukan Reformasi untuk Hadapi Guncangan Perekonomian Global

BACA JUGA:

Tulis Komentar