Ketua PJH: Puluhan Tahun Pelanggaran HAM Terjadi di Panti Rehabilitasi Sosial Disabilitas Mental

  • Fakta.News - 6 Des 2018 | 21:00 WIB
Ketua PJH: Puluhan Tahun Pelanggaran HAM Terjadi di Panti Rehabilitasi Sosial Disabilitas Mental
Diskusi tentang “Tanggung Jawab Negara terhadap penanganan Penyandang Disabilitas Mental dalam Perspektif HAM” di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (6/12).(Foto: Fakta.news)

Jakarta – Setiap manusia yang ada di muka bumi ini tentu memiliki Hak Asasi Manusia (HAM). Begitu pula dengan kaum disabilitas mental yang ada di tempat rehabilitasi sosial.

Kendati demikian, hal ini berbanding terbalik dari apa yang dibayangkan. Sebab, berdasarkan temuan dari Perhimpunan Jiwa Sehat (PJH) dilapangan, penanganan para penyandang disabilitas mental ini sudah sangat memprihatinkan dan tidak berprikamnusiana. Hal ini pun sudah terjadi sejak puluhan tahun.

Baca juga:

Ketua Perhimpunan Jiwa Sehat (PJH), Yenni Rosa Damayanti mengatakan, pelanggaran HAM yang terjadi di panti rehabilitas sosial ini sudah pernah dilaporkan ke Kementerian Sosial (Kemensos). Namun, laporan itu seakan tidak ada tindaklanjutnya dari Kemensos.

“Ini sudah puluhan tahun. Kita berkali-kali melaporkan kepada Kementerian Sosial dan hampir tidak ada langkah apapun juga. Sehingga kita minta tolongnya ke Kementerian Hukum dan HAM,” ujarnya dalam acara Worksop yang mengangkat tema “Tanggung Jawab Negara terhadap penanganan Penyandang Disabilitas Mental dalam Perspektif HAM” di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Kamis (6/12).

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar