Kearifan Lokal Mengenal Raja Si Singamangaraja XII Tokoh Pluralis dari Tanah Batak

  • Fakta.News - 10 Feb 2018 | 02:03 WIB
Mengenal Raja Si Singamangaraja XII Tokoh Pluralis dari Tanah Batak
Lukisan Si Singamangaraja karya Augustin Sibarani(Ilustrasi)

Siapa yang tak mengenal nama Raja Si Singamangaraja XII, tokoh pluralisme dan pembaharu dari tanah Batak yang ingin mencairkan kebuntuan eksklusivisme sistem politik Batak pada zamannya. Kegigihan perjuangan Si Singamangaraja XII ini telah menginspirasikan masyarakat Indonesia, yang kemudian Si Singamangaraja XII diangkat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Selain itu untuk mengenang kepahlawanannya, nama Sisingamangaraja juga diabadikan sebagai nama jalan di seluruh kawasan Republik Indonesia.

Sembari bertempur melawan penjajahan Belanda di tanah Batak, Sisingamangaraja XII juga melawan berbagai tindakan perbudakan dan pencengkeraman terhadap kebebasan rakyat. Dia membebaskan para tawanan yang dipasung, diikat dan dihukum secara tidak manusiawi oleh kekuasaan raja-raja lokal.

Sosok Raja Sisingamangaraja XII, juga dikenal sangat menghargai hak hidup, hak bebas, hak merdeka, dan begitu juga hak kesehatan. Dalam suasana pertempuran di medan perang, dia juga masih sempat memperhatikan dan mencermati kehidupan dan kesehatan rakyatnya. Walau dalam pertempuran di medan perang, dia juga mampu menyembuhkan orang-orang yang sakit. Itulah sebabnya seluruh rakyat di tanah Batak sangat mencintai dan menghormatinya.

Untuk itu, Raja Sisingamangaraja XII juga layak dinyatakan sebagai pahlawan pluralisme dan multikulturalisme, karena dalam setiap bagian perjuangannya tetap menghargai kebudayaan dan menjalin hubungan yang kuat dengan daerah lainnya seperti Aceh dan etnik berbeda budaya lainnya.

BACA JUGA:

Tulis Komentar