Ini Kronologi Penangkapan Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi

  • Fakta.News - 7 Nov 2018 | 14:32 WIB
Ini Kronologi Penangkapan Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi
Rizieq Shihab.(Istimewa)

Jakarta – Berita penangkapan Muhammad Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi menjadi sorotan media Indonesia. Penangkapan tersebut terkait pemasangan bendera tauhid berwarna hitam yang diidentikkan sebagai bendera ekstremis.

Soal penangkapan dan pemeriksaan Rizieq Shihab ini dibenarkan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia. Pentolan Front Pembela Islam atau FPI tersebut dimintai keterangan aparat setempat pada 5 November.

“Dari hasil penelusuran diperoleh konfirmasi bahwa MRS sedang dimintai keterangan oleh aparat keamanan Arab Saudi di Mekkah,” ujar Juru Bicara Kemenlu, Arrmanatha Christiawan Nasir, di Jakarta, Rabu (7/11).

Lalu, bagaimana kronologi penangkapan ini?

 

Bendera Tauhid

Bendera tauhid yang diduga ditempel di tembok rumah Rizieq Shihab. (Istimewa)

Dari rilis Kemenlu RI diterangkan bahwa Rizieq Shihab didatangi pihak kepolisian Mekkah pada 5 November 2018 pukul 08.00 waktu setempat. Kedatangan kepolisian lantaran adanya bendera hitam yang mengarah pada ciri-ciri gerakan ekstremis di dinding belakang rumah Rizieq Shihab. Kepolisian Mekkah melakukan memeriksakan singkat terhadap Rizieq.

Pada hari yang sama, tepatnya pukul 16.00 waktu setempat, Rizieq Shihab dijemut oleh Mahabis Ammah yang merupakan intelijen umum atau General Investigation Directorate GID. Penjemputan dilakukan bersama kepolisian Mekkah.

Pentolan FPI ini digelandang ke kantor kepolisian Mekkah dan diperiksa di sana. Dalam penyelidikan dan penyidikan oleh pihak berwenang Saudi, Rizieq pun ditahan.

Otoritas Arab Saudi memang sangat keras melarang bentuk jargon, label, atribut, maupun lambang berbau ekstremis dan terorisme seperti ISIS, Al Qaeda, Jemaah Islamiyah. Keamanan Arab Saudi juga mengamati aktivitas media sosial. Bila di medsos terdapat unggahan terkait ekstremis, otoritas Saudi bisa menjerat pidana berat pelanggaran IT.

Selepas diperiksa oleh intelijen umum, Rizieq Shihab diserahkan ke kepolisian Mekkah pada 6 November pukul 16.00 waktu setempat.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar