Connect with us

Kabar Duka, Dirut PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana Meninggal Dunia

Dirut PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana

Jakarta – Kabar duka datang dari PT Pupuk Kujang, Dirut Bambang Eka Cahyana dikabarkan meninggal dunia pada Jum’at, 3 April 2020. Bambang Eka Cahyana meninggal di usia 52 tahun.

Pupuk Kujang yang dipimpin oleh Bambang Eka Cahyana adalah salah satu anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi pupuk yakni, Pupuk Indonesia Holding Company.

Kepergian Bambang Eka Cahyana dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Perusahaan Pupuk Kujang, Eka Cahya Kurniawan, di Jakarta, Jumat (3/4/2020). Eka menyampaikan bahwa Almarhum meninggal karena sakit.

“Telah berpulang ke Tuhan Yang Maha Esa, Bapak Bambang Eka Cahyana. Mohon doa terbaik semoga Tuhan YME memberikan ketabahan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan,” kata Eka dalam keterangan tertulis.

“Walaupun awalnya membuat saya tidak percaya, namun benar kabar duka tersebut, beliau sakit jantung dan memiliki asam lambung yang naik,” imbuhnya.

Bambang lahir di Bantul, 15 Mei 1967 dan meraih gelar Sarjana Kehutanan di UGM tahun 1991, Magister Manajemen Eksekutif Angkatan XXIV, Konsentrasi Program Studi Bisnis dan Keuangan Internasional di Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta tahun 2003-2004 dan menyandang pendidikan Doktoral bidang studi Ilmu Administrasi Bisnis di Universitas Brawijaya, Malang Tahun 2019.

Ia awalnya berkarir sebagai Staf Bidang Manajemen Kehutanan PT Trisida Pantau (1991), bergabung di Perum Perhutani Jawa Timur sebagai Staf Biro Satuan Pengawas Internal (SPI) kemudian di PT Samudera Indonesia sebagai Staf Corporate Managing Director (CMD) Agency & Terminal Group.

Lalu Asisten Direktur Utama bidang Pengembangan Usaha Terminal PT Samudera Indonesia Tbk. (2007-2008) dan di tahun 2009, beliau bergabung di PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) sebagai Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha dan pernah diangkat sebagai Direktur Utama pada Agustus 2013.

Pada 29 April 2019, Bambang Eka Cahyana diangkat sebagai Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang II yang membawahi Maritim dan menjadi Direktur Utama PT Pupuk Kujang sejak 15 Oktober 2019.

“Selama menjabat kurang lebih 5 bulan lamanya di PT Pupuk Kujang, banyak sekali yang yang beliau tanamkan untuk karyawan dan perusahaan, semangat dan optimisme yang dia tularkan ke karyawan untuk mendukung kemajuan Pupuk Kujang sangat terasa,” tulis Eka.

Di akhir perjalanannya beberapa minggu sebelum wafat, tepatnya tanggal 7 Maret 2020, atas perhatian yang tinggi terhadap ketahanan pangan nasional, Bambang membuat sebuah program “Petani Kujang Juara, Solusi Andal Agro Industri” yang dimana program ini mengedepankan pendampingan terhadap petani selain memberikan produk unggulan juga dapat menghasilkan hasil tani yang unggul dan bersaing.

Selamat Jalan Bapak Bambang Eka Cahyana, atas Semangat Positif Untuk Pupuk Kujang Juara

 

(chrst)

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Komisi VI: Perlu Transparansi Sistem Agen Elpiji

Oleh

Fakta News
Komisi VI: Perlu Transparansi Sistem Agen Elpiji
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal saat mengikuti pertemuan kunjungan kerja Panja Distribusi Elpiji ke PT Pertamina Patra Niaga Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Selasa (7/2/2022). Foto: DPR RI

Jakarta – Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menekankan perlunya transparansi terhadap sistem agen Elpiji (LPG/Liquid Petroleum Gas) di Indonesia. Hal tersebut di antaranya menyangkut transparansi dari mulai proses pengajuan agen, penunjukan agen, jumlah agen, hingga peta persebaran agen. Sebab, selama ini sistem pembagian agen elpiji dianggap belum transparan. Sehingga, menyebabkan adanya dugaan permainan mafia Elpiji yang menguasai distribusi Elpiji di wilayah-wilayah tertentu.

“Intinya, jangan ada orang-orang yang menguasai agen elpiji terlalu banyak, kecuali memang dia beli secara fair di market. Kalau ada praktik-praktik mafia yang mengatur penunjukan agen di dalam Pertaminanya dan meminta uang jasa tersebut, itu kita minta diberantas,” ujar Hekal kepada Parlementaria, usai kunjungan kerja Panja Distribusi Elpiji ke PT Pertamina Patra Niaga Tanjung Sekong, Cilegon, Banten, Selasa (7/2/2022).

Terlebih, lanjut Hekal, agen Elpiji sendiri melibatkan investasi yang cukup signifikan, yakni sekitar Rp2-3 miliar. “Jadi, buat pelaku-pelaku usaha di daerah, (keuntungan dari penjualan elpiji) itu juga sudah signifikan. Memang buat orang-orang yang besar tertentu, itu uang tidak seberapa lah, tapi untuk (pelaku usaha Elpiji) di daerah umumnya cukup signifikan,” imbuh Legislator Dapil Jawa Tengah IX ini.

Nantinya, melalui Panja Distribusi Elpiji, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan akan meminta Pertamina untuk membuat sistem agen Elpiji yang lebih terbuka. Sehingga, masyarakat yang ingin membuka agen dapat terinformasi dengan baik.

“Nanti salah satu hasil dari Panja ini, saya minta supaya diumumkan secara terus-menerus daerah mana yang masih layak diisi (agen Elpiji). Kalau perlu penunjukannya melalui sistem lelang yang terbuka, supaya nggak ada orang-orang yang pakai nama besar atau akses tertentu untuk mendapatkan hal ini,” jelasnya.

Baca Selengkapnya

BERITA

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kunjungan Kerja ke Sumatra Utara

Oleh

Fakta News
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu, 8 Februari 2023 sekira pukul 17.50 WIB. Foto: BPMI Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, pada Rabu, 8 Februari 2023 sekira pukul 17.50 WIB.

Ketibaan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut oleh Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi beserta istri, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak beserta istri, dan Kajati Idianto beserta istri.

Turut hadir juga menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana yaitu Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta istri, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb. Reka Budiarsa beserta istri, Danlatamal I Laksamana Pertama Johanes Djanarko Wibowo beserta istri, Pangkokogabwilhan I Laksdya Irvansyah beserta istri, dan Pangkosekhanudnas III/Medan Marsma TNI Mohammad Nurdin beserta istri.

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana langsung menuju hotel tempatnya bermalam. Esok hari, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2023, meresmikan infrastruktur, dan mengunjungi beberapa pasar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan lepas landas menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Rabu, 8 Februari 2023, sekitar pukul 15.55 WIB.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Sumatra Utara yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Selengkapnya

BERITA

DPR Minta APH Bertindak Tegas Terkait Situasi Keamanan Papua, Dasco: Toleransi Kita Sudah Cukup

Oleh

Fakta News
DPR Minta APH Bertindak Tegas Terkait Situasi Keamanan Papua, Dasco: Toleransi Kita Sudah Cukup
Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad. Foto: DPR RI

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan keprihatinannya atas peristiwa pembakaran pesawat Susi Air oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Dasco pun mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah dan aparat penegak hukum bertindak tegas terhadap kasus ini.

”Parlemen dalam hal ini DPR RI mendukung penuh upaya-upaya pemerintah dan aparat penegak hukum untuk memberikan hukum di Papua,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini juga mengutuk keras tindakan KKB ini, dan menyebutnya sebagai ’tidak berprikemanusiaan’. ”Kita mengutuk keras cara-cara yang tidak berprikemanusiaan. Untuk itu saya pikir toleransi kita sudah cukup,” sambungnya.

Sebelumnya, pesawat milik Susi Air dengan Nomor Penerbangan SI 9368 dibakar KKB di Lapangan Terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa pagi (7/2/2023). Pesawat jenis Pilatus Porter terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba ke Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.

KKB mengakui telah membakar dan menyandera pilot serta penumpang Susi Air tersebut. Ada tujuh tuntutan KKB pimpinan Egianus Kogoya setelah menyandera pilot dan lima penumpang Susi Air, termasuk salah satunya dilaporkan masih bayi.

Baca Selengkapnya