Israel Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel

  • Fakta.News - 11 Jul 2018 | 11:44 WIB
Perlintasan Utama Barang di Jalur Gaza Ditutup Israel
Aksi Israel menutup perlintasan barang di Jalur Gaza(Foto: Reuters)

Jakarta – Jalur Gaza ditutup untuk perlintasan utama barang. Tindakan Pemerintah Israel itu sebagai balasan atas aksi pembakaran dan usaha penyusupan oleh warga Palestina.

“Hanya bantuan kemanusiaan termasuk makanan dan obat yang sekarang diizinkan melintas Kerem Shalom, ujar PM Israel Benjamin Netanyahu sebagaimana dikutip dari BBC.com, Rabu (11/7/2018).

Melawan kelompok milisi Palestina Hamas yang menguasai jalur Gaza, Netanyahu menegaskan, akan menggunakan ‘tangan besi’. Penutupan perlintasan utama barang di jalur Gaza, menurut juru bicara Hamas, aksi Israel itu sebagai ‘sebuah kejahatan baru terhadap kemanusiaan’.

Baca Juga:

Sebelumnya, aksi warga Palestina menaikkan layang-layang dan balon yang membawa bahan yang terbakar. Layang-layang dan balon-balon itu, juga membawa alat peledak terbang melintasi perbatasan Gaza-Israel sejak April. Aksi tersebut telah memicu 750 kebakaran di Israel selatan dengan membakar lebih 2.600 hektare hutan dan pertanian serta menyebabkan ratusan ribu dolar kerusakan, kata para pejabat Israel.

Serangan pembakaran dimulai saat unjuk rasa massal di sepanjang perbatasan, ketika ribuan warga Palestina menyatakan dukungan atas hak pengungsi Palestina kembali ke tanah nenek moyang mereka yang sekarang adalah Israel dan menuntut diakhirinya blokade Gaza yang diterapkan Israel dan Mesir.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar