Industri 4.0 Ciptakan Jutaan Lapangan Pekerjaan Baru dan Hilangkan Pekerjaan Lama

  • Fakta.News - 13 Des 2018 | 23:19 WIB
Industri 4.0 Ciptakan Jutaan Lapangan Pekerjaan Baru dan Hilangkan Pekerjaan Lama
Ilustrasi(Foto: Istimewa)

Jakarta – Era revolusi industri 4.0 mendatang, akan ada jutaan pekerjaan baru yang muncul dan jutaan pekerjaan lama yang hilang. Hal ini dikatakan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam siaran pers, Kamis (13/12).

Namun ia juga mengatakan bahwa dengan adanya pekerjaan baru, maka akan ada beberapa pekerjaan lama yang menghilang. Kenyataan inilah yang harus disikapi dengan bijak oleh seluruh masyarakat.

Hanif juga menekankan bahwa dunia industri akan mengalami disrupsi dan mengalami koloborasi beberapa jenis platform baru. Dengan begitu secara langsung akan menghasilkan jenis industri baru.

Baca Juga:

Nah, salah satu yang paling dan patut disoroti adalah dampaknya pada jenis pekerjaan dalam industri tersebut.

“Pekerjaan baru sebanyak 3,7 juta akan muncul sebagai dampak ekonomi digital. Dan 52,6 juta pekerjaan berpotensi akan hilang,” katanya.

Masa depan pekerjaan dalam era revolusi industri 4.0 akan banyak dipengaruhi oleh kehadiran big data. Keberadaan big data memiliki peluang menjanjikan untuk merevolusi dunia industri secara global.

“Dibandingakan dengan era revolusi industri sebelumnya, generasi ke 4.0 lebih sulit untuk diprediksi arah perubahannya. Kehadiran big data menjadi faktor penting yang melandasi perubahan tersebut,” terang Hanif kembali.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar