Indikator Prediksi Kiai Amin Maruf Tampil Wow di Debat Pertama

  • Fakta.News - 9 Jan 2019 | 11:21 WIB
Indikator Prediksi Kiai Amin Maruf Tampil Wow di Debat Pertama
Kiai Maruf Amin, Cawapres Nomor Urut 01.(Istimewa)

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01, Kiai Maruf Amin, diprediksi bakal tampil memukau di debat pertama pemilihan presiden 2019 yang bakal diadakan pertengahan Januari 2019.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, di kantotrnya, di Jakarta, Selasa (8/1). Ia menambahkan, Kiai Maruf bisa mengejutkan publik di debat pertama nanti seperti saat Joko Widodo mengejutkan publik pada pemilihan presiden 2014.

Burhanuddin menjelaskan bagaimana Jokowi mengejutkan publik lima tahun silam. Saat itu, ekspektasi publik terhadap Jokowi tidak terlalu tinggi. Namun, selepas debat pertama, publik menilai Jokowi-Jusuf Kalla saat itu lebih unggul ketimbang Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

“Kalau benchmark rendah, tampil sedikit bagus aja langsung wow. Nah, Ma’ruf berpotensi seperti itu,” kata Burhanuddin.

Direktur Eksekutif Indikator ini pun meminta semua pihak agar tidak menyepelekan Kiai Maruf. Burhanuddin mengakui, cawapres nomor urut 01 ini memang kalah pamor di media arus utama ketimbang Sandiaga Uno. Namun, Kiai Maruf sebenarnya punya modal intelektual untuk berdebat.

Di bidang akademik, Kiai Maruf pernah mendapatkan gelar guru besar maupun honoris causa. Cawapres nomor urut 01 ini dikukuhkan menjadi guru besar Ekonomi Muamalat Syariah di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada 2017 silam.

Kiai Maruf juga merupakan pakar ekonomi syariah dan guru besar dalam tradisi ilmu logika perdebatan kaidah. Burhanuddin menegaskan, Kiai Maruf harus bisa memanfaatkan kesempatan debat pertama ini dengan baik. “Kalau Maruf tampil wow di debat, itu bisa menjadi Jokowi,” ujarnya.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar