Connect with us

Media Prancis Bongkar Delapan Hoaks Selama Pilpres di Indonesia

pilpres

Jakarta – Selama rangkaian pemilihan presiden (Pilpres) 2019 di Indonesia beragam kabar bohong atau hoaks disebarkan ke masyarakat lewat media sosial. Kabar itu disebarkan oleh orang tak bertanggung jawab yang ingin memperkeruh suasana politik.

Kabar-kabar ini sempat menjadi sorotan berbagai kalangan, salah satunya media Prancis, AFP. Ternyata setelah dikonfirmasi kabar itu tidak benar alias hoaks.

Berikut delapan hoaks yang berhasil diungkap selama Pilpres 2019.

1. Erdogan dukung Paslon 02

Viralnya foto menampilkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menunjukkan simbol tanda dukungan bagi capres -cawapres 02 Prabowo subianto-Sandiaga Uno akhirnya terungkap sebagai hoaks. Foto yang diunggah di Facebook itu dipublikasikan pada 28 Maret 2019 dan telah dibagikan sebanyak 9.400 kali. Akun Revy Sukma yang mengunggah gambar itu menyertakan tulisan, “Prabowo-Sandi dinanti dunia.”

Media asal Prancis, Agence France-Presse (AFP), menelusuri kabar Erdogan mendukung paslon 02 itu. AFP membuktikan kabar yang tersebar via gambar di internet itu adalah salah.

Dilansir AFP Fact Check, Minggu (7/4/2019), judul laporan pengecekan fakta sudah sangat jelas, yakni, “Bukan. Gambar ini tidak menunjukkan pemimpin Turki Erdogan menyatakan dukungan untuk capres oposisi Indonesia di Pilpres.”

Nyatanya gambar itu adalah hasil edit. Gambar aslinya diunggah oleh Teuku Riefky, seorang kader Partai Demokrat. Pada gambar asli, terlihat Sandiaga Uno yang berfoto dengan seseorang di dalam pesawat dengan pose dua jari. Gambar itu kemudian dipotong sehingga Sandiaga Uno terlihat sendirian dan diganti wajahnya dengan wajah Erdogan.

2. Jokowi jual Bogor kepada China

Hoaks ini berbentuk artikel dengan judul “Jokowi Tawarkan Kota Bogor Kepada China, Luhut: Rakyat Diam, Jangan Ikut Campur!” lengkap dengan foto Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber hoaks tersebut adalah sebuah blog dengan nama k0mpasinf0.blogspot.com.

Artikel yang menjadi bahan hoaks adalah berita dari koran Radar Bogor yang berjudul “Kecamatan Jonggol ‘Dijual’ ke China, Ade Yasin: Justru Saya Belum Tahu”. Berita itu kemudian diganti judulnya dengan kalimat provokatif.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Banjir, Pengendara Diminta Hati-Hati

Oleh

Fakta News
(Foto: twitter @tmcpoldametro

Jakarta – TMC Polda Metro Jaya menginformasikan ruas jalan yang terendam banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya pagi ini. Tinggi genangan itu pun bervariasi.

TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter resmi mereka, @TMCPoldaMetro, Selasa (25/2/2020) per pukul 09.00 WIB, menyebut sejumlah jalan tergenang banjir pagi ini. Pengendara diminta berhati-hati.

“Agar hati-hati apabila sedang melintas,” bunyi imbauan TMC Polda Metro Jaya.

Berikut adalah ruas jalan yang terendam banjir:

  1. Jl. Swadaya, Kel. Cempaka Baru, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat, 60 cm.
  2. Jl. Satria Raya, Grogol, Jakarta Barat, 30-50 cm.
  3. Jl. Pluit Raya, Jakarta Utara, 30-40 cm.
  4. Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, 30-40 cm.
  5. Jl. DI. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur, 20-40 cm.
  6. Underpass Jl. DI Panjaitan, Jakarta Timur, 100 cm, diberlakukan pengalihan arus lalin.
  7. Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, 40-50 cm.
  8. Jl. Rawadas, Pondok Kopi, Jakarta Timur, 30-40 cm.
  9. Jl. Salemba Raya, di depan Kampus Universitas Indonesia, Jakarta Pusat, 20-40 cm.
  10. Jl. Jatiwaringin Raya, di depan Toyota, 40-50 cm.
  11. Jl. Jend. Sudirman, di depan Kampus Atmajaya, Jakarta Selatan, 20-30 cm.
  12. Jl. Pemuda, di depan Arion Jakarta Timur, 50 cm.
  13. Jl. Mabes Hankam, Jakarta Timur, 90 cm.
  14. Jl. Swadarma Raya, Jakarta Selatan (arah ke Joglo), 50 cm.
  15. Jl. S. Parman, Jakarta Barat, di depan Mal Ciputra sementara Tomang arah ke Grogol lalin dialihkan.
  16. Jl. Soepomo, Jakarta Selatan, di depan Univ. Sahid Pancoran arah ke Manggarai lalin padat.
  17. Jl. Daan Mogot Jakbar arah Pesing, 30 cm.
  18. Jl. Tendean, Jakarta Selatan, 30-50 cm.
  19. Kolong Jembatan Cakung-Cilincing, Jakarta Timur, 60 cm.
  20. Jl. Suprapto, Kampung Makassar, Jakarta Timur, 40-70 cm.
  21. Jl. Bendungan Hilir Raya, Jakarta Pusat, 30-60 cm.
  22. Jl. Raya Pondok Gede, Molek, Jakarta Timur, 30-90.

 

Munir

Baca Selengkapnya

BERITA

Jakarta Dilanda Banjir, Istana hingga Sarinah Ikut Tergenang

Oleh

Fakta News
(Foto: setpres)

Jakarta – Hujan mengguyur Jakarta sejak malam hari hingga dini hari tadi. Sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir pada Selasa (25/2/2020) pagi hari.

Akibatnya genangan melanda Istana Kepresidenan, Jakarta. Genangan air nampak sampai ke Masjid Baiturrahim, kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kondisi Istana Kepresidenan yang tergenang air ini terlihat lewat video petugas Istana. Dua petugas menyapu air di lorong kawasan dalam Istana dengan kaki mereka. Air setinggi mata kaki.

Nampak halaman Masjid Baiturrahim tergenang air. Lantai yang hijau dan bebatuan masih terlihat, karena genangan air relatif jernih.

Tak hanya itu, Bundaran Patung Kuda dekat Monas juga tergenang banjir. CCTV Bali Tower yang menunjukkan sisi Jalan Medan Merdeka Barat depan Gedung Sapta Pesona nampak tak tergenang air meski jalanan terlihat basah.

Terpantau dari CCTV Bali Tower, Selasa (25/2/2020) pukul 08.20 WIB pagi, mobil yang melintas nampak menumpahkan air ke sisinya, tanda jalanan tergenang.

Sementara itu Jalan MH Thamrin di depan Sarinah dilaporkan juga mengalami banjir. Pengendara diminta hati-hati melintasi lokasi.

TMC Polda Metro Jaya menginformasikan banjir terjadi pada Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 07.38 WIB. Hanya lajur paling kanan yang dapat dilintasi.

“07:38 #Banjir di depan Sarinah Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, sementara hanya lajur yang paling kanan yang dapat dilintasi,” tuilis TMC Polda Metro Jala melalui akun Twitter resminya, @TMCPoldaMetro.

Sementara itu perempatan Sarinah menuju Jalan Wahid Hasyim juga tergenang hingga 30 cm. TMC Polda Metro Jaya mengimbau pengendara untuk berhati-hati saat melintas.

“07:34 #Banjir 20-30 cm di Perempatan Sarinah Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat menuju Jl. Wahid Hasyim, agar hati-hati bila sedang melintas,” jelas TMC Polda Metro Jaya.

 

Adn

Baca Selengkapnya

BERITA

Akan Dikunjungi MPR, DPR dan DPD, Menko Polhukam Pastikan Kondisi Papua Aman

Oleh

Fakta News
Menko Polhukam Mahfud MD

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan, kondisi di Papua aman pada saat kunjungan kerja MPR, DPR, dan DPD pada bulan Maret mendatang. Hal ini disampaikan Mahfud setelah menggelar rapat dengan MPR di ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

“Ini bukan soal pengungsi nih. Ini ketua DPR, ketua DPD, ketua MPR mau kunker ke Papua, ya sudah kondusif tadi laporan kesiapan dari daerah dari semua birokrasi kondusif bagus,” kata Mahfud.

Ia mengatakan, salah satu agenda kunjungan kerja yakni DPR memastikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua.

“Ya soal persiapan PON dan lain-lain, jadi kita koordinasi saling memberi tukar informasi, dan memberi bekal,” ujar dia.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar rapat kerja dengan Mahfud MD di ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, rapat kerja bersama Menko Polhukam akan membahas mengenai penyelesaian konflik yang terjadi di Papua.

“Hari ini (Senin, red) kami mengundang para pihak yang terkait penyelesaian Papua, yang pertama kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial,” kata Bambang.

Rapat kerja juga akan dihadiri Pimpinan DPR dan DPD. Sebab, Pimpinan MPR, DPR, dan DPD, akan berkunjung ke Papua pada awal Maret.

“Kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan, karenanya (kami) mendengar laporan tentang keamanan,” ujar dia.

 

Mujafi

Baca Selengkapnya