Connect with us

Hanya Presiden dan Wapres yang Tahu Ada Reshuffle atau Tidak

Johan Budi SP, Juru Bicara Presiden Joko Widodo Doc. Setkab

Jakarta – Reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowidodo (Jokowi), seperti ditegaskan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, tak dilakukan atas dasar opini yang digulirkan partai politik.

“Jadi tidak akan tergantung dari sejauh mana rumor atau sejauh mana komentar partai-partai pendukung atau yang tidak mendukung,” ujar Johan, di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (17/7). Ia mencontohkan, beberapa kali isu reshuffle santer diembuskan oleh kalangan politikus.

Akan tetapi, akhirnya isu tersebut meredup dan reshuffle tidak terjadi. Kendati Johan mengakui, bahwa ada pula isu reshuffle yang diembuskan politikus berakhir pada perombakan kabinet. “Artinya apa? Untuk melakukan reshuffle, memang hanya Presiden dan Wakil Presiden yang tahu,” ujar dia.

Yang jelas, dasar reshuffle kabinet itu sendiri berdasarkan kinerja dari para menteri yang sekarang bertugas. Menurut Johan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memiliki ukuran apakah seorang menteri dinilai pantas diteruskan atau diganti, yakni berdasarkan kinerjanya. “Mengukur apakah seorang menteri performanya baik atau tidak, tentu Presiden punya ukuran-ukuran yang didapat dari banyak pihak selain kinerja,” ujar Johan.

Tidak Hari Ini

Sebelumnya, isu reshuffle Kabinet Kerja Jokowi-JK ini memang kembali mengemuka. Sejumlah nama menteri dan pejabat setingkatnya santer terdengar akan dirotasi, bahkan dicopot. Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan tidak akan ada perombakan atau reshuffle kabinet. Paling tidak, pergantian menteri itu tidak akan dilakukan hari ini. “Enggak ada, hari ini enggak ada (reshuffle),” ujar Jokowi usai membagikan sertifikat tanah di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017).

Isu reshuffle kabinet mulai mengemuka sebelum bulan Ramadan. Setelah Idul Fitri, isu itu kembali bergulir. Sebagian kalangan mencoba menebak waktu perombakan kabinet. Salah satunya dengan mengukur kebiasaan Rabu Pon Jokowi. Perombakan kabinet sebelumnya, selalu dilaksanakan pada Rabu Pon dalam kalender Jawa. Bulan ini, Rabu Pon jatuh pada 12 Juli 2017. Nyatanya, sampai saat ini belum ada pergantian menteri Kabinet Kerja.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, sempat berkomentar bahwa dirinya siap jika namanya ikut digeser atau digantikan sebagaimana santer disebut. “Siap. Saya kan pembantu Presiden. Semua menteri kan kapan saja harus siap,” kata Teten di kantor Wapres Jakarta, pertengahan Juli lalu.

M Riz

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Jelang Haji Akbar, Ini Imbauan Pemerintah untuk Jemaah Indonesia

Oleh

Fakta News

Jakarta – Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M, memasuki hari ke-33. Sekarang adalah H-2 menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji 2022. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa wukuf yang merupakan puncak rangkaian ibadah haji berlangsung pada Jum’at, 8 Juli 2022.

Plh Biro Humas, Data, dan Informasi, Wawan Djunaedi menyampaikan bahwa menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, pemerintah melalui petugas haji, baik petugas kloter, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, dan pihak lain yang terlibat, untuk bersatu padu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Agar jemaah memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jemaah dapat sampai di Arafah sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Wawan Djunaedi saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

“Kepada PPIH Kloter dan PPIH Sektor, agar benar-benar memberikan penjelasan terkait jadwal pergerakan masing-masing kloter,” sambung Wawan.

Wawan menyampaikan, agar jemaah membawa barang bawaan secukupnya, seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan. Sementara, barang-barang lainnya cukup dititipkan di tempat tinggal jemaah, melalui petugas sektor masing-masing.

“Jemaah harus memahami hal-hal yang dilarang selama berihram. Ini penting, agar pelaksanaan rangkaian ibadah jemaah sesuai ketentuan dalam manasik. Segera bertanya dan berkonsultasi dengan Pembimbing Ibadah di kloter masing-masing. Pastikan seluruh jemaah paham akan ketentuan larangan selama berihram,” tandas Wawan.

Wawan juga mengimbau, agar jemaah menjauhkan diri dari perilaku, tindakan, dan ucapan yang dapat mengurangi, menghilangkan pahala, bahkan membatalkan ihram.

“Siapkan kembali segala sesuatunya yang berkaitan dengan ketentuan manasik. Jaga kesehatan sebaik-baiknya, agar seluruh rangkaian ibadahnya dapat terlaksana dengan baik dan tertib,” kata Wawan.

Selain itu, Wawan juga menyampaikan bahwa data jemaah sakit sampai saat ini sebanyak 120 orang, terdiri atas: 96 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 24 orang dirawat di RSAS.

Jemaah wafat bertambah satu orang, atas nama Nursiah Darsiah Simpin, perempuan, 60 tahun, nomor paspor C66 94 569, kloter BTH22, asal Embarkasi Batam. Sehingga total jemaah wafat sebanyak 22 orang.

“Kondisi cuaca di Makkah dan sekitarnya saat ini dilaporkan, rata-rata suhu tertinggi 39′ Celcius. Kami tetap menghimbau kepada Jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika Masjidil haram,” tandas Wawan.

Baca Selengkapnya

BERITA

Hari Kedua di Sumut, Presiden Jokowi akan Hadiri Puncak Peringatan Harganas 2022

Oleh

Fakta News
Presiden Jokowi saat tiba di Medan, Sumut, Selasa (05/07/2022). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengawali hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kamis (07/07/2022), dengan mengunjungi Pasar Petisah, Kota Medan. Presiden akan membagikan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

Selepas itu, Presiden akan meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kampung Baru, Kota Medan, sekaligus berdialog dengan perwakilan petani sawit.

Selanjutnya, Kepala Negara akan beranjak menuju Lapangan Merdeka, Kota Medan, untuk menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022.

Pada siang harinya, Presiden akan menuju Pusat Pasar, Kota Medan, untuk kembali menyerahkan sejumlah bantuan sosial. Presiden kemudian diagendakan untuk meninjau bedah rumah panggung di Kecamatan Belawan, Kota Medan.

Selesai seluruh rangkaian acara, Presiden Jokowi akan menuju Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Selengkapnya

BERITA

Ganjar Dukung Wacana Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan dan Masuk Mal

Oleh

Fakta News
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung wacana vaksin booster jadi syarat perjalanan dan masuk mal. Bahkan kebijakan itu dinilai lebih baik, karena bisa menambah percepatan vaksinasi booster.

“Menurut saya baik juga sih, kalau perlu di malnya dikasih tempat untuk boosting. Jadi kalau belum ya tinggal suntik,” kata Ganjar, saat ditemui di kantornya, Rabu (6/7/2022).

Dengan cara itu, lanjutnya, semangat masyarakat yang tampak mulai mengendur untuk mengikuti vaksinasi, bisa kembali meningkat.

“Jadi memang sebenarnya harus disebarkan karena kemarin agak kendor, maka saya sudah minta Dinas Kesehatan dalam dua minggu ini kita minta untuk genjot (vaksinasi) terus,” ujar gubernur.

Adapun kondisi Covid-19 di Jawa Tengah saat ini terkendali. Penambahan kasus yang ada, kata Ganjar, tak terlalu signifikan pada minggu ini. Selain itu, angka kesembuhan juga meningkat.

“Kondisi Covid-19 baik, masih terkendali. Kenaikan kasusnya sih tiap hari tidak terlalu signifikan. Ini saya pantau daily report-nya,” katanya.

Ganjar membeberkan, daerah dengan jumlah kasus tertinggi saat ini adalah Kabupaten Klaten dengan total 127 kasus. Diikuti Kota Semarang dengan 124 kasus. Selanjutnya secara berurutan Jepara dan Wonosobo.

“Kalau saya tanya Persi (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) sih yang dirawat nggak terlalu banyak yang dirawat, dan kemudian relatif tanpa banyak gejala,” ujarnya.

Untuk itu Ganjar merasa belum perlu melakukan pengetatan. Masker dan gaya hidup sehat jadi benteng utama agar tidak terpapar virus Corona.

“Belum ada pengetatan, sekarang kita dorong masker saja. Minimal itu. Masker, hidupnya sehat, makanannya bergizi, ya insyaallah oke,” tandasnya.

Baca Selengkapnya