Formappi: Partai Demokrat Terbanyak Tampilkan Caleg Tertutup

  • Fakta.News - 8 Nov 2018 | 18:30 WIB
Formappi: Partai Demokrat Terbanyak Tampilkan Caleg Tertutup
Susilo Bambang Yudhoyono.(Istimewa)

Jakarta – Forum Masyarakat Peduli Parlemen atau (Formappi) mengungkapkan fenomena caleg yang tak menampilkan biodata lengkap di situs infopemilu.kpu.go.id, alias caleg tertutup. Yang terbanyak dari Partai Demokrat.

Kasus Demokrat ini tergolong aneh. Pasalnya, semua caleg dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini tak mencantumkan data profil lengkap di daftar caleg tetap KPU.

Lucius Karus, Peneliti Formappi, menyatakan, dari 16 partai di Pemilu 2019, hanya Partai Demokrat saja yang tak mencantumkan data lengkap para caleg di situs KPU.

“Jadi kami menemukan di DCS (Daftar Caleg Sementara) dan DCT (Daftar Caleg Tetap) Partai Demokrat misalnya, dari 575 caleg tak satupun caleg yang data profilnya itu dipublikasi,” ujar Lucius dalam sebuah diskusi di kantor Populi Center, Jakarta Barat, Kamis (8/11).

Untuk partai lain jumlahnya tidak sefantastis Partai Demokrat. Misalnya saja Partai Hanura, PKPI, dan Garuda hanya satu dua orang saja.

Jumlah keseluruhan caleg yang data pribadinya tertutup mencapai 3.531. Sisanya, 4.460 caleg memiliki punya data profil.

“Kami mencatat misalnya hanya 4460 caleg yang punya data profil. Ada 3531 caleg tidak mau data profilnya dipublikasi atau kita katakan caleg tertutup,” jelasnya.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar