Parlemen Menyoal Putusan Kasus Lingkungan yang Belum Dieksekusi

  • Fakta.News - 4 Jan 2019 | 12:09 WIB
Menyoal Putusan Kasus Lingkungan yang Belum Dieksekusi
Kebakaran hutan yang merusak lingkungan, putusan kasusnya hingga kini belum dieksekusi(Ilustrasi)

Jakarta – Terkait kasus lingkungan, Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam keterangan persnya yang diterima Fakta.News, Jumat (4/1/2019), mendorong KLHK untuk aktif meminta relaas (salinan putusan pengadilan) ke Mahkamah Agung (MA). Hal itu terkait Sembilan gugatan perusakkan lingkungan atau kasus lingkungan itu, dimenangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), namun tidak kunjung dieksekusi.

Karena itu, Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, mendorong KLHK untuk meminta relaas ke MA. Pasalnya, relaas  kasus lingkungan itu dapat menjadi dasar permohonan eksekusi, mengingat dari sembilan kasus lingkungan baru dua kasus yang sudah ada relaas-nya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta KLHK untuk lebih aktif mengkomunikasikan dengan pimpinan MA. Dengan begitu, MA memberikan perhatian khusus pada penegakan hukum terhadap kasus itu. Terutama terhadap kasus  yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkracht).

Upaya lainnya, Bamsoet menghimbau lembaga peradilan untuk dapat segera melakukan eksekusi terhadap putusan kasus yang sudah inkracht tersebut. “Tujuannya, agar menutup celah korupsi bagi negosiasi memperlambat jalannya eksekusi,” katanya.

Paling penting lagi, Bamsoet meminta lembaga peradilan untuk menolak perlawanan koorporasi dalam mengajukan gugatan untuk menunda eksekusi.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar