DPR Semakin Terbuka dan Merakyat

Indra Iskandar
Sekretaris Jenderal DPR RI
  • Fakta.News - 6 Okt 2018 | 22:37 WIB
DPR Semakin Terbuka dan Merakyat

Patut diketahui, DPR kini kinerjanya semakin terbuka. Terkait hal itu, maka membaca Surat Untuk Redaksi di Harian Kompas(14/09/18) yang disampaikan Sdr. Puansari Siregar, menarik untuk direspons. Kami sangat mengapresiasi Surat Sdr. Puansari yang berjudul “Setelah Lomba Kritik DPR”.

Sejatinya bahwa DPR hari ini adalah apa yang digambarkan oleh Puansari Siregar, dalam rubrik Surat untuk Redaksi di Harian Kompas (14/9/2018), yaitu DPR yang semakin terbuka atas berbagai kritik dan masukan masyarakat. Karena memang, seperti dalam kegiatan menyambut HUT DPR RI ke-73, DPR mengadakan berbagai kegiatan, termasuk lomba stand up comedy bertema “Kritik DPR”.

Selain itu dilakukan pula lomba essai dan meme yang bertemakan sama yakni “Kritik DPR”. Dengan tema itu, karena memang kami menyadari bahwa sorotan masyarakat kepada DPR semakin hari semakin kuat. Itu berarti masyarakat semakin peduli akan keberadaan lembaga perwakilan rakyat.

Adapun upaya kami agar DPR semakin terbuka dan merakyat, maka selain diadakannya lomba-lomba tersebut, DPR juga sudah meluncurkan aplikasi  “DPR dalam Genggaman Rakyat” atau DPR NOW yang di dalamnya berisikan berbagai agenda kegiatan, proses pembahasan RUU, hasil yang dicapai di setiap fungsi baik legislasi, anggaran, dan pengawasan, serta membuka ruang bagi masyarakat untuk memberikan masukan dan aspirasinya. Silakan masyarakat men-download aplikasi tersebut di App Store dan Play Store.

Upaya lainnya, adalah bahwa DPR sudah memulai program parlemen modern sejak 2015 hingga sekarang. Sejumlah capaian telah berhasil dilalui, akan tetapi konektivitas DPR dengan masyarakat yang menjadi konstituen masih perlu ditingkatkan. Hal itu, guna mendorong partisipasi dalam proses pembuatan kebijakan dengan target audience yang lebih luas, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

BACA JUGA:

Tulis Komentar