Connect with us
Pilkada Jabar 2018

Dedi Mulyadi dan Dedy Mizwar Hadiri Acara Curah Gagasan PDIP Jabar, Susi Pudjiastuti Batal Hadir

Jelang Pilkada , PDI P gelar acara Curah gagasan tokoh Jabar(merdeka.com)

Bandung – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat TB Hasanuddin pada Rabu (25/10/2017) membuka kegiatan Silaturahmi dan Curah Gagasan yang digelar PDI Perjuangan di Hotel Horison, Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu proses seleksi untuk mencari bakal calon Gubernur Jawa Barat yang akan diusung dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

TB Hasanuddin mengatakan sebanyak delapan tokoh Jawa Barat hadir dan menjadi kontestan acara ini, mereka akan mendapatkan kesempatan untui menyampaikan gagasannya tentang masalah dan rencana pembangunan Jawa Barat di masa depan. “Mereka menyampaikan beberapa menit soal Jawa Barat. Saya bilang visi misi ini hanya berbicara Jabar ke depan,” paparnya.

Adapun kedelapan tokoh yang hadir adalah Dedi Mulyadi, Deddy Mizwar, Puti Guntur Soekarno, Iwa Karniwa, mantan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan, Bupati Majalengka Sutrisno, Abdy Yuhana, serta Agung Suryamal.

Sementara beberapa nama terkenal lainnya yang sempat dikabarkan akan hadir, namun tak nampak dalam kegiatan ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Netty Prasetiyani yang juga istri dari Ahmad Heryawan Gubernur Jabar saat ini. “Bu Netty tidak bisa hadir karena ada acara lain, sementara Bu Susi juga demikian,” jelas TB.

Menurut TB Hasanuddin, para tokoh yang hadir pada kegiatan ini, nantinya akan menyampaikan gagasannya dan akan ditanggapi para tokoh lainnya agar terjadi dialog bersama. “Setelah itu para sesepuh bicara menanggapi gagasan cagub. Kemudian nanti ada dialog. Nantinya agar sesepuh punya bayangan tentang calon-calon ini,” tandasnya.

 

Ping.

 

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Achmad Marzuki Berlatar Belakang Militer, KontraS: Pelantikan Pj Gubernur Aceh Lukai Hati Masyarakat Aceh

Oleh

Fakta News
Pj Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki

Jakarta – Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengkritisi pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki. KontraS menilai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, telah melukai masyarakat Aceh, mengingat sejarah panjang konflik bersenjata yang melibatkan aparat militer.

“Hal Ini tentunya melukai hati masyarakat Aceh, mengingat sejarah panjang konflik dan pelanggaran HAM serta sejumlah korban yang belum terpenuhi haknya terutama hak atas pemulihan harusnya menjadi pertimbangan,” kata Wakil Koordinator Kontras, Rivanlee Anandar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/7/2022).

KontraS juga menyayangkan sikap dari anggota DPRD Aceh, yang mengusulkan nama Achmad Marzuki menjadi satu dari 3 kandidat calon penjabat gubernur.

“Wakil rakyat Aceh dan Kemendagri tidak mempertimbangkan aspek historis konflik di Aceh. Dua tahun setengah bukanlah waktu yang singkat, namun dalam kepemimpinan transisinya ada sejumlah pekerjaan rumah dalam upaya pemenuhan hak korban pelanggaran HAM termasuk pendekatan humanis,” ujarnya.

KontraS menilai, dengan melantik Achmad Marzuki, secara tidak langsung Mendagri Tito dinilai mengingkari pernyataan sendiri.

“Pada bulan lalu yang menyatakan bahwa tidak akan menunjuk TNI-Polri sebagai penjabat kepala daerah. Penunjukan lagi-lagi juga tidak mengindahkan Perintah MK untuk mendasarkan penunjukan pada aturan pelaksana soal penunjukan PJ Kepala Daerah,” kata Rivanlee.

Oleh karenanya mereka menyatakan sikap agar Kemendagri tidak melantik dan/atau mencabut penunjukan penjabat Kepala Daerah Provinsi Aceh (Gubernur Aceh).

“Selanjutnya, kami mendorong Kemendagri dalam menempatkan Penjabat Kepala Daerah harus secara transparan dan akuntabel, serta tidak lagi menempatkan Penjabat Kepala Daerah dengan latar belakang TNI-Polri,” tegas Rivanlee.

Mayjen TNI (Purn) Achmad Marzuki Dilantik

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh. Pelantikan digelar di Gedung Utama DPR Aceh, pada Rabu (6/7/2022). Achmad Marzuki dilantik dalam sidang paripurna DPRA 2022, yang hanya dihadiri sekitar 38 orang anggota legislator dan tiga pimpinan dewan.

Sedangkan untuk pimpinan DPR Aceh yang hadir hanya tiga dari empat orang, yakni Ketua Saiful Bahri, Wakil Ketua II Hendra Budian dan Wakil Ketua III Safaruddin, dan minus Wakil Ketua I Dalimi.

Informasi yang beredar banyaknya anggota DPRA yang tidak datang karena sedang berada di luar kota (Jakarta), sehingga dikabarkan tidak bisa pulang akibat tidak adanya tiket pesawat.

Wakil Ketua DPRA Safaruddin membenarkan informasi tersebut bahwa banyak anggota dewan yang sedang berada di luar kota, sehingga mereka tidak bisa pulang karena masalah transportasi.

“Karena pelantikan berlangsung di DPRA baru disampaikan tanggal 5 Juli, sehingga banyak dari mereka terkendala di tiket pesawat,” katanya.

Baca Selengkapnya

BERITA

Jelang Haji Akbar, Ini Imbauan Pemerintah untuk Jemaah Indonesia

Oleh

Fakta News

Jakarta – Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M, memasuki hari ke-33. Sekarang adalah H-2 menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji 2022. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa wukuf yang merupakan puncak rangkaian ibadah haji berlangsung pada Jum’at, 8 Juli 2022.

Plh Biro Humas, Data, dan Informasi, Wawan Djunaedi menyampaikan bahwa menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji, pemerintah melalui petugas haji, baik petugas kloter, PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) Arab Saudi, dan pihak lain yang terlibat, untuk bersatu padu menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan operasional penyelenggaraan ibadah haji.

“Agar jemaah memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jemaah dapat sampai di Arafah sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Wawan Djunaedi saat Konferensi Pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

“Kepada PPIH Kloter dan PPIH Sektor, agar benar-benar memberikan penjelasan terkait jadwal pergerakan masing-masing kloter,” sambung Wawan.

Wawan menyampaikan, agar jemaah membawa barang bawaan secukupnya, seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan. Sementara, barang-barang lainnya cukup dititipkan di tempat tinggal jemaah, melalui petugas sektor masing-masing.

“Jemaah harus memahami hal-hal yang dilarang selama berihram. Ini penting, agar pelaksanaan rangkaian ibadah jemaah sesuai ketentuan dalam manasik. Segera bertanya dan berkonsultasi dengan Pembimbing Ibadah di kloter masing-masing. Pastikan seluruh jemaah paham akan ketentuan larangan selama berihram,” tandas Wawan.

Wawan juga mengimbau, agar jemaah menjauhkan diri dari perilaku, tindakan, dan ucapan yang dapat mengurangi, menghilangkan pahala, bahkan membatalkan ihram.

“Siapkan kembali segala sesuatunya yang berkaitan dengan ketentuan manasik. Jaga kesehatan sebaik-baiknya, agar seluruh rangkaian ibadahnya dapat terlaksana dengan baik dan tertib,” kata Wawan.

Selain itu, Wawan juga menyampaikan bahwa data jemaah sakit sampai saat ini sebanyak 120 orang, terdiri atas: 96 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 24 orang dirawat di RSAS.

Jemaah wafat bertambah satu orang, atas nama Nursiah Darsiah Simpin, perempuan, 60 tahun, nomor paspor C66 94 569, kloter BTH22, asal Embarkasi Batam. Sehingga total jemaah wafat sebanyak 22 orang.

“Kondisi cuaca di Makkah dan sekitarnya saat ini dilaporkan, rata-rata suhu tertinggi 39′ Celcius. Kami tetap menghimbau kepada Jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika Masjidil haram,” tandas Wawan.

Baca Selengkapnya

BERITA

Hari Kedua di Sumut, Presiden Jokowi akan Hadiri Puncak Peringatan Harganas 2022

Oleh

Fakta News
Presiden Jokowi saat tiba di Medan, Sumut, Selasa (05/07/2022). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengawali hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Kamis (07/07/2022), dengan mengunjungi Pasar Petisah, Kota Medan. Presiden akan membagikan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

Selepas itu, Presiden akan meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Kampung Baru, Kota Medan, sekaligus berdialog dengan perwakilan petani sawit.

Selanjutnya, Kepala Negara akan beranjak menuju Lapangan Merdeka, Kota Medan, untuk menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022.

Pada siang harinya, Presiden akan menuju Pusat Pasar, Kota Medan, untuk kembali menyerahkan sejumlah bantuan sosial. Presiden kemudian diagendakan untuk meninjau bedah rumah panggung di Kecamatan Belawan, Kota Medan.

Selesai seluruh rangkaian acara, Presiden Jokowi akan menuju Pangkalan TNI AU Soewondo, Kota Medan, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Selengkapnya