Infrastruktur Dari 23 PSN Bidang Transportasi, 13 PSN Diantaranya Beroperasi Tahun Ini

  • Fakta.News - 13 Feb 2018 | 19:25 WIB
Dari 23 PSN Bidang Transportasi, 13 PSN Diantaranya Beroperasi Tahun Ini
Jalur kereta api Bandara Minangkabau beroperasi tahun ini(Foto: beritatrans.com)

Jakarta – Proyek strategis nasional (PSN) khususnya di bidang transportasi, kini tengah dievaluasi pemerintah. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan dari 23 proyek PSN, 13 diantaranya mulai beroperasi pada tahun ini.

“Ini lagi kami evaluasi, yang jelas tahun ini 13 diantaranya siap kami operasikan,” kata Zulfikri, Selasa (13/2/2018).

Di luar dari ke-13 proyek tersebut, menurut Zulfikri, umumnya yang belum ada progres merupakan hasil skema kerja sama pemerintah dan badan usaha.

“Kendalanya macam-macam. Mereka kan dulu andalkan batu bara, kebanyakan di Kaltim, Kalteng, Sumsel, umumnya yang KPBU. Jadi begitu mereka melihat harga batu bara itu naik mereka (kembali) hitung-hitung,” tutur Zulfikri.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, 23 proyek kereta api yang masuk PSN masih terus berjalan. “Untuk proyek kereta api di Kalimantan memang masih belum dimulai. Ini dikarenakan pihak swasta meminta jaminan dari pemerintah,”katanya.

Budi mengelak kalau proyek di Kalimantan itu disebut mangkrak. “Jangan bilang mangkrak, itu belum dimulai itu yg di Kalimantan. Karena apa? proyek yang tadinya swasta b to b mereka minta jaminan pemerintah. Kan gak boleh kalau b to b itu. Jadi gak ada yang mangkrak. Ini kami serahkan ke mereka (swasta),” ungkapnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar