Anies Baswedan Maju Capres Anginnya Makin Kuat

  • Fakta.News - 9 Jul 2018 | 06:12 WIB
Anies Baswedan Maju Capres Anginnya Makin Kuat
Anies Baswedan maju Capres dianggap Fadli Zon masih wacana(Foto: Istimewa)

Jakarta – Tanda-tanda Anies Baswedan Gubernur Jakarta bakal maju dalam gelanggang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, belakangan semakin kuat. Hal itu terlihat di antaranya dari dukungan beberapa elite politik terhadap Rektor Universitas Paramadina itu, termasuk keakraban yang ditampakan dengan Jusuf Kalla (JK) pada pekan-pekan terakhir ini.

Diketahui, pada Pilkada DKI Jakarta lalu, JK merupakan salah satu tokoh utama di balik layar yang mendukung Anies Baswedan maju sebagai cagub. Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai, langkah Anies maju sebagai capres terbuka, dengan catatan maju bersama atau diusung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subijanto.

“Jika dia maju sendiri, dia akan dianggap berkhianat pada Prabowo. Dan itu akan semakin berat karena dia akan berlawanan dengan Jokowi sekaligus Prabowo,” katanya.

Baca Juga:

Potensi Anies Baswedan maju bakal semakin terbuka jika Prabowo tidak mendapatkan teman koalisi untuk maju capres. “Misalnya PAN, PKS, dan Demokrat bergabung menjadi satu di kubu Anies-AHY, kan Prabowo tidak memiliki teman koalisi,” paparnya.

Hanya saja, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris melihat peluang Anies maju sebagai capres sejauh ini masih sangat kecil.

“Saya membacanya berdasarkan hasil survei saja. Dua terbesar masih Jokowi dan Prabowo. Dalam konteks pilpres peluangnya masih kecil, kecuali setelah ini disurvei ulang,” katanya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar