Connect with us

Ada Nama Tommy, Mamiek, dan Prabowo dalam Paradise Papers

Prabowo Subianto, namanya disebut di Paradise Papers sebagai Direktur Perusahaan Nusantara Energy Resourcesdi Bermuda yang sekarang sudah tutupReuters

Bermuda – Paradise Papers alias Dokumen Surga alias dokumen keuangan skala besar dan banyak lagi sebutan lain, mendadak menghangat dibicarakan kembali. Terbaru, bocoran dokumen ini mengungkapkan bagaimana orang-orang super kaya di dunia ternyata secara diam-diam berinvestasi di luar negeri, di tempat surga pajak.

Menariknya-yang membuatnya terasa dekat-ada beberapa nama tokoh asal Indonesia yang disebut dalam bocoran tersebut. Beberapa bahkan memiliki nama besar, seperti Tommy Soeharto dan Prabowo Subianto yang disebut bersamaan dengan kejutan tokoh dunia lainnya macam Ratu Elizabeth.

Tak cuma itu, beberapa nama lain pun disebutkan seperti Menteri Perdagangan dalam Pemerintahan Donald Trump yang diungkap memiliki saham di perusahaan yang melakukan transaksi dengan Rusia yang dikenai sanksi oleh Amerika Serikat. Semua terangkum dalam Paradise Papers yang mencakup 13,4 juta dokumen, yang sebagian besar dari satu perusahaan keuangan luar negeri. Tak pelak, beberapa media internasional pun ramai-ramai menyelidiki dokumen ini.

Sebelas-dua belas dengan bocornya Panama Papers tahun lalu, Dokumen Surga ini diperoleh dari media asal Jerman, Süddeutsche Zeitung. Mereka kemudian meminta International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) atau Konsorsium Jurnalis Investigatif untuk melakukan penyelidikan.

Laporan yang baru keluar kemarin, Minggu (5/11) ini bahkan disebut hanya sebagian kecil saja dari total laporan yang akan dikeluarkan dalam satu minggu ke depan. Namun pastinya bocoran yang akan dikeluarkan mengungkap skandal pajak dan keuangan.

Artikel-artikel yang lahir dari bocoran tersebut pun banyak yang terpusat pada bagaimana para politikus, perusahaan multinasional, selebritas, dan orang-orang kaya secara individu menggunakan struktur kompleks yayasan dan perusahaan tertutup untuk melindungi uang mereka dari para pejabat pajak atau menyembunyikan transaksi mereka. Pastinya juga, sebagian besar transaksi tersebut adalah transaksi yang dianggap tidak melanggar peraturan.

Nah, laporan ICIJ ternyata menyebutkan nama Tommy, Prabowo, dan Mamiek Suharto. Sebagaimana diketahui, Tommy adalah Pemimpin Humpuss Group dan pernah menjadi Direktur Dewan Asia Market Investment, perusahaan yang terdaftar pada 1997 dan ditutup pada 2000. ICIJ pun mencatat alamat yang sama untuk Asia Market dan V Power, perusahaan yang terdaftar di Bahama dan tercatat dimiliki Tommy yang menurut catatan Securities and Exchange Commision memiliki saham di perusahaan mobil mewah Italia Lamborghini.

Hal ini dikuatkan data yang dikeluarkan sebuah firma hukum di Bermuda, Appleyby. Laporan mereka pun mencakup informasi tentang perusahaan patungan di Bermuda antara cabang Humpuss dan perusahaan iklan asal Australia, NLD.

Dari sebuah laporan pada 1997, perusahaan itu membuat Tommy dan mitranya yang dari Australia tadi mendirikan iklan jalan di Negara Bagian Victoria, Australia, Filipina, Malaysia, Myanmar dan Cina. Perusahaan itu lantas ditutup di Bermuda pada 2003 dan dicatat di Appleby sebagai “pengemplang pajak.”

Sedangkan Mamiek dalam data disebutkan sebagai Wakil Presiden Golden Spike Pasiriaman Ltd, pemilik, dan pimpinan Golden Spike South Sumatra Ltd, bersama eksekutif Kodel Group, Maher Algadri. Ia juga disebut merupakan salah satu konglomerat terbesar Indonesia zaman Suharto yang dilansir Forbes. Namun dua perusahaan itu pun sudah tutup.

Sementara Prabowo disebutkan pernah menjadi Direktur dan Wakil Pemimpin di Nusantara Energy Resources yang berkantor di Bermuda. Perusahaan terdaftar pada 2001 dan ditutup pada 2004, serta tercatat sebagai “penunggak utang”. Adapun perusahaan di Singapura yang bernama sama, Nusantara Energy Resources, kini adalah bagian dari Nusantara Group, yang oleh sejumlah media disebut dimiliki sebagian oleh Prabowo.

Namun, Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon, memastikan bahwa Prabowo tak memiliki kaitan dengan Nusantara Energy Resources. Ia menyanggah bahwa perusaah itu mengemplang pajak dan tidak aktif sejak didirikan.

“Ini adalah perusahan satu dolar,” ujar Fadli kepada mitra ICIJ di Indonesia, TEMPO. Perusahaan itu, lanjut Fadli, dididirikan untuk eksplorasi minyak dan gas. Sejumlah politikus katanya terlibat. Namun ia tidak tahu bagaimana keterlibatan mereka di perusahaan itu.

Menyebut Sejumlah Tokoh Dunia
Seperti disebutkan tadi, dokumen Paradise Papers pun melaporkan ada sekitar £10 juta uang pribadi Ratu Elizabeth yang ditanamkan di luar negeri. Dana itu disimpan di Cayman Islands dan Bermuda oleh Duchy of Lancaster, yang mengeluarkan pendapatan untuk Ratu dan menangani investasi kekayaan pribadinya sebesar £500 juta.

Investasi tersebut pun dinyatakan tidak ilegal. Tidak ada petunjuk bahwa Ratu pun mengemplang pajak, meski banyak yang mungkin bertanya-tanya mengapa kerajaan menanamkan modal di luar negeri.

Kemudian nama lainnya adalah Menteri Perdagangan Wilbur Ross, yang membantu Donald Trump menjadi bangkrut pada 1990-an dan kemudian diangkat sebagai menteri pada Pemerintahan Trump. Ross dikatakan memiliki minat dalam dalam perusahaan perkapalan dengan pendapatan jutaan dolar per tahun dengan bisnis transportasi minyak dan gas untuk perusahaan energi Rusia; dengan pemilik saham termasuk menantu Vladimir Putin; dan dua orang yang dikenakan sanksi oleh Amerika Serikat. Walhasil, dokumen ini pun kembali mengangkat pertanyaan ke permukaan mengenai adakah koneksi Rusia dengan tim Trump.

Yang perlu diketahui, Trump terpilih menjadi presiden pada November 2016, di tengah tuduhan bahwa Rusia berkolusi untuk mencoba mempengaruhi Pemilu AS. Namun Trump sudah menegaskan bahwa tuduhan itu palsu.

Pertanyaan berikutnya lantas muncul, yakni dari mana kebocoran ini? Sebagian besar data memang berasal dari perusahaan yang disebut Appleby tadi. Appleby pun disebut membantu para nasabah di luar negeri untuk membayar pajak rendah atau tanpa pajak sama sekali.

Sementara dokumen perusahaan ini berasal dari perusahaan yang memiliki yurisdiksi di Karibia yang didapatkan Süddeutsche Zeitung. Namun sumbernya tidak disebutkan. Appleby bahkan mengatakan mereka, “Puas karena tidak ada bukti adanya pelanggaran, baik oleh kami atau klien kami”. Kami tidak menolerir tindakan ilegal,” tegasnya.

Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat

Oleh

Fakta News
Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan nilai impor Migas (Minyak dan Gas) nasional dari Singapura yang semakin hari bukan semakin berkurang, melainkan semakin meningkat. Menurutnya, hal ini merupakan kabar buruk bagi pengelolaan Migas nasional.

Hal tersebut diungkapkannya menyusul rencana Menteri ESDM yang akan menaikkan impor BBM menjadi sebesar 850 ribu barel per hari (bph), terutama dari Singapura. “Pemerintah jangan manut saja didikte oleh mafia migas. Harus ada upaya untuk melepas ketergantungan impor migas. Paling tidak impor migas ini harus terus-menerus dikurangi. Jangan sampai pemerintah tersandera oleh mafia impor migas,” ungkap Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Untuk itu, lanjut Politisi dari Fraksi PKS ini, perlu adanya terobosan berarti terkait upaya pembangunan dan pengelolaan kilang minyak nasional di tanah air. Pasalnya, Sejak Orde Baru belum ada tambahan pembangunan kilang minyak baru, sementara rencana pembangunan Kilang Minyak Tuban, sampai hari ini tidak ada kemajuan yang berarti.

“Masa kita kalah dan tergantung pada Singapura, karena kita tidak punya fasilitas blending dan storage untuk mencampur BBM. Padahal sumber Migas kita tersedia cukup besar dibandingkan mereka,” tambahnya.

Mulyanto berharap Pemerintah mendatang perlu lebih serius menyelesaikan masalah ini. Hal itu jika memang ingin mengurangi defisit transaksi berjalan sektor migas serta melepas ketergantungan pada Singapura. Diketahui, Singapura dan Malaysia memiliki banyak fasilitas blending dan storage yang memungkinkan untuk mencampur berbagai kualitas BBM yang diproduksi dari berbagai kilang dunia, untuk menghasilkan BBM yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Karena kita tidak memiliki fasilitas ini maka kita terpaksa mengimpor BBM sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kita dari negara jiran tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi minyak nasional saat ini hanya mencapai sekitar 600 ribu barel per hari, sementara kebutuhan mencapai 840 ribu barel per hari. Kekurangan tersebut harus ditutupi melalui impor, dengan 240 ribu barel per hari berasal dari minyak mentah dan 600 ribu barel per hari dari BBM.

Baca Selengkapnya

BERITA

Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh

Fakta News
Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024). Foto : DPR RI

Denpasar – Proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sedang dibangun di Pelabuhan Benoa, diharapkan mampu memulihkan ekonomi nasional, selain mempromosikan pariwisata Bali lebih luas lagi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memberi sambutan pembuka pada pertemuan Komisi VI dengan sejumlah direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan BMTH. Komisi VI berkepentingan mengetahui secara detail progres pembangunan proyek strategi nasional tersebut.

“Ini proyek strategis nasional  (PSN) yang diharapkan mampu  memulihkan ekonomi nasional melalui kebangkitan pariwisata Bali. Proyek BMTH diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata Bali pasca pandemi Covid 19,” katanya saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024).

Dijelaskan Martin, PSN ini dikelola PT. Pelindo  III  yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI. Proyek ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, seperti PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Pertamina Gas Negara, dan pihak terkait lainnya, agar bisa bekerja optimal dalam memulihkan ekonomi nasional. Pariwisata Bali yang sudah dikenal dunia juga kian meluas promosinya dengan eksistensi BMTH kelak.

Proyek ini, sambung Politisi Fraksi Partai Nasdem tersebut, memang harus dikelola secara terintegrasi. Namun, ia menilai, progres pembangunan BMTH ini cenderung lamban. Untuk itu, ia mengimbau semua BUMN yang terlibat agar solid berkolaborasi menyelesaikan proyek tersebut.

Baca Selengkapnya

BERITA

Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Oleh

Fakta News
Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengungkapkan bahwa konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang signifikan, terutama dalam segi harga minyak mentah dunia (crude palm oil/CPO).

“Konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik. Terutama dalam segi harga minyak mentah dunia,” ujar Roro dalam siaran pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Meski, saat ini harga minyak mentah dunia masih terpantau cukup stabil, dan per tanggal 22 April 2024 pukul 16.00, harga untuk WTI Crude Oil berada pada kisaran 82,14 dolar AS per barel, dan untuk Brent berada pada kisaran 86,36 dolar AS per barel. Namun, konflik di jazirah arab itu berpotensi menimbulkan kenaikan harga minyak mentah dunia, yang bisa menembus 100 dolar AS per barel.

Terkait dengan dampak dari konflik geopolitik terhadap kondisi harga BBM di dalam negeri tersebut, Politisi dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan bahwa dari pihak pemerintah, melalui Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, telah menegaskan dan memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik akibat konflik ini, paling tidak sampai bulan Juni 2024 ini.

“Untuk selanjutnya, Pemerintah masih perlu melihat dan mengobservasi lebih lanjut terlebih dahulu. Saya berharap agar dampak dari eskalasi konflik di Timur Tengah ini masih bisa ditahan dan diatasi oleh Pemerintah Indonesia, sehingga kenaikan BBM masih bisa dihindari,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya