Connect with us
Henry Jufri

Mantan Kuli Panggul yang Jadi Spesialis Pembuat Gim dan Aplikasi

Henry Jufri
Henry Jufri(Foto: Dok. Pribadi)

Dulu Henry Jufri hanya seorang pedagang buku keliling. Ia juga pernah jadi TKI dan kuli panggul. Tapi kini, sosok Henry Jufri sudah menjadi teladan yang menginspirasi banyak orang.

Kalangan gamer dan orang-orang kreatif mengenalnya. Ia kini dikenal sebagai pengembang gim dan aplikasi. Malah tak cuma satu atau dua, tetapi ratusan karya sudah dibuatnya.

Mungkin Henry sendiri tak menyangka kalau dirinya bakal menjadi seorang “bos”. Bagaimana tidak, hidupnya berubah drastis setelah empat tahun pendalamannya soal aplikasi berbuah manis. Semua itu berawal saat dirinya terdampar di dunia maya, hingga jadi ladang bermain dirinya.

Baca Juga:

Ia kini memiliki sebuah kantor. Memang hanya ruangan sederhana berukuran 3 x 3 meter, itupun hasil sulap bekas ruangan milik mertuanya. Di situ, ia ratusan kali mengembangkan gim dan membuat aplikasi.

Ayah tiga anak ini sekarang tak sendiri. Ia bersama delapan rekan kerjanya menempati kantor yang berlokasi di Jalan Sabutung Baru, Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan. Kurang lebih berjarak sekitar 700 meter dari Pelabuhan Paotere.

Henry sendiri menjadi pendiri, pembimbing sekaligus menjadi yang tertua di rumah produksi itu. Karena yang lain masih baru, Henry pun masih harus mengajarkan dan membantu rekan yang lain.

“Semuanya mulai dari nol. Ada yang malah tidak pernah pegang komputer sama sekali. Sekarang sudah ada yang lebih jago dari saya,” jelas Henry.

Perlu diketahui, Henry bukan jebolan sekolah tinggi. Jangankan kuliah, ia bahkan cuma lulusan kelas 4 SD. Maka dari itu dirinya sempat terpasa menjadi kuli.

Jika Anda pernah melihat bahkan memainkan gim-gim seperti Tebak Gambar, King Arthur, atau Unyil The Adventure, itu adalah gim buatannya. Masih ada ratusan gim lainnya yang sudah ia ciptakan bersama rekan-rekannya.

Karena hal itulah ia lantas mendapatkan berbagai sertifikat dan penghargaan. Pasalnya, selain gim, ia juga membuat aplikasi untuk membantu anak-anak belajar membaca, belajar mengenal hewan, dan beragam aplikasi lainnya.

“Kalau jumlah pastinya saya tidak hapal. Mungkin di atas 400-an, yang aktif 200-an. Habis bikin satu, saya langsung bikin lagi yang baru. Dari situ saya dikenal media, tampil di berbagai acara,” tutur Henry.

Ya, Henry pun kini kerap diminta jadi pembicara di forum-forum resmi. Ia juga sering diminta kampus-kampus untuk memberi motivasi. Rata-rata hampir semuanya kagum pada semangatnya–yang tak putus asa meski tak punya ijazah SD sekalipun.

Pencapaian Henry saat ini didapat setelah melalui perjalanan yang penuh rintangan. Saat kelas 4 SD, ia terpaksa berhenti sekolah karena faktor biaya dan keluarga.

Keadaan makin sulit lantaran dirinya anak lelaki tertua dari empat bersaudara sehingga ikut memikul beban keluarga. Saat itu, Henry sampai ikut pamannya jualan buku. Adapun buku-buku yang dijualnya seperti buku tuntunan shalat, buku pelajaran umum, dan lain-lain.

“Sambil jualan saya juga baca buku biar tidak terlal ketinggalan,” ujarnya.

Hidupnya masuk babak baru saat dirinya diajak jadi seorang TKI di Malaysia. Ia jadi buruh di perkebunan kelapa sawit di Sabah selama tiga tahun.

Namun pada 2002, ia memutuskan pulang ke Makassar. Di sanalah Henry malah menjadi kuli panggul di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Saban pagi hingga sore bahkan malam setiap hari, ia banting tulang demi sedikit uang. Pemasukkannya tak pasti. Bisa Rp100 ribu tapi kadang bisa juga hanya Rp20 ribu.

Sampai takdir akhirnya mempertemukan dirinya dengan anak-anak muda yang kerap bermain ke warnet. Dia tertarik untuk mencoba masuk. Henry mengaku kagum dengan kecanggihan internet saat itu.

Sejak itulah Henry rajin ke warnet. Selain bermain gim, ia rajin berselancar di mesin pencari.

“Di situ saya penasaran karena apa saja ada jawabannya. Satu kalimat yang saya ketik adalah ‘cara menghasilkan uang dari internet’. Ternyata ada cara menjadi blogger yang akhirnya saya ikuti,” beber Henry.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat

Oleh

Fakta News
Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan nilai impor Migas (Minyak dan Gas) nasional dari Singapura yang semakin hari bukan semakin berkurang, melainkan semakin meningkat. Menurutnya, hal ini merupakan kabar buruk bagi pengelolaan Migas nasional.

Hal tersebut diungkapkannya menyusul rencana Menteri ESDM yang akan menaikkan impor BBM menjadi sebesar 850 ribu barel per hari (bph), terutama dari Singapura. “Pemerintah jangan manut saja didikte oleh mafia migas. Harus ada upaya untuk melepas ketergantungan impor migas. Paling tidak impor migas ini harus terus-menerus dikurangi. Jangan sampai pemerintah tersandera oleh mafia impor migas,” ungkap Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Untuk itu, lanjut Politisi dari Fraksi PKS ini, perlu adanya terobosan berarti terkait upaya pembangunan dan pengelolaan kilang minyak nasional di tanah air. Pasalnya, Sejak Orde Baru belum ada tambahan pembangunan kilang minyak baru, sementara rencana pembangunan Kilang Minyak Tuban, sampai hari ini tidak ada kemajuan yang berarti.

“Masa kita kalah dan tergantung pada Singapura, karena kita tidak punya fasilitas blending dan storage untuk mencampur BBM. Padahal sumber Migas kita tersedia cukup besar dibandingkan mereka,” tambahnya.

Mulyanto berharap Pemerintah mendatang perlu lebih serius menyelesaikan masalah ini. Hal itu jika memang ingin mengurangi defisit transaksi berjalan sektor migas serta melepas ketergantungan pada Singapura. Diketahui, Singapura dan Malaysia memiliki banyak fasilitas blending dan storage yang memungkinkan untuk mencampur berbagai kualitas BBM yang diproduksi dari berbagai kilang dunia, untuk menghasilkan BBM yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Karena kita tidak memiliki fasilitas ini maka kita terpaksa mengimpor BBM sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kita dari negara jiran tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi minyak nasional saat ini hanya mencapai sekitar 600 ribu barel per hari, sementara kebutuhan mencapai 840 ribu barel per hari. Kekurangan tersebut harus ditutupi melalui impor, dengan 240 ribu barel per hari berasal dari minyak mentah dan 600 ribu barel per hari dari BBM.

Baca Selengkapnya

BERITA

Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh

Fakta News
Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024). Foto : DPR RI

Denpasar – Proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sedang dibangun di Pelabuhan Benoa, diharapkan mampu memulihkan ekonomi nasional, selain mempromosikan pariwisata Bali lebih luas lagi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memberi sambutan pembuka pada pertemuan Komisi VI dengan sejumlah direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan BMTH. Komisi VI berkepentingan mengetahui secara detail progres pembangunan proyek strategi nasional tersebut.

“Ini proyek strategis nasional  (PSN) yang diharapkan mampu  memulihkan ekonomi nasional melalui kebangkitan pariwisata Bali. Proyek BMTH diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata Bali pasca pandemi Covid 19,” katanya saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024).

Dijelaskan Martin, PSN ini dikelola PT. Pelindo  III  yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI. Proyek ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, seperti PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Pertamina Gas Negara, dan pihak terkait lainnya, agar bisa bekerja optimal dalam memulihkan ekonomi nasional. Pariwisata Bali yang sudah dikenal dunia juga kian meluas promosinya dengan eksistensi BMTH kelak.

Proyek ini, sambung Politisi Fraksi Partai Nasdem tersebut, memang harus dikelola secara terintegrasi. Namun, ia menilai, progres pembangunan BMTH ini cenderung lamban. Untuk itu, ia mengimbau semua BUMN yang terlibat agar solid berkolaborasi menyelesaikan proyek tersebut.

Baca Selengkapnya

BERITA

Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Oleh

Fakta News
Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengungkapkan bahwa konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang signifikan, terutama dalam segi harga minyak mentah dunia (crude palm oil/CPO).

“Konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik. Terutama dalam segi harga minyak mentah dunia,” ujar Roro dalam siaran pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Meski, saat ini harga minyak mentah dunia masih terpantau cukup stabil, dan per tanggal 22 April 2024 pukul 16.00, harga untuk WTI Crude Oil berada pada kisaran 82,14 dolar AS per barel, dan untuk Brent berada pada kisaran 86,36 dolar AS per barel. Namun, konflik di jazirah arab itu berpotensi menimbulkan kenaikan harga minyak mentah dunia, yang bisa menembus 100 dolar AS per barel.

Terkait dengan dampak dari konflik geopolitik terhadap kondisi harga BBM di dalam negeri tersebut, Politisi dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan bahwa dari pihak pemerintah, melalui Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, telah menegaskan dan memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik akibat konflik ini, paling tidak sampai bulan Juni 2024 ini.

“Untuk selanjutnya, Pemerintah masih perlu melihat dan mengobservasi lebih lanjut terlebih dahulu. Saya berharap agar dampak dari eskalasi konflik di Timur Tengah ini masih bisa ditahan dan diatasi oleh Pemerintah Indonesia, sehingga kenaikan BBM masih bisa dihindari,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya