Connect with us

Kadinkes: Semua RS Darurat Lapangan di Jatim Ditutup, Penanganan Covid-19 di Faskes yang Sudah Ada

Jakarta – Menindaklanjuti Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/399/KPTS/012/2022 tentang Penutupan Rumah Sakit Darurat Lapangan Joglo Dungus Madiun, No. 188/400/KPTS/012/2022 tentang Penutupan Rumah Sakit Darurat Lapangan Ijen Boulevard Malang, dan No. 188/401/KPTS/012/2022 tentang Penutupan Rumah Sakit Darurat Lapangan Bangkalan/Rumah Isolasi Orang Tanpa Gejala Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maka dilaksanakan Sosialisasi Penutupan RSDL oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur pada Kamis, 30 Juni 2022 di Hotel Aria Centra, Surabaya.

Hadir pada kesempatan tersebut perwakilan dari pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pangdan V / Brawijaya, Kapolda Jatim, Pangkomar 2 , Kajati Jatim, Inspektorat Jatim, Bappeda Jatim, BPKAD Jatim, Dinkes Jatim, Biro Hukum Jatim, Perwakilan BPK Jatim, BPKP Jatim, Direktur RSUD Dr Soetomo, RSUD dr Saiful Anwar dan RSU Dugus, Kepala RSDL Joglo Dungus, RSDL Ijen Boulevard dan RSDL Bangkalan, relawan nakes dan non nakes tiga RSDL serta stake holder terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Drs. Sriyono, M.M., M.Si. (Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim) menyampaikan bahwa covid di Indonesia dan khususnya di Jawa Timur sudah reda. Yang tersisa (penderita covid-19) dirawat di rumah sakit umum. Pemerintah juga perlu melakukan efisiensi anggaran. Untuk itu selaku ketua panitia kegiatan ia menjelaskan bahwa acara Sosialisasi Penutupan RSDL dimaksudkan agar masyarakat dan semua kalangan mengetahui bahwa operasional RSDL telah selesai dan secara resmi semua rumah sakit darurat lapangan resmi ditutup.

Drs. Budi Santosa, Kepala Pelaksana BPBD Jatim atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan BPBD Jatim menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak (Pemerintah, TNI, Polri, komunitas, relawan nakes dan non-nakes) yang telah bahu membahu bekerjasama mengatasi pandemi covid-19 khususnya di Jawa Timur.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pada para dokter, relawan nakes dan non nakes yang telah berjuang keras menangani, merawat cepat, tanggap dan tepat. Dengan kerjasama lintas sektor, bidang, dan instansi, serta menembus sekat birokrasi, dalam satu komando menjadi energi bagi kita semua mengatasi covid-19. Ia juga menyampaikan pesan dari Ibu Gubernur, semoga kondisi yang landai sekarang ini bisa segera tuntas.

“Hampir dua tahun kita bersama-sama, tentunya ada dinamika, termasuk adanya gesekan, kesalah pahaman antar rekan, institusi, dsb. Untuk itu atas nama BPBD dan pribadi saya mohon maaf,dan kesediaan hati untuk menerima. Mari kita ambil hikmah dan pelajaran bersama,” tutur Budi Santosa.

Acara dilanjutkan presentasi porgres report RSDL mulai dari pembangunan hingga penutupan. Yang pertama oleh dr. Hendri Harianto, M.Kes selaku Kepala RSDL Joglo Dungus, Madiun.

Ia menjelaskan, menempati 9 hektar, bangunan lama colonial pada tanggal 3 Februari 2021 diresmikan Bu Gubernur. Dengan personil 97 relawan nakes dan non nakes atau total 147 termasuk CS dan security, RSDL Joglo Dungus berhasil menangano 1477 pasien covid-19 terdiri dari 731 laki-laki dan 746 perempuan. Dari jumlah tersebut, 24 dirujuk, 26 melanjutkan isoman, dan 1 meninggal, sedangkan sisanya sembuh.

Selanjutnya dr. Heri Sutanto, Sp.PD. selaku Kepala RSDL Ijen Boulevard, Malang menjelaskan sejarah perjalanan RSDL IB. Belajar dari RS Lapangan Indrapura, ia dan kawan-kawaan tim relawan memugar asrama kebidanan jadi rumah sakit. Sempat mendapatkan penolakan karena dekat dengan kawasan hunian, dibantu Camat, Polkesma, akhirnya masyarakat bisa menerima dengan legowo.

Awal pendirian melakukan rekruitmen dokter melalui IDI, Perawat melalui PPNI. Masa awal melatih nakes, tidak mudah karena penyakit baru.15 Desember 2020 dilakukan pembukaan oleh Gubernur Jatim. Dimulai dengan kapasitas 307 bed, lalu ditingkatkan jadi 320, serta saat omicron menjadi 340 bed dengan memanfaatkan 55 kamar, ruang makan, kelas, dan selasar menjadi bangsal. 340 bed memang tidak ideal, tapi masih nyaman. Selain kuratif, RSDL IB juga melakukan tindakan prefentif, nakes bantu sentra vaksin di Poskesma.

“Kami berusaha meningkatkan kapabilitas dari kuratif jadi prefentif. Di RSDL IB terjalin ikatan kekeluargaan, dengan berkegiatan bersama. Puasa, bagi takjil, dsb. Sempat terkendala air bersih, dapat diatasidengan inisiasi sumur bor. Petugasnyapun menggunakan APD saat bikin sumur. Dan dalam masa sulit, 30 pesen nakes terpapar. Kami juga memberikan layanan konsultasi kejiwaan karena 5-10 pasien mengalami perburukan salah satunya disebabakan karena stress,” papar dr. Heri.

Pamungkas, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD., KPTI., FINASIM, selaku Kepala RSDL Bangkalan / Rumah Isolasi OTG Pemprov Jatim sekalaigus selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Sakit menyampaikan pesan dan kesannya selama mengawaki RSDL Bangkalan dan juga sebelumnya selaku konsultan di RSL Indrapura.

“Kita mengawali dengan baik, maka mengakhirinya dengan baik pula. Penutupan RS Darurat lapangan ini tidak mengakhiri silaturrahmi kita, bahkan mungkin kita bisa dipertemukan Kembali mengingat dinamika penyakit yang ada dewasa ini. Terima kasih kepada semua pihak, isu kolaborasi, sinergi dan koordinasi menjadi penting dan utama. Kalau ndak ada, susah. Terima kasih forkompinda, serta kombinasi TNI-Polri-Sipil, kontribusinya luar biasa,” ucap dr. Erwin.

“Pada Relawan Non-medis, yang dipimpin Pak Jadid, luar biasa. Saat awal saya membayangkan ini seperti HIV/AIDS. Masalah medis dan masalah sosial. Kombinasi penangan medis-sosial menjadi isu terbaik. Dengan peran relawan pendamping penanganan medis dapat focus dan tidak terpontal-pontal, sementara hal non medis bisa tertangani dengan baik. Nutrisi juga berkonribusi dalam proses penyembuhan pasien. Disiplin, support jangan sampai pasien kekurangan nutrisi. Terima kasih pada semua yang terlibat di Rumah Sakit Daruat Lapangan, karena telah berkontribusi bagi masyarakat Jatim mengatasi Pandemi Covid-19,” lanjut dr. Erwin.

dr. Erwin menambahkan, saat ini sudah melandai. Prokes dan penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tetap menjadi isu utama.

“Bagaimana kalau covid-19 naik lagi. Kita akan mengoptimalkan isolasi mandiri. Telemedicine menjadi salah satu pilihan. Isoter yang disiapkan di masing-masing kota, seperti Kota Surabaya dengan lapangan tembaknya, menjadi alternatif pilihan. Isu efisiensi masih tetap. Teima kasih sudah learning by doing, semua belajar banyak. Semoga memberikan manfaat bagi kita, keluarga, dan masyarakat Jawa Timur,” pungkas Dr. Erwin.

Dr. dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An. KIC.KAP selaku Satgas covid-19 Jawa Timur yang juga Dirut RS Syaiful Anwar Malang juga mengapresiasi semua stakeholder penanganan covid-19.

“Terima kasih atas kebersamaan yang sudah dilakukan semua pihak. Forkompinda telah bekerja masimal dalam penanganan covid-19. Saya masih ingat saat awal Pandemi Covid-19. Saat kunjungan ke Arosbaya, Madura, masyarakat sembunyi semua. Ini menjadi tantangan. Juga saat penanganan kasus di Pondok Temboro, Magetan, yang penularannya diduga berasal dari Malaysia. Saat itu sampai melibatkan wakil Dubes Malaysia, dan bisa teratasi,” tutur dr. Kohar.

“Bagaimana kita berkoordinasi kita lakukan, sehingga ada solusi. Kalau ada lonjakan/peningkatan covid bagaimana? Saat RSDL Ijen Boulevard ditutup, omikron masuk, direaktivasi, langsung jalan. Jadi kalaupun naik (mudah-mudahan tidak terjadi), teman-teman siap digerakkan sewaktu-waktu. Dedikasi semua relawan tidak perlu diragukan. Tinggal BPBD menyiapkan saran dan prasearan serta tempatnya. Pengabdian di RSDL selama ini, mudah-mudahan menjadi amal baik kita semua dan menjadi catatan pahala yg menguatkan semangat kita untuk terus berbakti dan mengabdi,” sambung Dr. Kohar.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian SK Gubernur tentang penutupan RSDL yang diwakili oleh Kalaksa BPBD, diberikan kepada Kepala RSDL Ijen Boulevard Malang, Kepala RSDL Joglo Dungus Madiun dan Kepala RSDL Bangkalan serta Piagam Penghargaan kepada PT. Samator atas kontribusinya dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Jawa Timur. Juga diteruskan dengan penyampaian Piagam Penghargaan Gubernur Jawa Timur kepada seluruh relawan nakes, baik dokter, perawat, analis medis, apoteker, serta relawan non-nakes, baik relawan pendamping, admin, driver, CS, hingga security yang telah mengabdi selama RSDL beroperasi.

Radian Jadid, Ketua Relawan Pendamping PPKPC-RSDL Bangkalan didampingi As’ad Baidowi (relawan pendamping) menyatakan rasa terima kasih atas penghargaaan yang telah diberikan Gubernur Jatim. Ia mengatakan semua adalah buah dari sinergi dan kerja bersama seluruh pihak yang tiada lelah bahu membahu mengatasi Pandemi Covid-19.

Menurutnya, walaupun bukan menjadi tujuan, penghargaan ini menjadikan pelecut dan penguat serta motivasi bagi semua relawan yang dipimpinnya untuk terus mengabdikan diri dengan tulus ikhlas dalam tugas-tugas kemanusiaan berikutnya.

Jadid yang menerjunkan anggotanya sebagai relawan pendamping di RSL Indrapura selama 22 bulan dan RSDL Bangkalan selama 1 tahun masih terus melanjutkan misinya melalui Relawan Pendamping Kesehatan Masyarakat (RPKM). Cal Center relawan pendamping yang telah beredar luas di 088222303033 terus diaktifkan untuk bisa menjadi sarana komunikasi dan konsultasi ke relawan yang dipimpinnya.

“Penutupan RSDL serta selesainya tugas relawan pendamping di RSDL tersebut bukanlah akhir dari pengabdian. Kami akan terus bergerak melakukan edukasi, pemberdayaan dan kegiatan lainnya guna membantu meningkatkan peran serta dan pemahaman masyarakat dalam bidang kesehatan melalui RPKM serta tugas-tugas kemanusiaan di berbagai tempat dan aktifitas lainnya,” pungkas Jadid.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat

Oleh

Fakta News
Mulyanto Sesalkan Impor Migas dari Singapura Semakin Meningkat
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menyesalkan nilai impor Migas (Minyak dan Gas) nasional dari Singapura yang semakin hari bukan semakin berkurang, melainkan semakin meningkat. Menurutnya, hal ini merupakan kabar buruk bagi pengelolaan Migas nasional.

Hal tersebut diungkapkannya menyusul rencana Menteri ESDM yang akan menaikkan impor BBM menjadi sebesar 850 ribu barel per hari (bph), terutama dari Singapura. “Pemerintah jangan manut saja didikte oleh mafia migas. Harus ada upaya untuk melepas ketergantungan impor migas. Paling tidak impor migas ini harus terus-menerus dikurangi. Jangan sampai pemerintah tersandera oleh mafia impor migas,” ungkap Mulyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Untuk itu, lanjut Politisi dari Fraksi PKS ini, perlu adanya terobosan berarti terkait upaya pembangunan dan pengelolaan kilang minyak nasional di tanah air. Pasalnya, Sejak Orde Baru belum ada tambahan pembangunan kilang minyak baru, sementara rencana pembangunan Kilang Minyak Tuban, sampai hari ini tidak ada kemajuan yang berarti.

“Masa kita kalah dan tergantung pada Singapura, karena kita tidak punya fasilitas blending dan storage untuk mencampur BBM. Padahal sumber Migas kita tersedia cukup besar dibandingkan mereka,” tambahnya.

Mulyanto berharap Pemerintah mendatang perlu lebih serius menyelesaikan masalah ini. Hal itu jika memang ingin mengurangi defisit transaksi berjalan sektor migas serta melepas ketergantungan pada Singapura. Diketahui, Singapura dan Malaysia memiliki banyak fasilitas blending dan storage yang memungkinkan untuk mencampur berbagai kualitas BBM yang diproduksi dari berbagai kilang dunia, untuk menghasilkan BBM yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

“Karena kita tidak memiliki fasilitas ini maka kita terpaksa mengimpor BBM sesuai dengan spesifikasi kebutuhan kita dari negara jiran tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, produksi minyak nasional saat ini hanya mencapai sekitar 600 ribu barel per hari, sementara kebutuhan mencapai 840 ribu barel per hari. Kekurangan tersebut harus ditutupi melalui impor, dengan 240 ribu barel per hari berasal dari minyak mentah dan 600 ribu barel per hari dari BBM.

Baca Selengkapnya

BERITA

Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional

Oleh

Fakta News
Proyek BMTH di Pelabuhan Benoa Diharapkan Mampu Pulihkan Ekonomi Nasional
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024). Foto : DPR RI

Denpasar – Proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sedang dibangun di Pelabuhan Benoa, diharapkan mampu memulihkan ekonomi nasional, selain mempromosikan pariwisata Bali lebih luas lagi.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung saat memberi sambutan pembuka pada pertemuan Komisi VI dengan sejumlah direksi BUMN yang terlibat dalam pembangunan BMTH. Komisi VI berkepentingan mengetahui secara detail progres pembangunan proyek strategi nasional tersebut.

“Ini proyek strategis nasional  (PSN) yang diharapkan mampu  memulihkan ekonomi nasional melalui kebangkitan pariwisata Bali. Proyek BMTH diharapkan mampu membangkitkan kembali sektor pariwisata Bali pasca pandemi Covid 19,” katanya saat memimpin pertemuan dalam Kunjungan Kerja Reses Tim Komisi VI DPR RI di Denpasar, Bali, Senin (22/4/2024).

Dijelaskan Martin, PSN ini dikelola PT. Pelindo  III  yang merupakan mitra kerja Komisi VI DPR RI. Proyek ini membutuhkan dukungan berbagai pihak, seperti PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Pertamina Gas Negara, dan pihak terkait lainnya, agar bisa bekerja optimal dalam memulihkan ekonomi nasional. Pariwisata Bali yang sudah dikenal dunia juga kian meluas promosinya dengan eksistensi BMTH kelak.

Proyek ini, sambung Politisi Fraksi Partai Nasdem tersebut, memang harus dikelola secara terintegrasi. Namun, ia menilai, progres pembangunan BMTH ini cenderung lamban. Untuk itu, ia mengimbau semua BUMN yang terlibat agar solid berkolaborasi menyelesaikan proyek tersebut.

Baca Selengkapnya

BERITA

Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak

Oleh

Fakta News
Dyah Roro Ingatkan Konflik di Jazirah Arab Berimplikasi Kenaikan Harga Minyak
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti. Foto: DPR RI

Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mengungkapkan bahwa konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang signifikan, terutama dalam segi harga minyak mentah dunia (crude palm oil/CPO).

“Konflik antara Iran dan Israel dapat memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik. Terutama dalam segi harga minyak mentah dunia,” ujar Roro dalam siaran pers yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Meski, saat ini harga minyak mentah dunia masih terpantau cukup stabil, dan per tanggal 22 April 2024 pukul 16.00, harga untuk WTI Crude Oil berada pada kisaran 82,14 dolar AS per barel, dan untuk Brent berada pada kisaran 86,36 dolar AS per barel. Namun, konflik di jazirah arab itu berpotensi menimbulkan kenaikan harga minyak mentah dunia, yang bisa menembus 100 dolar AS per barel.

Terkait dengan dampak dari konflik geopolitik terhadap kondisi harga BBM di dalam negeri tersebut, Politisi dari Fraksi Partai Golkar menjelaskan bahwa dari pihak pemerintah, melalui Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto, telah menegaskan dan memastikan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik akibat konflik ini, paling tidak sampai bulan Juni 2024 ini.

“Untuk selanjutnya, Pemerintah masih perlu melihat dan mengobservasi lebih lanjut terlebih dahulu. Saya berharap agar dampak dari eskalasi konflik di Timur Tengah ini masih bisa ditahan dan diatasi oleh Pemerintah Indonesia, sehingga kenaikan BBM masih bisa dihindari,” pungkasnya.

Baca Selengkapnya